Inilah Cara Membuat Buku Nikah Yang Hilang

Buku nikah atau marriage book merupakan akta otentik berupa dokumen resmi berbentuk seperti sebuah notes kecil yang berguna sebagai bukti bahwa dua orang telah melangsungkan pernikahan yang sah atas nama hukum. Buku nikah menjadi sangat penting karena dibutuhkan dan menjadi syarat untuk pembuatan akta anak, KK, pengajuan kredit, pengajuan gugat cerai dan masih banyak lagi fungsinya.

Duplikat Kutipan Akta Nikah

Namun karena beberapa hal, banyak orang mengaku pernah kehilangan dokumen penting ini dan ingin membuat ulang tetapi tidak tahu cara atau prosedurnya. Menanggapi permasalahan tersebut, saya akan merangkum secara detail mengenai tata cara dan berbagai langkah yang harus dilakukan untuk mengganti buku nikah yang telah hilang.

Sebagai catatan, buku nikah hanya terbit satu kali, jika dokumen ini hilang atau rusak maka hanya dapat diganti dengan ‘duplikat buku nikah’ yang berbentuk satu lembar kertas berwarna putih berisi data informasi serupa dengan buku nikah asli. Untuk mendapatkan duplikat buku nikah, berikut langkah – langkah yang harus anda lakukan:

1. Datang ke KUA

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan mendatangi kantor KUA dimana pernikahan anda tercatat. Tidak perlu formal, pada tahap ini anda hanya cukup bertanya dan mencari informasi apa saja yang dibutuhkan untuk membuat duplikat buku nikah. Sebaiknya anda bisa mengingat tanggal, bulan, serta tahun anda melangsungkan pernikahan, sebab hal tersebut akan mempermudah pegawai KUA guna mencari arsip pernikahan anda dulu

2. Datang ke Kelurahan

Tujuan datang ke kantor kelurahan dimana anda tinggal adalah untuk mendapatkan surat pengantar kehilangan yang akan dibuat di kantor polisi. Hal penting yang harus anda ingat sewaktu di kantor KUA sebelumnya tadi, anda wajib meminta nomor seri buku nikah karena saat berada di kelurahan dan juga kantor polisi, nomor tersebut akan ditanyakan oleh petugas.

3. Datang ke Kantor Polisi

Setelah mendapatkan surat pengantar berisi nomor seri buku nikah dari kelurahan, langkah selanjutnya datang ke kantor polsek di kecamatan anda untuk pembuatan surat kehilangan. Anda akan mendapatkan pertanyaan mengenai kronologi kehilangan seperti, di daerah mana surat tersebut hilang, hari apa, tanggal berapa dan jam berapa. Tidak perlu pusing, jawab saja seingatnya, karena hal itu hanya untuk formalitas saja.

4. Kembali ke KUA

Setelah surat kehilangan berhasil dibuat, anda bisa langsung kembali mendatangi kantor KUA untuk menyerahkan berkas tadi. Jika dokumen dan data telah terpenuhi, maka pihak KUA akan langsung membuat duplikat buku nikah yang anda minta. Tak perlu menunggu lama, duplikat tersebut biasanya akan langsung jadi. Untuk masalah biaya, tidak mahal seperti dahulu saat anda membuat buku nikah pertama, untuk duplikat biasanya hanya mengganti uang yang tidak seberapa jumlahnya, kecuali ada oknum yang melakukan pungli, tapi umumnya tidak ada.

Nah itulah langkah – langkah yang harus ditempuh untuk membuat duplikat buku nikah di KUA berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri. Kalau cuma membayangkan dan hanya dipikir terus tetapi tidak dilakukan memang rasanya seperti rumit, padahal sebenarnya gampang banget. Selamat mencoba.

loading...