Bumbu Sop Ayam Bening Sederhana

Sebagian besar dari kita tentu sudah pernah mencicipi kuliner yang satu ini yaitu sop ayam. Untuk cuaca dingin maupun panas, sup memang selalu memberikan kenikmatan tersendiri. Terutama ketika cuaca dingin atau sedang berpuasa atau pun untuk Anda yang sedang kurang sehat.

Proses pembuatan sop ayam bening sendiri tidak terlalu lama. Jika Anda sudah menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, tentu akan lebih cepat proses masaknya. Hanya perlu waktu sekitar 40 menit untuk menunggu sop ayam di sajikan. Anda bisa menemukan jenis makanan simple yang satu ini di berbagai rumah makan atau restoran terdekat. Selain itu, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep sop ayam bening yang sudah banyak beredar di internet.

Tahukah Anda, jika kombinasi gizi yang terkandung dalam semangkuk sop ayam sangat baik untuk pertumbuhan. Bahan dan bumbu sop ayam bening sendiri sangat mudah dijumpai. Sop ayam bening merupakan salah satu jenis makanan yang awet dan tahan lama. Bisa dimakan berulang kali hanya dengan menghangatkan kembali menggunakan kompor. Berikut beberapa resep sederhana untuk membuat sop ayam bening, antara lain.

Bahan-bahan untuk membuat sop ayam bening:

  • 8 buah buncis
  • 1 batang bawang perai
  • 1 batang seledri
  • minyak goreng secukupnya (untuk menumis)
  • air untuk merebus secukupnya
  • 3 buah wortel
  • 1/2 kubis/kol ukuran sedang
  • 1 kuntum kembang kol
  • 1 kuntum brokoli

Bumbu sop ayam bening yang perlu di haluskan:

  • 5 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • merica secukupnya
  • garam dapur secukupnya

Cara membuat sop ayam bening:

Adapun proses membuat sop ayam bening cukup sederhana. Anda bisa menemukan bahan-bahan dan bumbu sop ayam bening di swalayan atau pasar terdekat. Berikut langkahnya:

  1. Pertama, Anda perlu mencuci semua sayuran yang akan dipakai.
  2. Kupas wortel, kemudian iris menjadi bagian tipis.
  3. Sobek-sobek kol, kemudian iris kembang kol dan brokoli menjadi kuntum kecil, lalu potong buncis yang sudah dibersihkan dari seratnya, ukuran sesuai selera atau kurang lebih sepanjang satu ruas jari telunjuk.
  4. Iris tipis bawang dan rajang halus seledri. Kemudian, sisihkan semuanya.
  5. Panaskan sedikit minyak goreng, lalu tumis bawang putih, bawang merah,merica dan garam yang sudah dihaluskan. Tumis hingga tercium aroma wangi.
  6. Panaskan sepanci air, masukkan bumbu yang sudah ditumis sebelumnya. Tak lupa juga, masukkan sayuran dari yang paling lama matangnya seperti wortel, kemudian buncis, brokoli, kembang kol, lalu terakhir kubis. Pastikan Anda menggunakan api besar untuk memasaknya.
  7. Cicipi rasa sop ayam bening jika sudah matang. Jika masih kurang pas, tambahkan garam.
  8. Jangan lupa untuk memasukkan bawang perai dan seledri sesaat sebelum sop diangkat.

Menu makanan yang satu ini sangat pas disantap bersama nasi hangat. Selain menyehatkan, sop ayam bening juga sangat menyegarkan. Bumbu sop ayam bening juga mudah di dapat, sehingga Anda tak perlu khawatir jika ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah. Proses pembuatannya juga mudah dan tidak memakan waktu yang terlalu lama.

Perlu Anda ketahui, mengonsumsi sayuran sangat baik untuk tumbuh kembang si kecil. Sehingga, makanan ini cocok di konsumsi oleh anak-anak. Mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi. Makanan ini cocok disantap di pagi hari maupun siang hari. Anda juga bisa menggunakan bahan pelengkap lain seperti menambahkan sosis, jamur, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan