Inilah Cara Membuat Ekstrak Kulit Manggis Sendiri

Karena banyaknya khasiat yang terkandung pada kulit manggis, maka produk turunan terutama ekstrak serbuk dari kulit buah tersebut saat ini digemari oleh masyarakat yang lebih menyukai produk herbal ketimbang kimiawi dalam mengobati atau mempertahankan kesehatannya. Kulit manggis dapat diekstrak melalui berbagai cara, namun yang paling populer adalah dengan membuatnya menjadi sebuah serbuk.

Buah Manggis

Selain efisien, ekstrak dalam bentuk serbuk dapat membuat kulit manggis bertahan lebih lama sebelum akhirnya kita konsumsi sebagai obat herbal. Proses pembuatannya tidak sulit, berikut akan kami ulas secara rinci agar lebih mudah bagi anda untuk mencobanya sendiri di rumah:

1. Pilih Manggis Yang Baik

Sebelum membuat ekstrak kulit manggis, hal mendasar yang harus anda lakukan adalah memilih bahan baku berkualitas baik, yaitu buah manggis yang utuh, tidak busuk dan masih terlihat segar.

2. Kulit Dipotong Kecil-Kecil

Seusai memperoleh buah manggis yang baik, langkah selanjutnya adalah mencuci bersih buah-buah tersebut tanpa menggunakan sabun untuk menghindari sentuhan dari produk kimia. Setelah bersih, buka buah tersebut satu persatu, pisahkan isinya kemudian ambil kulitnya dan potong-potong kecil dengan ukuran kurang lebih 4 cm.

3. Jemur Dibawah Sinar Matahari

Untuk proses pengeringan, kita memerlukan bantuan sinar matahari. Caranya, jemur potongan-potongan kulit manggis dibawah terik matahari hingga kering. Waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan biasanya antara 2 hingga 3 hari.

4. Tumbuk Hingga Halus

Setelah kulit manggis benar-benar kering dan memungkinkan untuk proses pengekstrakan, maka segeralah tumbuk hingga menjadi bubuk atau serbuk halus. Proses ini juga bisa dilakukan menggunakan gilingan cabe. Perlu diperhatikan, pastikan semua media yang digunakan dalam keadaan bersih.

5. Simpan Di Tempat Tertutup

Tahap paling akhir dari proses pengekstrakan serbuk kulit manggis ini adalah dengan melakukan penyimpanan di tempat yang tepat yaitu tempat tertutup dan kedap udara serta pada suhu kamar antara 25°C – 30°C. Agar lebih praktis, anda pun juga bisa menyimpan hasil ekstrak tersebut pada kapsul-kapsul kosong yang dapat anda peroleh di apotek.

Cara Mengkonsumsi:

Untuk memelihara kesehatan tubuh, rutinlah mengkonsumsi ekstrak tersebut 4 kapsul perhari dengan aturan pemakaian 2 kapsul sekaligus pada pagi hari dan dua kapsul lagi pada malam hari.

Manfaat Ekstrak Kulit Manggis:

Untuk kembali mengingatkan anda tentang pentingnya ekstrak kulit manggis bagi tubuh, berikut adalah beberapa manfaat yang akan anda peroleh jika rutin mengkonsumsinya:

1. Awet muda
2. Mencegah kanker
3. Mengobati radang
4. Mencegah penyakit saraf
5. Mengobati sesak nafas
6. Mengatasi sakit diare
7. Mencegah terbentuknya batu ginjal
8. Mengobati bisul
9. Menurunkan kolesterol jahat
10. Menstabilkan gula darah
11. Memperkuat kekebalan tubuh
12. Mengatasi wasir
13. Menurunkan darah tinggi
14. Mencegah penyakit jantung
15. dll