Cara Membuat Bubur Kacang Hijau dan Ketan Hitam Beserta Manfaat Kesehatan Bagi Tubuh

Cara membuat bubur kacang hijau dan ketan hitam itu apakah sulit?Bisakah dilakukan di rumah? Makanan dengan rasa manis sejenis itu apakah sehat bagi tubuh? Itulah seputar pertanyaan di benak masyarakat khususnya para ibu-ibu. Bubur kacang hijau dan ketan hitam merupakan kudapan khas Indonesia yang banyak digemari masyarakat disemua lapisan. Paduan kacang hijau dan ketan hitam yang manis, gurih nan lezatternyata membawa sejuta manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Benarkah?

Menurut beberapa ahli gizi,kacang hijau dan ketan hitam mengandung banyak zat yang dibutuhkan tubuh.Kacang hijau sendiri mengandung karbohidrat, fosfor, kalsium, vitamin B1 danB2, protein, asam folat, lemak tak jenuh dan kaya akan serat sehingga mampumemperlancar aliran darah, meningkatkan sistem syaraf, menjaga kesehatan mata, baik untuk ibu hamil hingga dapat menurunkan risiko kanker usus. Sedangkan manfaat dari ketan hitam meliputi mencegah penuaan dini, menjaga imunitas, meregenerasi kulit, menyuburkan rambut, hingga menurunkan risiko diabetes, tumor dan kanker segudang manfaat tersebut bisa akan kita dapatkan jika cara membuat bubur kacang hijau dan ketan hitam dilakukan dengan benar terlebih untuk pengolahan ketan hitam. Setelah diolah dengan benar bagaimana cara mebuat kudapan ini agar lezat dan nikmat?

Di musim penghujan, kadangkala sangat suntuk keluar rumah hanya untuk sekedar membeli makanan apalagi hanyamembeli bubur. Untuk mengatasi hal tersebut, maka kita bisa membuat sendiri bubur kacang hijau dan ketan hitam di rumahkarena cara pembuatannya cukup mudah dan bahan yang diperlukan juga tersedia diwarung-warung terdekat. Berikut ini bahan beserta cara membuat bubur kacang hijau dan ketan hitam!

Bahan Kacang Hijau: (5 porsi)

  1. ¼ kg kacang hijau, rendam dalam air panas dan tunggu hingga airnya dingin atau rendam menggunakan air dingin selama +/- 7 jam
  2. 3 blok gula jawa, sisir untuk memudahkan pengolahan
  3. 3 sdm gula pasir
  4. ½ sdt garam
  5. 1 ruas jari jahe, bakar kemudian digeprek atau diiris kecil-kecil.
  6. 4 helai daun pandan
  7. Susu kental manis (vanilla/coklat)
  8. 1 liter air, didihkan

Bahan Ketan Hitam:

  1. ¼ Beras ketan hitam, rendam dengan air +/- 2 jam
  2. 2 helai Daun pandan
  3. 3 sdm gula pasir
  4. ½ sdt garam
  5. 1 liter air

Bahan Santan:

  1. 300 ml santan kental
  2. 2 sdt tepung maizena
  3. Garam secukupnya
  4. I helai daun pandan
  5. 250 ml air

Cara memasaknya:

  1. Rebus 1 liter air hingga mendidih, kemudian masukkan kacang hijau yang telah direndam. Tambahkan jahe yang telah digeprek/diiris dan masukkan gula jawa yang  telah disisir serta daun pandan 2 helai. Tunggu hingga empuk dan meletek.
  2. Setelah kacang hijau tampak empuk dan mulai meletek, tambahkan  susu kental manis, gula pasir dan garam. Icip rasa serta tingkat kemanisan bubur, jika ingin lebih wangi tambahkan sisa daun pandan 2 helai kedalam panci. Tunggu bubur kacang hijau hingga benar-benar matang sambil diaduk pelan-pelan.
  3. Lakukan hal yang serupa untuk mengolah ketan hitam sesuai dengan bahan yang diperlukan.
  4. Olah santan dengan mencampurkan semua bahan santan dan tunggu hingga mendidih
  5. Setelah matang semua, siapkan mangkok dan isilah dengan bubur kacang hijau dan bubur ketan hitam sekaligus tuang santannya. Tambahkan hiasan daun pandan sebagai pemanis

Bubur kacang hijau dan ketan hitam siap disajikan! cukup mudah bukan ? Let’s try it at home!

Tinggalkan Balasan