Cara Terbaik Meminta Maaf Kepada Pacar Yang Marah & Kecewa

Menyesali perbuatan salah kemudian meminta maaf adalah suatu tindakan yang mulia. Dikutip dari situs Yo Vizag, seorang psikolog bernama Aakanksha Jagravi dari University of Delhi mengungkapkan bahwa hanya dengan mendengar ucapan permintaan maaf dari seseorang, mereka orang-orang yang pernah dikecewakan dan marah bisa saja tergerak hatinya untuk memberikan maaf dengan senang hati.

Minta Maaf

Jika saat ini kamu berniat untuk meminta maaf kepada kekasih, berikut adalah beberapa tips cara meminta maaf yang disarankan oleh Aakanksha Jagravi agar si dia segera memaafkanmu.

1. Akui kesalahan sebelum meminta maaf karena itulah yang ia inginkan

Ketika manusia berbuat salah maka sensor alami yang disebut hati nurani akan memberikan sinyal. Sinyal tersebut berupa perasaan bersalah dan tidak nyaman di dalam hati. Kamu harus bersyukur jika sensor tersebut masih berfungsi dengan baik karena itu artinya kamu adalah manusia yang masih memiliki hati nurani.

Terkadang, untuk menebus kesalahan yang telah kamu perbuat, seorang pacar hanya ingin mendengar pengakuan perbuatan salah tersebut. Jadi, jangan ragu untuk mengakui kesalahan kemudian minta maaflah setelah itu.

2. Ketika ia tidak mau bicara, berikan ruang untuknya menyendiri

Pacar yang sudah benar-benar kesal terhadap pasangannya biasanya cenderung akan berdiam diri sebagai bentuk ungkapan kemarahannya. Jangan memaksakan diri untuk membuatnya bicara karena yang terjadi justru akan semakin membuat si dia marah. Biarkan perasaannya menjadi dingin terlebih dahulu dengan cara memberi ruang baginya untuk menyendiri, setelah itu ajaklah ia bicara baik-baik.

3. Dengarkan apa yang ia katakan kemudian minta maaflah dengan tulus dari hati

Terkadang kemarahan seseorang dapat mereda begitu saja setelah ia mencurahkan berbagai macam perasaan emosi yang bercampur aduk di dalam dadanya. Untuk itu, biarkanlah si dia meluapkan kemarahannya terhadapmu hingga perasaannya lega. Dengarkan semua perkataan dan keluh kesahnya serta turuti apa pun yang menjadi kemauannya. Setelah itu, ucapkanlah permintaan maaf yang tulus dari hatimu yang paling dalam karena telah membuat dirinya marah atau kecewa.

4. Meminta maaf lalu berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang sama

Meminta maaf memang mudah. Akan tetapi, mendapatkan maaf dari orang yang telah kita kecewakan bukanlah perkara yang gampang. Setidaknya kamu harus bisa meyakinkan si dia bahwa kesalahan serupa tidak akan pernah kamu ulangi lagi serta tunjukkan kepadanya bahwa kamu benar-benar menyesal telah membuat kesalahan tersebut.

5. Meminta maaf dengan cara memberi perhatian atau hadiah

Pertengkaran pada sebuah hubungan merupakan sesuatu yang wajar meski sebaiknya hal ini tidak seharusnya terjadi. Apabila kejadian tersebut dipicu karena kesalahanmu? Maka tepislah ego dan segera ucapkan maaf padanya. Saat kata maaf saja dirasa tidak cukup, maka berikanlah ia hal lain seperti sebuah perhatian atau hadiah romantis.

Perhatian yang kamu berikan padanya menandakan bahwa kamu bersungguh-sungguh dalam meminta maaf. Sementara hadiah romantis adalah bentuk ungkapan jika kamu sebenarnya masih menyayanginya serta tidak bermaksud membuat hubungan yang ada menjadi retak. Contoh hadiah yang bisa kamu berikan yaitu bunga atau rangkaian pesan yang berisi permintaan maaf.

6. Biarkan ia meluapkan kemarahannya hingga merasa lega

Seseorang yang masih menyimpan amarah di dalam dadanya tidak akan mungkin bisa memaafkan orang lain hingga amarah tersebut mereda. Beri kesempatan baginya untuk meluapkan semua kekesalannya agar emosinya berkurang dan mulai dapat menerima permintaan maaf darimu. Jika ada hal-hal tidak enak keluar dari mulutnya maka maklumi dan terimalah itu dengan lapang dada. Jangan ikut marah terhadap ucapannya karena hal tersebut akan membuat permasalahan semakin bertambah rumit.

7. Meminta maaf sekaligus meminta satu kesempatan untuk memperbaiki keadaan

Pacar tidak akan mudah memberikan maaf terhadap orang yang telah mengecewakannya apalagi sampai menyakiti hatinya. Untuk itu, kamu sebaiknya dapat memberikan alasan tepat kenapa si dia harus memaafkan kesalahanmu. Salah satu hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi situasi ini adalah dengan berjanji bahwa kamu sanggup memperbaiki keadaan dengan cara tidak mengulangi kesalahan serupa atau membuat kesalahan baru lainnya.

Itulah beberapa cara untuk meminta maaf kepada pacar yang dikutip langsung dari situs lifestyle terbesar di India, Yo Vizag. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu yang saat ini sedang berselisih dengan pacar atau kekasih.