Cara Melupakan Mantan, Terbukti Paling Ampuh!

Melupakan mantan itu bukan hal yang mudah, jika ada orang yang mengatakan demikian, itu artinya orang tersebut belum pernah merasakan hebatnya patah hati. Mengapa melupakan mantan itu tidak mudah? Hal ini terjadi karena manusia dilahirkan dengan naluri alamiah yaitu mencintai, saat patah hati terjadi maka seseorang dituntut harus dapat melawan naluri dasar manusia itu sendiri dengan cara melupakan cinta.

Melupakan Mantan

Meskipun sulit, melupakan mantan bukan berarti hal yang tidak bisa dilakukan. Anda hanya perlu mengalihkan perhatian kepada sesuatu yang lain dalam beberapa minggu pertama setelah patah hati terjadi sebelum akhirnya anda benar-benar dapat melupakan si dia dengan sepenuhnya.

Ingatlah sebuah pepatah yang mengatakan bahwa obat patah hati hanya ada dua, pertama adalah waktu dan yang kedua adalah mendapatkan penggantinya. Jika anda belum sanggup untuk mencari pengganti maka persoalannya tinggal bagaimana cara anda menghadapi waktu. Jangan khawatir, kali ini kami akan memberikan tips paling ampuh tentang bagaimana cara melupakan bayangan mantan yang masih selalu hadir berdasarkan pengalaman orang-orang yang telah berhasil mengatasi patah hati.

1. Menjauhkan diri dari benda dan tempat yang dapat membuat anda ingat dengannya

Salah satu alasan mengapa anda sulit melupakan mantan disebabkan karena anda belum sepenuhnya lepas dari kenangan-kenangan yang ada. Beberapa hal yang dapat memicu munculnya kenangan tersebut adalah melihat benda-benda pemberiannya atau mendatangi tempat-tempat yang dulu pernah anda kunjungi bersamanya.

Untuk membantu mempermudah melupakan mantan maka sebaiknya untuk sementara waktu anda tidak melakukan kontak langsung dengan benda-benda pemberiannya atau mengunjungi tempat-tempat yang pernah anda datangi bersamanya. Lalu, sampai kapan hal ini harus dilakukan? Setidaknya untuk waktu 2 – 3 bulan kedepan karena setelah waktu tersebut biasanya kenangan bersama mantan akan memudar dengan sendirinya.

2. Jangan mendengarkan lagu yang memiliki kenangan dengan si dia

Lagu mempunyai kekuatan yang begitu besar dalam mempengaruhi perasaan seseorang. Telitilah dalam memilih lagu yang akan didengarkan karena lirik di dalam sebuah lagu bisa mempengaruhi pikiran bawah sadar seseorang. Saat mendengarkan lagu gembira maka seseorang akan ikut merasa senang, sementara ketika mendengarkan lagu sedih maka orang itu juga akan merasakan perasaan yang sama. Seseorang yang sedang mengalami patah hati sebaiknya menjauhi semua lagu sedih ataupun lagu lainnya yang memiliki kenangan dengan mantan agar suasana hati tidak ikut larut seiring dengan didengarkannya lagu tersebut.

3. Jangan ada waktu luang sedikitpun dalam hari-hari anda

Waktu luang menjadi saat-saat rawan bagi anda yang kini sedang mengalami patah hati karena di waktu tersebut biasanya pikiran serta suasana hati dikendalikan oleh perasaan tak menentu akibat kehilangan orang yang disayangi. Untuk itu, jauhkan diri dari waktu luang dengan cara memperbanyak kegiatan agar seluruh perasaan anda tidak lagi tersita hanya untuk memikirkan mantan saja. Disisi lain, terus meratapi kepergian orang yang anda cintai tersebut tidak akan merubah apapun selain hanya akan membuat diri anda justru semakin merasa tersakiti.

4. Perbanyak ibadah dan mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa

Beribadah akan membuat hati dan pikiran seseorang menjadi tenang. Jadi, tidak heran jika orang-orang yang sedang mendapatkan masalah biasanya cenderung rajin beribadah. Selain beribadah merupakan suatu kewajiban bagi orang-orang yang beriman, bersamaan dengan itu anda juga dapat berdoa sekaligus meminta petunjuk kepada Tuhan Yang Maha Esa tentang masalah yang sedang dihadapi. Dengan melakukan ibadah, seseorang akan memperoleh ketenangan batin serta perasaan hati yang jernih. Bermodalkan semua itu, maka masalah seperti apa pun pada akhirnya akan dapat diselesaikan tanpa kendala yang berarti.

5. Tidak perlu menahan tangisan, luapkanlah sepuasnya

Salah satu alasan mengapa Tuhan menciptakan air mata adalah untuk menangis dikala kita merasa sedih. Dengan menangis setidaknya anda bisa meluapkan seluruh isi hati dengan cara yang positif. Menangislah karena menangis dengan sekuat tenaga itu bukanlah sebuah dosa. Selain itu, kesedihan merupakan bentuk dari energi negatif di dalam tubuh yang harus segera dikeluarkan, salah satunya adalah dengan cara menangis.

6. Berburu kuliner kesukaan atau pergi ke tempat wisata

Pepatah mengatakan bahwa sebuah kobaran api akan padam hanya jika kita mau menyiramnya dengan air, artinya suatu kesedihan akan hilang dengan sendirinya apabila kita mau berusaha melawannya dengan cara melakukan hal-hal yang menyenangkan. Menjalani aktivitas seperti mengunjungi tempat-tempat favorit atau berburu kuliner yang nikmat akan merubah mood yang buruk menjadi lebih baik. Untuk itu, carilah tempat menyenangkan yang ‘belum pernah’ anda datangi bersama mantan kemudian jangan lupa untuk mencicipi kuliner terbaik di tempat tersebut.

Itulah beberapa cara ampuh untuk melupakan mantan yang kini telah membuat hidup anda terpuruk serasa dada menjadi sesak. Tidak perlu khawatir, rasa sakit yang anda rasakan saat ini tidak akan menghantui hidup anda selamanya. Meskipun berat, seiring berjalannya waktu maka mantan beserta seluruh kisahnya akan terhapus dengan sendirinya tak lebih dari 2 – 3 bulan kedepan. Untuk sementara fokuslah dengan mengalihkan pikiran dan ingatan agar tidak selalu tertuju kepada mantan. Selanjutnya ambil hikmah dan sisi baik dari semua hal yang telah terjadi agar esok hari anda tidak kembali melakukan kesalahan serupa, misalnya mencintai orang yang seharusnya tidak anda cintai.