Inilah Cara Cepat Menghilangkan Sakit Gigi

Gigi adalah bagian dari tubuh kita yang berfungsi untuk menghaluskan makanan sebelum ditelan. Meski terlihat sederhana, namun deretan mutiara yang ada di dalam mulut ini memiliki hubungan saraf terhadap seluruh organ tubuh yang lain, terutama mata. Saat gigi menunjukkan rasa sakit, kita harus berhati-hati dalam memberikan perawatan terhadapnya supaya organ yang lain tidak mendapatkan efek yang lebih buruk.

Saki Gigi

Gigi seharusnya selalu mendapatkan perlakuan istimewa agar tidak berlubang dan terinfeksi karena hal tersebut akhirnya akan memicu terjadinya sakit gigi yang sangat menggaganggu. Jika saat ini anda terlanjur telah mengalami permasalahan diatas, yaitu sakit gigi yang teramat sangat tidak nyaman, kami akan memberikan beberapa solusi cepat untuk mengatasinya.

1. Minum Obat Analgesik

Pergi ke dokter kemudian mencabutnya adalah cara menghilangkan sakit gigi paling efektif agar tidak terulang di kemudian hari. Namun sayangnya, hal itu tidak bisa dilakukan serta merta saat gigi dalam keadaan sakit. Proses pencabutan umumnya dilakukan pada saat gigi dalam kondisi normal dan tidak ada peradangan serabut saraf.

Dalam keadaan darurat menderita sakit gigi, kita dapat mengkonsumsi obat analgesik yang bekerja menahan rasa sakit. Contoh obat analgesik yang ampuh mengatasi rasa sakit pada gigi adalah Asam Mefenamat (500mg) yang bisa anda peroleh di apotek terdekat. Konsultasikan dengan apoteker atau baca petunjuk pemakaian untuk mengetahui dosis yang tepat. Apabila rasa sakit sudah hilang, hentikan penggunaan obat tersebut.

2. Minum Obat Antibiotik

Pada saat sakit gigi menyerang, anda sebaiknya tidak melakukan bentuk pemijatan apa pun pada area leher, rahang atau sekitarnya, karena pada beberapa kasus justru mengakibatkan kerusakan organ lain yang lebih fatal terutama saraf mata.

Sakit gigi sebenarnya terjadi akibat peradangan di pulpa gigi, hal umum yang menjadi penyebab awalnya adalah infeksi bakteri akibat gigi berlubang. Selanjutnya, kita perlu mengatasi semua bakteri yang menginfeksi menggunakan obat antibiotik, salah satunya anda dapat mengkonsumsi Amoxicillin (500mg). Penggunaan obat jenis ini disarankan harus sesuai petunjuk dokter atau ahli.

3. Minum Obat Anti Inflamasi

Inflamasi atau peradangan pada gigi akan mengakibatkan efek pembengkakan pada saat sakit gigi. Gejala utama terjadi inflamasi adalah rasa nyeri ketika gigi digunakan untuk menggigit. Guna mengatasi persoalan ini, anda dapat mengkonsumsi obat Natrium Diklofenak (500mg).

Beberapa tips diatas merupakan cara menghilangkan rasa sakit pada gigi dengan menggunakan obat kimia yang pada umumnya bekerja lebih cepat daripada alternatif jenis pengobatan lainnya. Namun jika anda lebih tertarik mengatasi sakit gigi menggunakan metode pengobatan jenis herbal, maka kami juga akan merangkum cara serta penjelasannya dibawah ini.

1. Menggunakan Cengkeh

Cengkeh memiliki khasiat mengobati peradangan sekaligus mempunyai kemampuan anti bakteri, sehingga melalui hal-hal tersebut, cengkeh cukup ampuh digunakan untuk mengobati sakit gigi disertai pembengkakkan. Penggunannya tidak sulit, anda cukup memberikan satu tetes minyak cengkeh ke seperempat gelas air putih kemudian gunakan untuk berkumur. Untuk khasiat yang lebih baik, teteskan minyak cengkeh ke sebuah kapas lalu tempelkan langsung ke gigi yang sedang sakit.

2 Menggunakan Garam

Sebelum ada obat-obatan modern, orang-orang pada jaman dahulu mengobati sakit gigi yang dirasakannya menggunakan larutan air garam. Mereka memanfaatkan yodium yang ada pada garam sebagai penghilang rasa sakit. Cara penggunannya adalah garam dan air dicampur menjadi satu kemudian digunakan untuk berkumur secara berulang-ulang hingga rasa sakit yang diderita menghilang.

3. Menggunakan Bawang Putih

Antibiotik alami yang ada pada bawang putih dipercaya sangat ampuh membasmi bakteri di dalam gigi berlubang penderita sakit gigi. Untuk menggunakan bawang sebagai obat sakit gigi, kita perlu menumbuknya terlebih dahulu agar menjadi halus. Pada saat menumbuk anda bisa juga menambahkan sedikit garam didalamnya. Oleskan hasil tumbukkan tadi tepat ke bagian gigi yang sakit.

Itulah tadi cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat melalui dua alternatif cara yaitu obat modern dan tradisional. Apabila setelah dilakukan penanganan, namun kondisi tidak kunjung membaik, segera hubungi dokter gigi.