Apa Itu Backlink, Manfaat Backlink & Cara Mendapatkannya

Backlink adalah suatu teks atau gambar yang berada pada situs lain dan mengandung link url aktif yang menuju ke situs kita. Sampai saat ini backlink diyakini masih memiliki peran penting yang harus dimiliki oleh suatu website, karena menurut pendapat para ahli SEO, ukuran kualitas maupun jumlah backlink akan mempengaruhi popularitas sebuah situs di internet.

Backlink

Sejak awal dibuat, jumlah backlink memang digunakan oleh mesin pencari besar seperti google guna mempertimbangkan seberapa layak suatu situs untuk tampil pada halaman depan temuan hasil pencarian pengguna. Apa hubungan backlink dengan pagerank? Untuk menentukan pagerank situs web diperlukan suatu alogaritma yang akan menghitung seberapa banyak backlink yang ada ditambah dengan usia website semenjak pertama dibuat.

Pagerank sendiri merupakan suatu tolak ukur untuk menentukan situs mana yang lebih diutamakan untuk tampil pada halaman terdepan di mesin pencari. Mesin pencari terutama google, selalu mengupdate alogaritma cara ia menentukan situs mana yang harus muncul di halaman depan tadi. Peran backlink masih akan terus dibutuhkan, namun tak seluas dahulu.

Kini, google lebih mengutamakan situs yang kaya akan konten berkualitas. Berkualitas tidak selalu panjang lebar, namun memberi informasi menyeluruh tentang apa yang dibutuhkan oleh pengguna yang datang melalui google.

Manfaat Backlink

Backlink merupakan aspek yang cukup dipertimbangkan dalam setiap perubahan alogaritma disaat google mengupdate kemampuan mesin telusurnya. Jadi, sampai kapan pun juga, backlink akan selalu penting bagi search engine. Sebuah situs diibaratkan seperti pohon, ia berasal dari tanaman kecil yang lama-kelamaan tumbuh menjadi besar karena ditopang oleh akar yang kuat.

Akar bagi pohon akan sama pentingnya seperti backlink untuk sebuah website. Semakin kokoh akar-akar yang dimiliki oleh sebuah pohon maka akan semakin kuat pula pohon tersebut berdiri menjulang ke langit. Meski angin, hujan dan badai menerpa, ia tak akan sanggup menumbangkan pohon besar yang kuat tadi.

Sama seperti halnya sebuah situs web yang memiliki backlink kuat. Gempuran dari berbagai rival serta sengitnya persaingan dalam mendapatkan tempat terbaik di mesin pencari tak akan mampu menggeser posisi situs web yang memiliki banyak backlink kuat dan berkualitas.

Cara Mendapatkan Backlink

Setelah anda mengetahui begitu besarnya manfaat backlink, kini saatnya kita mencari tahu jalan termudah untuk mendapatkan backlink-backlink tersebut. Ada tiga cara sederhana untuk mendapatkan backlink yang nantinya akan berfungsi membuat ranking website anda di mesin pencari menjadi lebih baik.

1. Blogwalking

Melakukan blogwalking sengaja saya letakkan pada bagian paling atas diantara 3 cara ini, karena blogwalking memiliki banyak sekali manfaat lain selain mendapatkan backlink untuk situs anda yaitu menambah silaturahmi antara sesama pemilik situs web. Blogwalking sendiri adalah kegiatan mengunjungi situs milik orang lain disertai meninggalkan komentar. Usahakan pada saat berkomentar anda mencantumkan url situs anda.

2. Aktif di Sosial Media

Dengan aktif di sosial media, anda tidak hanya akan mendapatkan backlink dari situs berpagerank tinggi, namun anda juga akan mendapatkan visitor tambahan secara langsung. Bagikan setiap artikel yang anda tulis ke situs jejaring sosial seperti facebook, twitter serta google plus.

3. Submit ke Social Bookmark & Web Directory

Untuk yang satu ini anda harus sedikit lebih bijak menyikapinya, pasalnya, jika situs anda lemah dan mensubmit url ke social bookmark, maka artikel anda akan dicaplok oleh mereka di mesin telusur. Namun tidak perlu khawatir, dalam jangka waktu tertentu biasanya artikel milik anda akan kembali merangkak mengalahkan posisi social bookmark tadi di mesin pencari karena mereka telah dapat membedakan yang mana sumber aslinya.

Selain social bookmark anda juga dapat memanfaatkan web directory. Pada web directory umumnya lebih simpel karena yang mereka butuhkan hanyalah submit feed atau home page situs web anda. Baik social bookmark maupun web directory sangat baik untuk membantu anda membangun backlink berkualitas bagi situs anda karena biasanya mereka juga memiliki pagerank yang tinggi.

Itulah beberapa ulasan mengenai pengertian, manfaat, serta bagaimana cara termudah bagi kita untuk mendapatkan backlink. Backlink merupakan salah satu dari rangkaian resep dapur pacu sebuah blog agar ia lebih disukai oleh search engine, namun hal itu juga bukan berarti bahwa backlink menjadi hal utama yang harus kita fokuskan agar mendapatkan posisi SERP yang terbaik. Pada kenyataannya masih ada hal-hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan seperti kualitas artikel, kecepatan loading blog dan masih banyak lagi faktor lain yang akan menjadi bahan pertimbangan.

loading...