12 Cara Bersikap Dewasa

Cara Bersikap Dewasa, Sifat ialah bagian dari jati diri seseorang yang telah terbentuk semenjak dia masih kecil. Terkadang, terdapat kalanya kita hendak merubah di antara sifat anda yang dirasa tidak cukup baik atau tidak cukup sesuai dengan kemauan kita. Pasti terdapat sedikit bayang-bayang dalam diri anda untuk memiliki sifat laksana seseorang yang anda kagumi, dan urusan tersebut akan memberi kita semangat untuk mengolah sifat anda menjadi laksana dirinya.

Mengubah sifat anda tidaklah hal yang gampang untuk dilakukan, karena seringkali hal tersebut sudah terbentuk dan menjadi unsur dari diri anda sehari – hari. Bila kita mengejar orang guna dijadikan panutan dan hendak meneladani di antara atau sejumlah sifat baiknya, usahakan anda perjelas dulu apa sifat yang hendak kita ikuti dan kagumi. Apakah kedewasaan , kematangan berpikir, metodenya bersikap, metodenya bergaul atau berbicara, dan beda – lainnya. Setelah memahami dengan jelas apa inti dari sifat yang mau anda ubah, barulah kita dapat melakukan tahapan – tahapan yang diperlukan.

Bersikap Dewasa

Kebanyakan orang ingin dapat mempunyai sifat yang dikagumi orang beda dan menonjolkan kualitas dirinya. sifat yang biasa dikagumi orang lain ialah orang yang dapat bersikap dewasa dalam segala hal, sebab sifat kedewasaan dapat membawa anda mengatasi sekian banyak hal dengan baik. Berikut ialah cara merubah sifat menjadi dewasa :

  1. Bedakan urusan yang baik dan buruk

Menjadi dewasa berarti dapat membedakan urusan yang baik dan buruk dengan benar, dan tidak mencampurbaurkan antara keduanya. Kita mesti belajar untuk memahami mana urusan yang benar dan salah, dengan begitu anda akan mengetahui teknik membuat keputusan yang tepat untuk sekian banyak hal.

2. Menentukan prioritas

Bisa menilai prioritas dengan kata lain bisa mendahulukan urusan yang urgen dalam hidup kita. Saat terdapat masalah andai kita dapat mengembangkan kelaziman untuk mendahulukan masalah yang urgen atau mendesak untuk ditanggulangi daripada masalah yang tidak cukup penting. Misalnya, teknik menjadi lebih dewasa dalam berpacaran ialah saling memahami hal apa yang mesti didahulukan sebelum pacaran.

3. Usahakan menuntaskan masalah sendiri

Cara supaya percaya diri ialah dengan berjuang menyelesaikan masalah dengan keterampilan sendiri. Bila anda sedang merasakan suatu masalah sebaiknya untuk menggali dulu solusinya dengan baik, tanpa melibatkan orang beda atau menyebarkan masalah anda kemana – mana. Kita dapat meningkatkan rasa percaya diri andai mampu menuntaskan masalah dengan tangan anda sendiri, dan tidak boleh sampai anda menghindari masalah dengan tidak menyelesaikannya atau lari dari masalah, karena tersebut akan membuat masalah yang baru lagi.

4. Membantu masalah orang lain

Dengan kemampuan beranggapan dewasa, kita dapat ikut pula menolong menyelesaikan masalah orang lain. Terutama, menolong orang terdekat mencari teknik mengatasi masalah yang berat. Kita juga dapat membantu menghindari orang lain guna dirugikan dengan mengerjakan pertimbangan yang baik dalam menanggulangi suatu masalah.

5. Berlaku adil untuk orang lain

Cara mengawal perasaan orang lain ialah dengan berjuang berlaku adil terhadap mereka. Apabila kita dapat menjadi orang yang bersikap adil untuk orang beda maka kita pun akan dapat menuju kedewasaan dengan teknik ini, sebab bersikap adil membutuhkan pemikiran yang matang.

6. Peduli terhadap orang beda dan diri sendiri

Kedewasaan berarti dapat menekan kemauan untuk bersikap egois, dan tersebut berarti mendahulukan kepentingan orang beda daripada diri sendiri atau kepentingan manapun yang lebih patut guna didahulukan. Kita pun harus mengembangkan perasaan peduli untuk diri sendiri sebagai unsur dari teknik mengganti sifat menjadi lebih dewasa. Ciri – ciri rekan yang baik dan tulus ialah punya rasa peduli terhadap orang beda yang menjadi temannya.

7. Giat dan taat beribadah

Salah satu format kedewasaan ialah ketaatan guna menjalankan ibadah pada agama yang anda anut. Jadi, andai kita hendak menjadi orang yang lebih dewasa, anda harus dapat mulai giat menjalankan ibadah agama dengan benar. Beribadah dengan taat bakal menjadi teknik menenangkan hati dan pikiran andai kita sedang tertimpa masalah.

8. Siap menerima evolusi apapun

Dalam hidup, saya dan anda selalu akan mengalami sekian banyak macam perubahan. Jika kita hendak mengganti sifat menjadi lebih dewasa, maka kita pun harus siap guna menerima sekian banyak perubahan tersebut. Cara menjadi individu yang baik dan dewasa ialah bersikap tenang dalam mengatasi sekian banyak hal yang barangkali timbul sesudah kita merasakan suatu evolusi dalam hidup.

9. Berani menerima kritik

Cara bersikap tenang dan dewasa ialah dengan berani menerima kritik yang ditujukan untuk kita. Kritik yang diserahkan kepada saya dan anda bisa menjadi teknik untuk menjadi bahan introspeksi diri kita, supaya bisa memahami sifat apakah dalam diri anda yang memerlukan perubahan. Hal ini sekaligus bisa menjadi teknik menghargai orang beda yang sudah menyerahkan saran, nasihat dan kritik tentang diri kita.

10. Tentukan batas waktu

Jika kita hendak benar – benar mengolah sifat menjadi lebih dewasa, saya dan anda butuh menetapkan batas masa-masa untuk menolong keberhasilan destinasi kita. Tentukanlah batas masa-masa yang akan anda pakai, contohnya saat anda berulang tahun, atau ketika dimulainya tahun yang baru, maka anda akan mulai bersikap lebih dewasa daripada sebelumnya. Misal, bila hendak merubah sifat yang penakut. Maka saya dan anda butuh tentukan batas waktu guna mencari teknik menghilangkan rasa fobia kita. Jika anda mempunyai tujuan, urusan tersebut akan turut merangsang semangat guna mulai mengerjakan perubahan pada sifat kita.

11. Lakukanlah masing-masing hari

Mengubah sifat kita dapat dimulai dari urusan – urusan kecil yang saya dan anda lakukan setiap hari. Jadikan evolusi baik anda sebagai suatu kelaziman sehari – hari, jadi kita telah terbiasa melakukannya. Lama kelamaan pasti perilaku anda yang baru ini bakal menjadi kelaziman baru anda menggantikan kelaziman lama, dan bakal menjadi cara supaya disukai tidak sedikit orang untuk diri kita.

12. Introspeksi

Seringlah mengerjakan perenungan dan mendalami ke dalam diri kita mengenai apa saja yang telah kita lakukan, seta peradaban apa dalam evolusi sifat ini yang telah kita capai. Jangan lupa pun perhatikan bila masih ada kelemahan dalam usaha kita. Ciri – ciri orang baik hati ialah orang yang dapat dengan adil menilai dirinya sendiri dan mengerjakan perbaikan terhadap kekeliruan yang dia lakukan.

Tinggalkan Balasan