Cara Membuat Body Motor & Mobil Lebih Mengkilap

Kendaraan anda menunjukkan identitas siapa diri anda sebenarnya. Seperti halnya pakaian, sepatu ataupun pernak-pernik lainnya, kendaraan juga bagian dari style hidup anda. Kendaraan kusam menandakan bahwa pemiliknya merupakan tipe orang yang tidak suka merawat diri, begitupun sebaliknya kendaraan yang terlihat bersih dan mengkilap menandakan pemiliknya adalah orang yang elegan dan peduli terhadap penampilan.

Motor dan Mobil Mengkilap

Jika anda merupakan kelompok orang yang sangat menghargai pentingnya tampil menarik di depan umum, maka sudah pasti anda harus membaca 3 tips cara membuat motor atau mobil kesayangan agar dapat selalu terlihat mengkilap dan menjadi pusat perhatian di muka umum. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Mencuci Motor atau Mobil dengan Benar

Mencuci kendaraan bukan hanya sekedar aktivitas memberi sabun, mengusap dan menyiramnya dengan air kemudian selesai, akan tetapi ada cara-cara khusus yang perlu diperhatikan agar niat baik untuk membersihkan kendaraan tidak berakhir dengan rusaknya cat body atau justru membuat kendaraan ramai dengan goresan-goresan baru yang tidak sengaja anda ciptakan saat mencucinya. Langkah-langkah yang tepat dalam mencuci motor atau mobil adalah sebagai berikut.

Pertama, cucilah kendaraan dimulai dari tempat yang paling kotor, misalnya ban, fender dan seputaran mesin bagian bawah, hal ini bertujuan agar saat anda mengelap bagian atas, kotoran serta butiran pasir tidak ikut terbawa dan melukai cat body.

Kedua, sediakan lap atau busa pencuci lebih dari satu agar bagian-bagian tertentu kendaraan memiliki lap pembersih yang berbeda. Lap untuk bagian besi atau mesin berbeda dengan lap untuk bagian fiber atau body.

Ketiga, gunakan sabun khusus yang memang dibuat oleh pabrik dengan tujuan untuk membersihkan kendaraan, jangan sekali-kali menggunakan sembarangan sabun yang memiliki bahan aktif tertentu yang justru dapat merusak cat body. Jika terpaksa tidak memiliki sabun khusus tersebut, anda bisa memanfaatkan shampo biasa untuk mencuci kendaraan.

Keempat, keringkan kendaraan setelah dicuci dengan cara mengelapnya menggunakan kanebo secara perlahan dan lembut. Jika masih terdapat kotoran yang tertinggal jangan langsung mengelapnya, melainkan anda harus kembali menyiramnya dengan air terlebih dahulu untuk menghindari kotoran terbawa lap pengering.

2. Memberikan Lapisan Pengkilap atau Wax

Wax atau silikon berfungsi membuat tampilan estetika body mobil atau motor anda senantiasa terlihat mengkilap dan selalu basah. Pemanfaatan produk tersebut biasa diberikan setelah kendaraan dalam keadaan bersih yaitu setelah dicuci kemudian dikeringkan. Selain membuat cat body kendaraan terlihat lebih mengkilap, lapisan wax juga berfungsi melindungi kendaraan dari sengatan matahari serta partikel kotoran yang akan menempel dan merusak body.

Beberapa orang berasumsi bahwa penggunaan pengkilap kendaraan dalam jangka panjang justru akan membuat cat semakin terkikis, akan tetapi beberapa pembuat produk mengklaim bahwa pengkilap milik mereka yang berbahan dasar silikon justru bekerja dengan cara melapisi sehingga aman bagi cat kendaraan.

3. Melindungi Body dari Segala Bentuk Penyebab Kerusakan

Tahukah anda bahwa body kendaraan yang kusam ternyata berasal dari beberapa goresan kecil yang terakumulasi menjadi goresan-goresan dalam jumlah banyak. Untuk itu, hindari body kendaraan anda melakukan kontak langsung dengan benda-benda berbau tajam atau kasar yang dapat memicu terjadinya goresan. Beberapa goresan mungkin masih bisa diselamatkan dengan menggunakan compound, namun penggunaan produk tersebut harus sangat hati-hati agar justru tidak membuat cat kendaraan anda semakin tergerus tipis.

Selain itu anda juga perlu melindungi kendaraan dari kerusakan cat akibat terik matahari yang panas dengan cara menutupi kendaraan menggunakan cover khusus ketika parkir di tepi jalan atau dimanapun tempatnya. Meski kelihatan tidak terlalu lazim, namun demi kendaraan tersayang mengapa tidak?

Demikian beberapa cara membuat kendaraan senantiasa dapat tampil menawan ketika melenggang di jalanan. Agar selalu terlihat bersih dan mengkilap, kita tidak perlu mengeluarkan banyak uang, melainkan cukup dengan rutin melakukan perawatan dan memberi perhatian terbaik.