Cara Mengatasi Wajah Kusam Berminyak Dengan Mudah

Minyak berlebih di wajah akan mengakibatkan kita terlihat lebih kusam dan kurang menarik. Baik pria maupun wanita dapat mengalami permasalahan tersebut kapan saja, namun beberapa orang lainnya mengalaminya saat mereka melakukan aktivitas tertentu. Apapun pemicunya, wajah kusam berminyak dapat diatasi dengan tuntas secara mudah melalui cara-cara berikut ini:

Wajah Berminyak

1. Menggunakan Susu Dan Pisang

Perpaduan antara pisang dan susu sangat ampuh digunakan untuk mengatasi wajah berminyak. Caranya, lumatkan sebuah pisang matang dalam wadah kemudian campur dengan lima sendok makan susu cair. Gunakan bahan tersebut sebagai masker selama 30 menit. Pisang bersifat seperti spon yang akan menyerap minyak di wajah secara cepat, sementara susu bekerja memberikan nutrisi yang akan membuat wajah menjadi kencang dengan cara mengecilkan pori.

Saat pori-pori telah mengecil, maka secara otomatis produksi minyak di wajah akan berkurang. Lakukan perawatan ini secara rutin 3 hari sekali agar efek baik yang dihasilkan dapat maksimal.

2. Menggunakan Seledri Dan Bengkoang

Seledri merupakan rempah sayur yang kaya akan vitamin A, C, dan E. Vitamin-vitamin tersebut sangat syarat dibutuhkan untuk kecantikan kulit. Sementara bengkoang adalah buah yang masuk dalam keluarga polong-polongan dan terkenal ampuh digunakan untuk memutihkan kulit. Kombinasi keduanya dapat dimanfaatkan untuk mencerahkan wajah dan mengusir minyak penyebab kusam. Caranya, ambil sebuah bengkoang yang telah dikupas dan dibersihkan lalu potong kotak-kotak kecil kemudian blender atau tumbuk secara manual hingga halus.

Tambahkan beberapa helai daun seledri yang sudah dicuci, kemudian lumat secara bersamaan. Gunakan bahan campuran antara seledri dan bengkoang ini sebagai masker wajah selama setengah jam. Setelah itu, cuci wajah dengan air bersih.

3. Menggunakan Putih Telur

Tahukah anda bahwa wajah berminyak yang dibiarkan terus-menerus akan mengakibatkan timbulnya komedo berlebih terutama pada area hidung. Selain itu, kondisi kulit yang lembab dan kotor menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri p acne sang pemicu jerawat untuk berkembang biak.

Tidak perlu takut, untuk menghindari hal itu terjadi anda dapat melakukan perawatan wajah menggunakan masker putih telur. Cara membuatnya, pilih telur dengan kualitas baik. Pecahkan cangkangnya lalu ambil bagian putih telurnya saja. Putih telur adalah bagian dari isi telur yang berwarna transparan seperti air bening dan berlendir.

Gunakan putih telur tersebut sebagai masker dengan cara mengoleskan secara merata ke seluruh wajah. Hindari menggerak-gerakkan bagian wajah seperti tersenyum atau membuka mulut saat perawatan sedang berlangsung. Setelah kurang lebih 25 menit, masker akan kering. Selanjutnya, angkat masker tersebut, jika merasa kesulitan anda dapat memanfaatkan bantuan air hangat.

Lakukan penggunaan masker telur secara rutin agar kulit wajah anda senantiasa bersih dari minyak dan terhindar dari jerawat maupun komedo.

4. Menggunakan Madu Dan Lemon

Lemon dalam dunia kecantikan terkenal memiliki banyak manfaat. Karena sifatnya yang anti bacterial, lemon bisa digunakan untuk mengatasi jerawat yang disebabkan oleh propionibacterium acnes. Selain itu, lemon juga dapat digunakan untuk pencerah wajah dan pengecil pori-pori kulit. Melalui bantuan madu, kinerja lemon akan menjadi lebih baik.

Untuk memanfaatkan lemon dan madu guna menghilangkan timbunan minyak di wajah yang keluar melalui pori-pori, berikut hal-hal yang harus anda lakukan. Peras lemon ke dalam wadah. Untuk mempermudah proses pemerasan, potong sebuah jeruk lemon menjadi dua buah bagian. Setelah itu tambahkan satu sendok makan madu. Gunakan madu dan perasan lemon tersebut untuk masker muka.

Itulah beberapa cara alami yang ampuh digunakan untuk mengatasi wajah yang berminyak. Selain menggunakan tips diatas, agar wajah kusam anda kembali cerah, maka anda juga harus merawat kebersihan muka secara teratur serta menghindari stres.

loading...