10 Tanda Kamu Telah Mengalami Penuaan Dini Tanpa Disadari

Seseorang dianggap mengalami penuaan dini ketika ia terlihat lebih tua dari umur sebenarnya. Faktor keturunan dan juga gaya hidup menjadi hal yang paling bertanggung jawab atas terjadinya penuaan dini pada seseorang. Jika saat ini kamu sedang bertanya-tanya di dalam hati, apakah saya termasuk orang yang mengalami penuaan dini atau tidak? Berikut adalah beberapa tanda untuk mengetahuinya.

Penuaan Dini

1. Leher Mengalami Keriput

Munculnya beberapa keriput yang terletak pada leher merupakan salah satu tanda penuaan dini yang paling mudah dikenali. Keriput tersebut muncul karena kulit sensitif yang terletak pada area leher mulai kehilangan kelenturan atau elastisitasnya. Keadaan akan menjadi semakin parah ketika kekuatan otot yang ada dibawahnya juga ikut mengendur.

2. Tampak Adanya Kerutan di Kening

Jika saat ini usia kamu masih berada di sekitar angka dua puluh atau tiga puluh tahunan namun telah menemukan adanya kerutan yang terdapat di seputar kening, maka waspadalah! Cermin tidak akan berbohong, hal itu merupakan pertanda adanya proses penuaan dini yang sedang berlangsung di beberapa bagian tubuh kamu. Rajin-rajinlah berolahraga serta ubah gaya hidup kamu yang buruk menjadi lebih baik.

3. Muncul Lipatan Pada Kulit Perut

Menjadi tua itu pasti, tetapi menjaga penampilan agar tetap menarik adalah pilihan. Saat kulit perut kamu mulai menunjukkan beberapa garis dan lipatan-lipatan yang sebelumnya tidak pernah ada, maka ini bukan berarti dapat menjadi alasan bahwa kamu harus merasa frustasi. Hal itu hanyalah tanda bahwa mulai saat ini dan seterusnya, kamu harus lebih giat menggerakkan tubuh dengan cara berolahraga.

4. Terdapat Kerutan Pada Ujung Mata

Masalah kulit berupa kerutan yang terletak pada ujung mata bisa menimpa siapapun dan pada usia berapa pun. Hal ini merupakan salah satu tanda awal bahwa seseorang tengah mengalami proses penuaan dini. Adanya kontak radikal bebas serta paparan sinar UV yang berlebih menjadi pemicu utama terjadinya kerutan di ujung mata tersebut.

5. Kulit Melunak Kehilangan Kekencangan

Arsip mengenai terjadinya penuaan dini dari waktu ke waktu selalu menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal ini terjadi karena tren mengkonsumsi makanan cepat saji terus berkembang luas di kalangan masyarakat, belum lagi kebiasaan tidak berolahraga dengan alasan kesibukan pekerjaan menjadi hal klasik yang tak terhindarkan lagi. Semakin lengkap ketika kebiasaan-kebiasaan diatas berhasil memicu seseorang menjadi stres, maka penuaan dini jelas menjadi sesuatu yang tidak akan dapat terelakkan. Kulit tubuh menjadi lembek kehilangan kekencangan di usia belia merupakan tanda penuaan dini dari hasil proses gaya hidup seperti ini.

6. Munculnya Beberapa Flek atau Noda Hitam

Kemunculan bercak hitam di beberapa bagian kulit tubuh akan mempengaruhi penampilan serta cenderung membuat seseorang kehilangan rasa kepercayaan dirinya. Noda gelap berbentuk flek-flek hitam ini umumnya muncul pertama kali di daerah wajah, dada, serta punggung kemudian akan terus menyebar ke seluruh bagian tubuh lainnya jika tidak ditangani secara tepat. Para ahli dermatologi menganggap bahwa flek tersebut biasanya muncul akibat dari efek sengatan sinar matahari, polusi udara, zat kimia pada kosmetik, gangguan hormon dan penggunaan obat-obatan tertentu.

7. Tangan Menjadi Kurus dan Pipi Berubah Tirus

Saat seseorang mengalami penuaan maka jaringan tubuh yang terdapat pada tangan dan juga pipi akan semakin berkurang. Hal ini disebabkan karena melambatnya proses regenerasi di dalam tubuh. Proses ini umumnya memerlukan waktu yang cukup lama sehingga sebagian besar orang tidak menyadari jika ternyata masa dari tubuhnya telah berkurang sedikit demi sedikit.

8. Kulit Wajah, Leher, Serta Dada Berbeda Warna

Perbedaan warna kulit yang terdapat pada dada, leher dan wajah disebabkan karena kulit di area tersebut rentan teriritasi. Hal itu dipicu oleh kulit yang tidak sehat sehingga sulit bagi kulit di bagian-bagian tersebut untuk menahan peradangan secara kronis. Alhasil, dalam jangka panjang kulit akan terlihat seolah seperti mengalami perubahan pigmen.

9. Kelembapan Kulit Berkurang

Saat kulit tidak terhidrasi dengan baik dalam waktu yang relatif lama, maka hal itu dapat mengakibatkan kerusakan pada sel-sel kulit tersebut. Hal pertama yang akan ditampakkan adalah wujud kulit yang berkerut, bersisik dan tampilan estetika seperti sebuah kulit jeruk. Itulah mengapa semua ahli dermatologi sangat menyarankan agar orang-orang mengkonsumsi air putih yang banyak jika ingin memiliki kulit cantik yang lembut dan kenyal karena saat tubuh kekurangan cairan maka kulit pun akan menampakkan keterlihatan seolah terjadi penuaan dini.

10. Munculnya Gejala Mata Panda dan Mata Berkantung

Warna kulit kehitaman yang melingkari bola mata merupakan sinyal bahwa tubuh kamu kurang istirahat. Jika dibiarkan terus-menerus maka akan berlanjut menjadi munculnya kantung mata dan akhirnya akan membuat penampilan kamu terlihat kurang menarik, terkesan lebih tua, serta tampak seperti orang yang tidak sehat. Untuk menangani persoalan tersebut, kamu harus menambahkan waktu tidur setidaknya 1-2 jam per hari.

Itulah beberapa tanda jika seseorang tanpa disadari telah mengalami penuaan dini. Kulit memiliki berbagai macam fungsi yang sangat penting, diantaranya adalah sebagai garda terdepan dalam melindungi tubuh dari berbagai ganggguan luar. Kulit yang sehat memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menjalankan tugas tersebut. Disisi lain, kulit sehat juga akan memancarkan pesona aura menarik untuk dipandang mata.