Inilah Cara Memutihkan Gigi Dengan Cepat dan Alami

Penting bagi kita untuk selalu memperhatikan kesehatan gigi. Orang yang mempunyai gigi putih dan sehat terlihat lebih menarik daripada orang yang memiliki gigi tidak terawat, apalagi banyak terdapat karang gigi dan berawarna kuning.

Cara Memutihkan Gigi Dengan Cepat dan Alami

Namun tak jarang beberapa orang merasa kesulitan manakala mereka berusaha membuat gigi kuning yang dimilikinya menjadi putih. Berbagai usaha telah dicoba, namun tak membuahkan hasil apa pun. Jika saat ini anda sedang mengalami permasalahan demikian, maka tepat sekali jika anda membaca artikel ini.

Disini kami akan menjelaskan secara rinci beberapa cara untuk memutihkan gigi secara alami dengan cepat. Namun sebelum langkah-langkah tersebut kami jabarkan, alangkah baiknya bagi anda untuk mengetahui beberapa hal yang dapat memicu terjadinya gigi kuning itu sendiri, antara lain:

1. Kurang Menjaga Kebersihan Gigi

Kebiasaan untuk cenderung tidak memperhatikan dan peduli dengan kebersihan mulut maupun gigi akan memperburuk keadaan bagi anda yang menginginkan memiliki gigi putih bersih. Pasalnya, dengan membiarkan kotoran mengendap di mulut, akan mengakibatkan terbentuknya karang gigi dan membuatnya terlihat kuning.

2. Minuman Bersoda

Terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda tidak dianjurkan oleh dokter gigi. karena sifatnya yang asam, minuman dengan kadar soda tinggi sangat berperan dalam membuat rusaknya enamel dan dapat membuat gigi menjadi kuning.

3. Pengaruh Obat Mata

Untuk yang satu ini pasti akan membuat banyak orang bertanya-tanya, apa hubungan antara gigi kuning dengan obat tetes mata? Tidak sesederhana seperti yang kita bayangkan, cara kerja larutan kimia dari obat tetes mata akan memperkecil produksi saliva, padahal saliva sendiri memiliki fungsi untuk menetralkan asam yang ada di dalam mulut.

Dengan berkurangnya jumlah saliva, asam di dalam mulut akan meningkat. Pada keadaan demikian berpotensi mengakibatkan terjadinya gigi kuning dan kerusakan enamel.

4. Faktor Alamiah

Meski telah berusaha menjaga kebersihan gigi secara maksimal, beberapa orang tetap memiliki gigi berwarna kuning dan kusam. Ini bukanlah persoalan yang perlu dikhawatirkan, karena pada dasarnya hal tersebut tidak ada hubungannya dengan tingkat kesehatan seseorang.

Lapisan enamel setiap orang berwarna putih, akan tetapi dentin atau bagian bawahnya memiliki warna dasar kuning. Dentin yang berwarna kuning akan terlihat dominan manakala enamel tidak mendapatkan mineral dengan baik. Faktor alamiah seperti ini cenderung tidak dapat dirubah.

Itulah beberapa faktor penyebab gigi anda menjadi berwarna kuning. Untuk mendapatkan gigi yang putih, berikutnya kami akan memberikan beberapa tips yang kami rangkum secara jelas agar anda lebih mudah dalam memahaminya. Langsung saja, inilah rangkuman serta rinciannya:

1. Berhenti Merokok

Mengapa berhenti merokok masuk dalam kategori cara memutihkan gigi? Di dalam rokok terdapat tar dan nikotin yang berperan besar membuat gigi tampak kusam bahkan kecokelatan. Bagi anda yang menginginkan memiliki gigi putih namun tak juga menghentikan kebiasaan merokok, sepertinya hal itu akan sulit untuk diwujudkan. Matikan rokok sekarang juga dan dapatkan kualitas hidup yang lebih baik serta gigi putih impian anda.

2. Rutin Sikat Gigi

Rutin menyikat gigi anda minimal dua kali sehari termasuk cara sederhana untuk memutihkan gigi. Dengan menyikat gigi, berarti anda telah melakukan kebiasaan sehat menjaga kebersihan mulut dan tetap mempertahankannya. Seperti kita ketahui sebelumnya, kotoran dalam sela-sela gigi dapat memicu terjadinya karang gigi serta membuatnya tampak kusam dan kuning.

3. Memakai Kulit Jeruk

Setelah memakan jeruk, apa yang biasa anda lakukan terhadap kulitnya? tentu saja anda pasti akan membuangnya bukan? Cobalah ubah kebiasaan tersebut. Gunakan kulit jeruk bagian dalam untuk menggosok gigi anda, jika anda melakukan hal ini secara teratur, maka gigi anda yang kuning dalam waktu yang relatif singkat akan menjadi putih.

4. Memakai Arang Kayu

Arang kayu secara tradisional memang biasanya digunakan untuk mengatasi permasalahan gigi yang kuning. Gunakan secara bijak dan sangat hati-hati, bila anda membersihkan gigi menggunakan arang kayu secara berlebihan justru akan merusak enamel atau lapisan penting terluar gigi anda. Memang terkesan ekstrim, namun cara ini cukup jitu untuk membuat gigi menjadi lebih putih.

5. Menggunakan Kayu Siwak

Sudah sejak lama kaum muslim di Saudi Arabia menggunakan kayu siwak sebagai alat untuk membersihkan gigi. Siwak atau biasa disebut miswak merupakan akar atau dahan dari pohon yang bernama alvadora persica. Untuk dapat digunakan bersiwak atau membersihkan area mulut, gusi dan gigi, harus dipilih dahan ataupun akar yang berserat, basah dan lembut agar justru tidak merusak enamel atau gusi.

6. Menggunakan Biji Buah Pinang

Tidak hanya dapat digunakan untuk acara lomba panjat pinang, pohon pinang ternyata memiliki buah dan biji buah tersebut sangat ampuh digunakan untuk memutihkan gigi yang kuning. Bagaimana caranya? Langkah pertama adalah membakar biji tersebut, apabila sudah hangus, tumbuk hingga halus.

Dalam keadaan sudah dingin, gosok-gosokkan ramuan tadi ke gigi kita dengan bantuan kain katun yang lembut. Ulangi setiap seminggu sekali untuk mendapatkan gigi putih yang maksimal. Selain itu, biji buah pinang sejak lama juga dipercaya dapat membuat gigi menjadi lebih kuat.

itulah beberapa cara alami untuk memutihkan gigi dengan cepat. Setiap orang memiliki persoalan gigi kuning dengan beberapa faktor penyebab yang berbeda-beda. Hindari faktor pemicu terjadinya gigi menjadi kuning agar usaha anda untuk memutihkan gigi tidak menjadi sia-sia.

loading...