7 Jenis Barang Antik dan Harga-nya yang Bikin Melongo

Barang antik menjadi salah satu barang incaran beberapa orang. bahkan beberapa kolektor Barang-barang tersebut rela membayar dengan uang yang tidak sedikit demi mendapat produk incarannya. Umumnya, barang antik memang akan mempunyai nilai jual yang tinggi jika usianya semakin lama. Mengapa demikian? Sebab untuk mendapatkannya di pasaran sudah sangat sulit. Namun, tidak semua jenis barang dengan usia yang sudah tua bisa dijual dengan harga tinggi. Hanya beberapa koleksi saja yang masuk sebagai barang koleksi dengan harga jual selangit. Berikut 7 jenis barang antik dan harga bendanya yang bikin Anda melongo.

 

Uang lama

Indonesia termasuk negara yang cukup sering bergonti-ganti mata uang. Setidaknya dari pertama kali muncul hingga saat ini telah ada puluhan mata uang, baik dalam bentuk koin maupun kertas. Khusus bagi Anda yang memang mempunyai koleksi uang lama yang tak muncul lagi di pasaran, maka jangan asal buang. Sebab, nilai julanya bisa sangat tinggi. Kolektor barang antik pun juga banyak yang mencarinya. Contohnya seperti uang lama Rp 1000 bergambar kelapa sawit yang dibanderol dengan harga jutaan rupiah.

Perangko

Zaman dahulu, perangko bertebaran bebas dipakai saat akan mengirimkan sebuah surat dengan gambar yang bermacam-macam. namun sejalan dengan perkembangan teknologi belakangan surat ini sudah sangat jarang diandalkan untuk komunikasi jarak jauh. Sehingga keberadaan perangko punperlahan mulai menghilang. Meskipun begitu, banyak kolektor yang mencari dan berani membandrolnya dengan harga tinggi. Perangko kuno ini dibanderol dengan harga mencapai Rp 32 jutaan contohnya seperti perangko California.

 

Kepingan piringan hitam

Kepingan piring hitam juga termasuk dalam Barang antik lainnya yang bisa dijual dengan harga selangit. sejalan dengan banyaknya alat musik modern dan berbasis digital, sarana yang dulu difungsikan untuk mendengarkan musik menggunakan cara klasik ini sudah tak lagi diproduksi. Tak heran jika para kolektor mencarinya dan jenis ini juga termasuk dalam daftar barang antik termahal. Harga yang dibanderol pun mencapai jutaan.

 

Koleksi buku-buku langka

Buku merupakan produk yang mempunyaia nilai tinggi bagi beberapa orang penggemar literasi.Tak jarang diantara beberapa jenis buku produksi lama menjadi langka karena tak diproduksi lagi di pasaran. Hal ini membuat banyak kolektor memburunya. Bahkan harga yang ditawarkan untuk satu buku saja bisa sangat tinggi mencapai jutaan rupiah seperti buku Sedjarah Ekonomis Sosiologis Indonesia.

 

Kamera

Kemera yang dimaksud tentunya bukan jenis digital, melainkan kamera analog. Zaman dahulu, dalam pengambilan gambar digunakan kamera jenis analog yang kini sudah tak muncul lagi dipasaran. Mengingat bermunculan produk kamera canggih yang ditawarkan produsen teknologi. Namun, beberapa kolektor dengan hobby fotografi pasti masih memburu kamera jadul tersebut dan tentunya jenis barang antik dan harga yang ditawarkan akan sebanding. Kamera jadul ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 4,8 jutaan.

 

Action figure

jangan salah, action figur tidak hanya gemar dikoleksi oleh anak-anak saja. Faktanya orang dewasa yang memang menyukai tokoh-tokoh superhero justru lebih bersemangat mengoleksinya. Harga yang dibanderol kian mahal jika koleksi yang Anda miliki Kian lengkap pula. Contohnya action figure hashirama senju dibanderol dengan harga Rp 20-an juta.

 

Mobil

Sejak zaman dahulu Manusia telah memanfaatkan mobil sebagai alat transportasi roda empat untuk berpergian. Seiring berkembangnya zaman, bentuk dan kemampuan mobil pun juga menyesuaikan masanya. Umumnya, Kendaraan roda empat atau mobil lama mempunyai bentukyang antik dan unik. Sehingga menarik minat Banyak orang untuk memiliki mobil kuno entah digunakan kembali maupun sebagai koleksi. Harga mobil ini mencapai puluhan juta seperti mobil VW Combi 1980.

 

Dari segi mesin, Mobil kuno memang tidak efektif dibandingkan dengan teknologi mobil modern saat ini. Namun, para kolektor memburu jenis barang antik satu ini berdasarkan bentuknya yang unik dan langka. Mengingat barang antik ini tidak selalu tersedia di toko yang umum menjual barang antik antaran ukuran dan bobotnya, harga yang dibanderol tentu akan mahal.

 

Jadi jenis barang antik dan harga memang selalu sebanding dengan tingkat usia, model, sejarah dibaliknya dan keunikannya. Bagaimana? Anda  tertarik untuk mengoleksi salah satu diantaranya?

 

Tinggalkan Balasan