5 Cara Menghitamkan Velg Motor Yang Sudah Usang

Cara menghitamkan velg motor sebenarnya tidak terlalu sulit, ban dan velg yang merupakan salah satu parts utama pada motor tentunya harus sangat diperhatikan kondisinya. Terlebih, Memiliki motor yang cantik dan bersih tentunya adalah impian semua orang, terutama anda para bikers. Tapi sayangnya musim dan kondisi jalan tidak bisa berkompromi dengan keinginan anda ini. Seringkali anda terpaksa harus melewati jalan kotor berlubang yang pasti membuat motor anda menjadi kotor, terutama pada bagian ban dan velg. Perlu anda tahu, jika velg motor anda mengalami kondisi seperti ini dan dibiarkan dalam waktu yang lama, akan terjadi karat pada velg dan pastinya mengurangi penampilan motor anda. Tapi sebenarnya ada cara paling mudah untuk membuat velg motor yang sudah usang menjadi hitam lagi. Cek daftar di bawah ini.

Cuci velg motor anda hingga bersih dengan menggunakan sabun motor

Cara menghitamkan velg motor yang pertama, pastikan anda mencucinya hingga bersih terlebih dahulu. Dengan mencucinya hingga bersih kotoran kotoran yang menempel pada bagian velg akan lepas dan warna orisinil hitam dari velg anda jadi munculkembali. Tentunya hal ini akan membuat penampilan motor anda kembali kinclong dan enak untuk dibawa mejeng. Gunakanlah sabun motor yang kompatibel dengan velg yang anda miliki. Jangan gunakan detergen untuk membersihkan velg yang berwana hitam karena akan membuat warna hitam itu sendiri menjadi pudar. Gunakan juga sikat yang lembut agar tidak merusak tekstur permukaan dari velg yang anda miliki.

Lap velg dengan kain hingga velg kering

cara menghitamkan velg motor yang kedua adalah, setelah anda mencuci velg motor anda hingga bersih, langkah selanjutnya yang anda harus lakukan adalah memastikan kalau velg tersebut menjadi kering. Anda bisa melapnya dengan lap yang bertekstur lembut serta tidak terlalu kasar agar lapisan cat permukaan di velg anda tidak rusak.Pastikan velg motor anda tidak terlalu lama basah agar tidak terjadi karat. Terutama jika basah ini disebabkan oleh air hujan dan air genangan yang memiliki kadar Ph lebih tinggi dibanding air biasa. Selain menjadi karat, air hujan dan air rendaman ini juga bisa membuat warna di velg lebih mudah kusam jika dibiarkan dalam waktu lama.

Lapisi dengan poolish velg

Cara menghitamkan velg motor selanjutnya, Setelah anda memastikan kalau velg motor anda sudah kering, selanjutnya ada bisa menyemirnya dengan poolish motor yang bisa anda temukan dengan mudah di toko toko terdekat di rumah anda. Jangan gunakan poolish saat kondisi velg masih sedikit basah karena malah akan membuat velg terlihat lebih kusam. Jika anda melakukannya dengan benar, poolish seperti ini akan melidungi warna dari velg anda dan memastikan kalau velg anda terlihat sangat kinclong saat terkena paparan sinar matahari.

Cat ulang / Air Brush

Langkah mudah selanjutnya anda bisa melakukan cara menghitamkan velg motor yang keempat yakni pengecatan ulang. Pengecatan ulang terhadap velg motor anda adalah solusi terbaik untuk membuat velg anda terlihat hitam dan bahkan seperti baru. Proses pengecatan ulang seperti ini juga tidak terlalu sulit. Anda bisa melakuannya dengan tangan anda sendiri. Belilah beberapa kaleng cat semprot di begkel motor terdekat dan ampelasnya. Ampelas velg anda hingga lapisan cat permukaannya hilang, kemudian lakukan pengecatan dengan cat semprot yang sudah anda beli. Ada bisa juga menggunakan jasa pengecatan atau air brus jika ingin hasil yang lebih maksimal. Tapi biasanya jasa pengecatan atau air brush ini memiliki harga yang cukup mahal.

Wrapping

cara menghitamkan velg motor yang terakhir, anda bisa juga menggunakan metode wrapping atau menutupi permukaan velg anda dengan menggunakan stiker khusus berwarna hitam atau menggunakan secholite. Tapi pastinya daya tahan metode wrapping ini tidak sebagus repain atau air brush.