Inilah Cara Menghilangkan Bekas Luka Yang Sudah Lama

Tidak selalu obat bahan-bahan kimia memberikan hasil lebih baik dibandingkan bahan tradisional dalam mengatasi bekas luka lama yang sulit dihilangkan. Selain itu, jika digunakan dengan tepat, bahan tradisional justru hampir tidak memiliki efek samping apa pun yang akan merugikan tubuh. Pemanfaatan bahan alami sebagai obat untuk menghilangkan bekas luka lama maupun baru saat ini sedang menjadi tren dalam dunia industri kosmetik.

Bekas Luka Lama

Namun tahukah anda? Sebelum anda memutuskan untuk mengalokasikan dana besar anda demi menghilangkan bekas luka, ada baiknya anda mempertimbangkan bahan-bahan tradisional dibawah ini untuk mengatasi persoalan anda karena bahan-bahan yang akan kami uraikan ini memiliki khasiat yang sama dalam menghilangkan bekas luka secara cepat.

1. Memanfaatkan Teh Hijau

Teh hijau memiliki manfaat 200 kali lebih baik daripada vitamin E yang mana vitamin E sendiri diketahui sebagai alternatif penghilang luka yang cukup terkenal. Kandungan teh hijau yang bernama EGCG atau Epigallocatechin Gallate inilah yang membuat teh tersebut menjadi istimewa. Untuk pengobatan bekas luka, buatlah seduhan teh hijau yang kental kemudian usapkan air teh tersebut menggunakan kapas tepat di bekas luka yang ingin anda hilangkan. Sebelum melakukan perawatan ini, pastikan anda telah membersihkan bekas luka dengan air hangat terlebih dahulu.

2. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki manfaat anti inflamasi dan juga dapat membantu regenerasi sel kulit. Lidah buaya memiliki kandungan asam amino dan lignin yang tinggi sehingga dapat digunakan sebagai penghilang bekas luka yang ampuh. Untuk menggunakannya, ambil isi atau daging lidah buaya bagian dalam kemudian oleskan di bekas luka anda. Hindari kontak dengan getah lidah buaya karena dapat membuat kulit menjadi gatal.

3. Memanfaatkan Madu Lebah

Madu memiliki kandungan senyawa-senyawa seperti dekstrin, melezitosa, maltosa, sukrosa, mineral, asam amino, asam organik dan protein. Beberapa kandungan yang terdapat dalam madu memiliki manfaat untuk menyamarkan bekas luka. Penggunaan madu sebagai perawatan kulit cukup sederhana, anda hanya perlu mengoleskan madu asli pada bekas luka secara merata kemudian didiamkan selama kurang lebih setengah jam. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

4. Menggunakan Buah Mentimun

Cucumis sativus adalah nama latin dari buah mentimun. Selain banyak mengandung vitamin C dan potasium, buah yang biasa digunakan sebagai lalapan ini ternyata juga memiliki manfaat tersembunyi yang jarang diketahui. Joel Schlesinger, seorang ahli kulit dari Nebraska mengungkapkan jika di dalam mentimun terdapat zat silika, yaitu zat yang dapat mencegah keriput serta meningkatkan produksi kolagen. Untuk menggunakan mentimun sebagai penghilang bekas, hal yang harus anda lakukan adalah mengupas buah tersebut kemudian memblendernya. Setelah itu, gunakan mentimun halus yang telah diblender tersebut untuk dijadikan masker pada bekas luka rutin setiap hari sebelum tidur.

5. Memanfaatkan Buah Mengkudu

Buah mengkudu tergolong masuk dalam family Rubiaceae. Buah ini memiliki senyawa skopoletin dan antrakuinon, merupakan senyawa yang jarang ditemukan pada buah-buahan umumnya. Buah mengkudu terkenal memiliki seribu manfaat, salah satunya adalah untuk menghilangkan bekas luka lama yang membandel. Cara menggunakannya, anda cukup menghaluskan buah ini dengan cara ditumbuk kemudian balurkan pada bekas luka selama 30 menit, setelah itu bersihkan. Anda dapat mengulangi perawatan ini setiap dua hari sekali.

Itulah beberapa buah-buahan yang dapat digunakan sebagai bahan herbal tradisional untuk mengatasi permasalahan bekas luka yang sulit dihilangkan. Semoga dengan membaca artikel ini, anda tidak akan lagi merasa putus asa menghadapi bekas luka yang cukup mengganggu penampilan tersebut karena kini anda telah menemukan solusi cara menghilangkannya.