Inilah 5 Hal Yang Membuat Usaha Anda Harus Go Online

Saat ini, antara dunia maya dengan dunia nyata nyaris sudah tidak lagi memiliki jarak. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya karena warga negara Indonesia kini sudah mulai melek internet. Volume penduduk bangsa ini setiap tahun juga bertambah, hal ini berbanding lurus dengan bertambah besarnya pengguna internet di Indonesia.

Usaha Online

Perlu anda ketahui, pertumbuhan pengguna internet tersebut akan selalu meningkat dan terus meningkat setiap waktu. Tahukah anda, dalam fenomena tersebut ada peluang bisnis terpendam yang sangat besar. Sebagai pelaku usaha, anda tentunya tidak akan kesulitan untuk menemukan peluang apa yang ada dibalik pertumbuhan pengguna internet yang semakin tidak terkendali itu bukan?

Benar sekali, anda dapat menggunakan fenomena ini sebagai sarana untuk melakukan perluasan jangkauan pangsa pasar bagi usaha anda. Apa yang harus dilakukan sangatlah mudah, yaitu cukup dengan mengonlinekan usaha yang telah dimiliki saat ini. Mengapa sebaiknya kita secepat mungkin membuat usaha offline kita merambah ke dunia online? Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda ketahui mulai dari hari ini:

1. Sebagai Media Periklanan

Seperti kita ketahui bersama bahwa melalui internet kita dapat terhubung bersama orang lain dengan cara yang begitu mudah, kita juga dapat menemukan beberapa produk tertentu yang kita inginkan dengan cara yang sangat cepat. Kebiasaan pengguna internet di Indonesia, sebelum mereka membeli sesuatu di dunia nyata, maka mereka akan mencari informasi tentang produk yang dicarinya melalui internet terlebih dahulu.

Hal inilah yang kemudian menjadi penting bagi pengusaha offline untuk segera mengonlinekan usaha mereka, tujuannya adalah agar pelanggan dapat menemukan produk anda di internet sebelum akhirnya mereka benar-benar akan mendatangi toko anda secara langsung. Semua ini menunjukkan bahwa dengan internet, kita dapat mengiklankan produk-produk yang kita miliki.

2. Meningkatkan Brand Usaha

Mengapa kita harus memiliki brand yang baik pada bisnis atau usaha kita? Jawabannya adalah untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan kita terutama mereka yang masih baru. Sebagai contoh, ada dua pilihan barang yang harganya sama, sementara yang satu adalah produk branded dan yang lainnya lagi kita bahkan tidak mengenal barang tersebut dengan baik, sudah jelas bukan kita pasti akan memilih mengambil produk yang telah memiliki branded itu.

Disinilah kita mendapatkan keuntungan dengan mengonlinekan usaha, yaitu mendapatkan nilai branded yang lebih tinggi ketimbang hanya bermain di kancah offline saja. Jangan anggap remeh, mereka yang memiliki produk-produk ternama bahkan rela melakukan iklan secara besar-besaran dengan biaya yang tidak masuk akal luar biasa mahalnya semua itu mereka lakukan hanya sekedar demi mendapatkan branded.

3. Menjaring Pelanggan Baru

Mungkin saat ini anda telah memiliki banyak pelanggan yang loyal terhadap produk anda, itu sangat bagus, akan tetapi lebih bagus lagi jika anda tidaklah cukup merasa puas dengan pencapaian yang ada sekarang sehingga ada keinginan untuk mencapai tingkat sukses yang lebih tinggi. Jika bisa mendapatkan lebih mengapa tidak?

Usahakan untuk selalu menjaring pelanggan baru secara berkesinambungan. Hal ini mungkin sedikit sulit dilakukan secara offline, namun dengan cara online maka hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah. Tawarkan produk-produk unggulan anda melalui media sosial atau website dan jangan lupa untuk selalu menambah jaringan pertemanan anda di sosial media atau mengupload katalog produk anda di website agar bisa ditemukan oleh orang lain melalui mesin pencari Google serta yang lainnya.

4. Memperluas Market Share

Hal yang sangat merugikan tentunya bagi pelaku usaha jika tidak memanfaatkan jaringan internet sebaik mungkin karena melalui internet kita dapat memperluas market share terhadap hampir semua jenis produk dalam bisnis. Pertanyaan sederhana untuk anda, seberapa besarkah lingkup jangkauan penjualan produk anda saat ini? Tidakkah anda berpikir jika produk yang anda jual saat ini dapat dipasarkan lebih luas lagi?

Tidak hanya dalam kapasitas lokal, tetapi juga nasional, bila perlu go global. Tak perlu berpikir rumit, saat ini telah banyak jasa pengiriman barang yang siap mengantar produk anda ke pelanggan dengan waktu yang relatif cepat ke seluruh penjuru tanah air. Bukankah hal yang sangat membanggakan jika kita dapat menjual berbagai produk ke saudara-saudara kita dari Sabang sampai Merauke.

5. Mendapat Kesan Profesional

Nilai tambah yang tidak kalah penting dalam memberikan agenda positif pada produk atau jasa yang anda tawarkan adalah sebuah kesan profesionalitas. Kesan ini bisa didapat dengan cara membuat official website khusus untuk usaha anda. Orang akan memandang bahwa bisnis yang anda miliki tidak setengah-setengah dan dikerjakan dengan penuh totalitas offline dan online.

Beberapa kendala yang mungkin umum terjadi pada kalangan pebisnis offline adalah mereka kurang memiliki pengetahuan untuk menciptakan official website yang terkadang memerlukan sedikit pengetahuan IT. Jangan khawatir, saat ini banyak sekali jasa pembuatan website yang siap membantu anda dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Itulah tadi beberapa hal yang membuat anda sebagai pelaku usaha sebaiknya segera melakukan go online terhadap segala bentuk bisnis yang saat ini anda tekuni. Mau tidak mau hal itu lambat laun harus anda lakukan jika tidak ingin menjadi pebisnis yang selalu tertinggal satu langkah dari rival-rivalnya.