7 Penyebab Utama Jerawat Sering Muncul di Punggung

Tempat primadona bagi jerawat untuk tumbuh dan berkembang biak tidak hanya terletak pada wajah saja. Dada, punggung dan lengan bagian atas juga merupakan salah satu tempat paling strategis bagi jerawat untuk memperbanyak diri. Jerawat dimanapun dirinya tumbuh selalu memiliki karakter yang sama yaitu bintik kecil yang menimbulkan rasa sakit dan perih, terlebih jika jerawat tersebut telah berkembang biak sesuka hati di punggung kita. Hal ini benar-benar akan mengganggu rasa nyaman pada saat kita melakukan berbagai aktivitas.

Jerawat Punggung

Sebenarnya, hal apa sajakah yang membuat jerawat kerap hilang dan muncul tak ada habisnya di punggung kita? Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Bakteri p. acnes yang terjebak di punggung

Sebagian besar jerawat di wajah disebabkan oleh bakteri p. acnes. Namun hal itu bukan berarti bakteri p. acnes tidak bisa menginfeksi tempat lainnya. Punggung merupakan tempat yang juga tidak akan luput dari serangan bakteri ini apabila anda hanya berniat setengah-setengah saja ketika membersihkan bagian tubuh tersebut. Jadi, jagalah kebersihan seluruh bagian tubuh anda tanpa terkecuali jika ingin terhindar dari koloni p. acnes yang menginvasi seluruh punggung anda tanpa ampun.

2. Kebiasaan terlalu lama tidak mengganti baju

Jarang mengganti baju akan membuat kuman terakumulasi dan menumpuk bertambah banyak di pakaian yang anda kenakan. Bahkan kebiasaan ini tidak hanya akan menimbulkan tumbuhnya jerawat di punggung, melainkan juga dapat memicu berbagai persoalan lainnya, misalnya munculnya masalah kulit seperti kurap, panu dan kadas. Terlalu lama tidak mengganti baju merupakan kebiasaan buruk yang harus segera diubah jika anda tidak ingin punggung anda menjadi tempat bersarangnya para kuman dan bakteri penyebab jerawat.

3. Punggung tidak dibersihkan secara maksimal ketika mandi

Punggung bagian belakang merupakan salah satu bagian tubuh yang cukup sulit dijangkau dengan sempurna menggunakan sabun pada saat kita mandi. Namun hal ini bukan berarti tempat tersebut boleh kita lewati begitu saja tanpa dibersihkan. Jika anda tetap berniat demikian, maka jangan salahkan siapapun ketika beberapa hari ke depan punggung anda dipenuhi oleh jerawat yang tidak pernah anda duga kedatangannya sebelumnya.

4. Tidak mencuci pakaian dengan bersih sempurna

Mencuci yang benar tidak sekedar hanya bertujuan ingin membersihkan noda-noda yang terdapat pada pakaian melainkan juga membersihkan pakaian itu dari mikroorganisme yang bersembunyi dan berkembang biak di serat kain. Mencuci yang baik adalah dengan cara merendam kemudian membilasnya dengan air yang mengalir hingga bersih dan tidak ada lagi sisa detergen yang tertinggal.

5. Alas tidur jarang dijemur dan dibersihkan

Banyak orang tidak menyadari bahwa alas tempat tidur bahkan bisa lebih kotor daripada lantai kamar tidur. Jika anda tidak percaya, maka pertanyaan berikut ini mungkin akan merubah persepsi anda. Kapan terakhir kali anda membersihkan alas tempat tidur? Kami yakin jawabannya adalah saya lupa atau tidak ingat, hal ini paling sering terjadi pada kaum pria. Hati-hati, alas tidur yang kotor bisa menjadi tempat yang nyaman bagi kuman, jamur, bakteri, serta berbagai organisme kecil lainnya untuk bersarang dan berkembang biak.

6. Sering bertukar pakaian dengan penderita jerawat punggung lainnya

Tidak berbeda jauh dengan karakter bakteri pada umumnya, bakteri p. acnes juga dapat menular dari satu orang ke orang lainnya melalui sentuhan benda-benda yang telah terkontaminasi oleh penderita bakteri ini. Untuk itu, hindari tukar-menukar pakaian dengan orang lain yang memiliki jerawat punggung agar anda tidak tertular penyakit serupa. Jika anda sudah menderita jerawat ini, maka jangan meminjamkan pakaian anda kepada orang lain agar tidak ada orang yang tertular oleh anda.

7. Mengenakan pakaian berbahan sintesis

Kain yang terbuat dari bahan sintesis umumnya tidak dapat atau setidaknya sulit menyerap keringat. Hal ini akhirnya mengakibatkan kulit pada bagian punggung menjadi lembab. Kulit yang lembab akan menjadi tempat nyaman bagi kuman dan bakteri penyebab jerawat berkembang biak membuat koloni jerawat sehingga dalam waktu singkat punggung anda akan penuh dengan jerawat.

Itulah beberapa penyebab utama jerawat muncul pada punggung kita. Untuk menghindari anda terserang jerawat ini maka kunci utama yang harus anda pegang adalah selalu menjaga kebersihan diri serta kehigienisan pakaian dan tempat tidur.