Agar Hubungan Awet, Hindari Hal Berikut Ini

Apakah anda kerap mengalami putus cinta? ‘Sering putus’ bisa menjadi suatu pertanda bahwa tanpa disadari ternyata diri anda memiliki kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat memicu kejadian tersebut terus berlangsung. Berusaha menjauhi hal-hal buruk merupakan kunci utama agar anda dapat terhindar dari peristiwa ‘sering putus’.

Cemburu

Lalu, apa sajakah hal-hal yang perlu kita hindari agar hubungan bersama pasangan dapat berjalan dengan langgeng? Berikut ulasan lengkapnya:

1. Perasaan Cemburu Berlebihan

Ungkapan klasik yang mengatakan jika cemburu tandanya sayang adalah hal yang benar. Akan tetapi, perasaan cemburu buta yang berlebihan justru akan membuat hubungan semakin tidak nyaman, baik untuk diri anda sendiri maupun juga bagi si dia. Pada kondisi tertentu, bukan tidak mungkin cemburu yang tidak beralasan ini dapat memicu pertengkaran hebat dan akhirnya mengakibatkan hubungan anda kandas di tengah jalan. Poin penting untuk anda, pastikan perasaan cemburu yang anda alami harus memiliki alasan dan bukti yang nyata.

2. Terlalu Merasa Cemas

Perasaan takut kehilangan atau diselingkuhi oleh kekasih terkadang justru dapat membuat anda menjadi resah dan cemas saat jauh dengannya. Anehnya, perasaan cemas yang ada biasanya berasal dari sesuatu yang masih abu-abu atau tidak jelas di dalam pikiran anda sendiri. Memang, perasaan resah bisa menjadi sebuah insting adanya sesuatu yang terjadi terhadap kekasih anda, namun tak jarang pula hal itu hanyalah perasaan khawatir biasa yang tak ada artinya.

3. Kehilangan Rasa Percaya

Kepercayaan adalah pilar dari sebuah hubungan. Tanpa adanya rasa saling percaya, maka dapat dipastikan jika hubungan itu tidak akan berlangsung lama. Selalu merasa curiga merupakan tanda dari hilangnya kepercayaan terhadap pasangan. Jika hal ini dibiarkan secara terus-menerus maka akan mengakibatkan hubungan sulit untuk dipertahankan. Mulailah untuk belajar mempercayai pasangan anda. Curiga sah-sah saja, asalkan memiliki alasan yang tepat.

4. Kurang Melakukan Komunikasi

Jangan pernah meremehkan arti pentingnya menjalin komunikasi terhadap pasangan karena penyebab utama terjadinya perselingkuhan diawali dari kurangnya komunikasi yang intens. Saat komunikasi tak terjaga dan hubungan menjadi renggang, maka peluang bagi orang lain untuk mempengaruhi dan mengambil hati pasangan kita menjadi lebih besar. Tentunya kita tidak ingin hal ini terjadi bukan? Sebisa mungkin untuk selalu menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan dimanapun anda berada.

5. Selalu Menyalahkan Pasangan

Kerap menyalahkan pasangan adalah tanda bahwa anda merupakan orang yang egois karena selalu berpikir dari sudut pandang diri anda sendiri. Penting bagi anda untuk menghargai pasangan agar ia merasa nyaman ketika bersama anda. Saat pasangan telah kehilangan perasaan nyaman yang dibutuhkannya, maka bukan tidak mungkin apabila ia akhirnya akan lebih memilih untuk pergi dari anda.

Itulah uraian mengenai hal-hal yang harus kita hindari supaya hubungan dapat bertahan lama. Kunci utama agar hubungan tetap langgeng adalah mampu menerima kekurangan masing-masing dan dapat menyatukan berbagai perbedaan dengan baik. Jangan menuntut kesempurnaan dari pasangan karena kita sendiri bukanlah orang yang sempurna.