Cara Menggoreng Kacang Tanah Agar Tidak Keras

Cara menggoreng kacang tanah yang salah menyebabkan kacang tidak renyah dan keras saat dimakan.

Bagi Anda yang ingin menggoreng kacang tanah baik akan dijadikan kacang bawang maupun digoreng biasa, ikuti cara menggoreng kacang tanah di bawah ini agar kacang menjadi renyah dan tidak keras.

Jemur Kacang yang Sudah Dikupas

Kita tidak pernah tahu apakah kacang yang kita beli lembab atau tidak, maka dari itu tiap kali akan menggoreng kacang tanah, jemur kacang terlebih dahulu selama 1 jam hingga kacang benar-benar kering.

Rebus Dengan Air Santan

Merebus kacang tanah dengan air santan tidak hanya akan membuat kacang menjadi renyah tetapi juga gurih, empuk dan menghilangkan kulit kacang bagian dalam.

Kulit kacang bagian dalam adalah kulit yang dapat dimakan dan ketika kacang digoreng, kulit bagian dalam tersebut akan berubah warna paling awal.

Adanya kulit bagian dalam terkadang membuat kita sering tertipu, kita menyangka bahwa kacang sudah berwarna kecokelatan lalu kita mengangkatnya. Padahal yang berwarna kecokelatan adalah warna kulit bagian dalam sementara warna kacang itu sendiri belum berubah.

Hal tersebut yang menyebabkan kacang yang digoreng ternyata masih mentah.

Goreng Dalam Minyak Mendidih

Supaya kacang tanah yang digoreng tindak gosong atau keras pastikan minyak benar-benar panas.

Gunakan api sedang agar kacang benar-benar matang. Bila api terlalu besar maka kacang akan gosong di luar dan mentah di dalam.

Selain itu minyak yang digunakan harus banyak, perbandingan minyak dengan kacang tanah adalah 1 ½ :1

Jika banyaknya kacang tanah sama dengan setengah panci, maka banyaknya minyak goreng harus lebih dari itu. Tingginya minyak goreng harus melebihi tinggi kacang agar kacang terendam semua di dalam minyak.

 

Meniriskan Minyak Sebelum Menyimpan

Hal paling penting adalah cara menyimpan kacang yang sudah matang. Banyak orang yang tidak sabar dan langsung menyimpan kacang di dalam stoples tanpa menunggu kacang kering dan dingin.

Padahal kacang yang masih banyak minyak dan masih hangat bila disimpan di wadah tertutup akan menjadi apek dan keras.

Oleh karen itu, setelah kacang matang tiriskan minyaknya hingga benar-benar kering dan biarkan kacang dingin.

Bila setelah ditiriskan dengan serok kandungan minyak pada kacang masih banyak, maka Anda bisa menyerap minyak pada kacang menggunakan tisu.

Caranya dengan meletakkan kacang yang sudah ditiriskan dengan serok ke atas tisu makan. Ingat, gunakan tisu makan, jangan sembarang tisu digunakan.

Jika tisu sudah basah oleh minyak, ganti dengan tisu baru yang masih kering hingga minyak pada kacang benar-benar hilang.

Setelah itu Anda bisa menyimpannya pada stoples.

Menaburkan Garam di Atas Kacang

Sebelum Anda menutup stoples, taburkan satu hingga dua jumput garam halus di atas kacang yang siap disimpan.

Fungsi garam tersebut agar kacang lebih tahan lama, bisa dibilang bahwa garam tersebut merupakan pengawet alami.

Lalu tutup stoples rapat-rapat, jangan lupa kocok beberapa kali hingga semua garam dan kacang tercampur rata.

Simpan di Tempat yang Kering

Langkah terakhir adalah simpan stoples berisi kacang tersebut di tempat yang kering. Usahakan jangan di ruangan ber-AC karena akan menyebabkan stoples lembab.

Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan kacang yag renyah, tidak keras dan tidak gosong maka cara menggoreng kacang tanah di atas harus Anda ikuti semua, jangan sampai ada yang terlewat.

Tinggalkan Balasan