Cara Buat Kacang Telur yang Mudah

Pernah makan kacang telur? Penasaran bagaimana cara buat kacang telur? Jika Anda ingin mencoba membuat kacang telur a la rumahan, simak resep di bawah ini. Bahan yang dibutuhkan:

  • ½ KG kacang tanah yang sudah dikupas
  • 8 buah bawang putih
  • 6 sdm gula pasir
  • 2 sdt garam
  • 1 butir telur ayam
  • 1 – 1 ½ gelas tepung terigu serba guna (banyaknya tepung dapat disesuakan yang penting cukup untuk terbungkus semua)
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Pertama, kupas dan cuci bawang putih. Lalu haluskan beserta garam.
  2. Kocok sebentar telur ayam (seperti mengocok telur dadar) lalu masukkan bawang putih dan garam yang sudah dihaluskan ke dalam telur. Kocok lagi hingga bumbu halus dan telur tercampur rata.
  3. Cuci kacang tanah sampai bersih, tiriskan hingga kering.
  4. Jika sudah kering masukkan kacang tanah ke dalam mangkok. Tuangkan gula dan telur ke atasnya. Lalu aduk menggunakan sendok makan atau tangan hingga semua kacang terlumuri oleh telur dan gula.
  5. Setelah kacang terlumuri dengan telur dan gula, tambahkan tepung terigu serba guna. Aduk lagi hingga semua kacang terbungkus dengan tepung terigu.
  6. Pada proses di atas nantinya akan ada tepung yang mengendap di dasar mangkok, maka dari itu pisahkan kacang yang sudah terbungkus tepung dari tepung yang mengendap.
  7. Panaskan minyak goreng dengan api sedang.
  8. Masukkan satu butir kacang untuk memastikan apakah minyak sudah cukup panas atau belum. Jika sudah ada gelembung dan saat kacang dimasukkan, minyak jadi bersuara berarti sudah siap dipakai.
  9. Goreng kacang-kacang tersebut.
  10. Cara menggoreng yang benar, kacang-kacang tersebut jangan langsung digoreng semuanya.

Goreng sedikit demi sedikit sesuai dengan kapasitas wajan/alat penggoreng.   Pastikan kacang-kacang tersebut terendam di dalam minyak.

  1. Ketika kacang baru saja dimasukkan ke dalam minyak, jangan langsung mengaduknya. Diamkan selama 1-2 menit agar tepung terigu tidak lepas dari kacang.
  2. Jika sudah 1 atau 2 menit, kacang boleh diaduk.
  3. Aduk kacang secara perlahan sebanyak 4-6 kali selama proses menggoreng. Tidak perlu mengaduk terus-menerus selama proses penggorengan, tetapi jangan pula didiamkan terlalu lama.
  4. Bila kacang sudah berwarna kecokelatan artinya kacang sudah matang. Angkat, tiriskan di atas kertas bersih agar minyak pada kacang terserap banyak.
  5. Kacang telur sudah jadi siap dihidangkan.

Resep kacang telur di atas merupakan cara buat kacang telur dengan tepung yang tidak terlalu tebal. Bagi kalian yang suka kacang telur dengan tepung yang tebal, simak resep berikut: Resep Kacang Telur Renyah Bahan:

  • ½ kg kacang tanah, cuci bersih
  • 1 KG tepung terigu serbaguna
  • 6 siung bawang putih
  • 2 butir telur
  • 4-6 sdm gula pasir
  • 2 sdt garam

Cara membuat:

  1. Tuang gula pasir dan garam ke dalam mangkok besar tambahkan 2 butir telur ayam, campur dengan mixer hingga gula larut
  2. Tuang 1-2 sdm adonan telur, gula dan garam tadi ke atas kacang. Aduk hingga semua kacang terlumuri adonan telur tersebut.
  3. Tuang 3 sdm tepung terigu ke atas kacang, aduk hingga tercampur rata.Tuang lagi adonan telur, aduk hingga rata.
  4. Ulangi langkah nomor 2 dan3 hingga adonan telur habis
  5. Panaskan minyak.
  6. Masukkan kacang ke dalam minyak sedikit demi sedikit.
  7. Aduk sesering mungkin selama proses penggorengan. Bila kacang sudah berwarna kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan.
  8. Kacang telur renyah siap untuk dinikmati

Itulah dua cara membuat kacang telur renyah. Jika Anda suka kacang telur dengan tepung yang tipis, silakan coba resep pertama. Jika suka kacang telur dengan tepung yang tebal, silakan coba resep kedua.

Tinggalkan Balasan