Cara Menghilangkan Bau Sepatu & Kaki (Dijamin Berhasil)

Apakah anda saat ini sedang bingung mencari referensi cara menghilangkan bau kaki dan sepatu yang benar-benar bisa terbukti nyata dan ampuh? Apakah anda juga sudah bosan kesana-kemari membaca artikel yang hanya memberikan tips-tips tidak jelas? Stop! Jangan kemana-mana lagi karena hanya disinilah anda akan mendapatkan jawaban yang paling benar. Bau tidak sedap pada sepatu disebabkan oleh gas atau kotoran yang dikeluarkan oleh bakteri yang tumbuh subur didalamnya sehingga secara otomatis akan membuat kaki yang menggunakan sepatu tersebut juga ikut berbau.

Sepatu Bau

Jika tidak ditangani dengan cepat maka akan terjadi over populasi bakteri yang dapat membuat bau sepatu semakin bertambah parah. Inti dari penyelamatan untuk menghindari bau sepatu beraroma busuk adalah dengan cara membunuh seluruh bakteri yang ada sampai ke akar-akarnya. Berikut merupakan beberapa media yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bau tidak sedap pada sepatu hingga tuntas.

1. Menggunakan Kapur Barus

Kapur barus memiliki manfaat untuk membunuh atau mengusir organisme-organisme dalam ukuran kecil hingga besar. Pada awalnya kapur barus biasa digunakan sebagai bahan pengawet untuk mayat karena kemampuannya yang dapat menghentikan perkembangbiakan organisme bakteri pembusuk. Dalam kehidupan sehari-hari kapur barus dapat digunakan untuk mengusir ngengat, kecoa dan tikus yang berada disekitar rumah. Saat ini, tidak banyak orang yang mengetahui bahwa kapur barus juga dapat digunakan untuk mengatasi persoalan bau menyengat pada sepatu.

Selain berkhasiat sebagai pewangi, kapur barus juga mampu membunuh habis mikroorganisme penyebab bau busuk di dalam sepatu. Cara menggunakannya, haluskan kapur barus dalam ukuran lembut kemudian taburkan kedalam sepatu pada waktu malam hari sebelum digunakan untuk keesokan harinya. Penggunaan kapur barus untuk sepatu sebaiknya tidak berlebihan dan jangan terlalu sering karena bagaimanapun juga, kontak langsung dengan bahan kimia dalam jangka waktu yang lama tidaklah baik.

2. Menggunakan Etanol

Etanol atau dalam bahasa umumnya lebih sering dikenal masyarakat dengan sebutan alkohol ini merupakan disinfektan yang sangat ampuh digunakan untuk membunuh kuman dan virus dalam hitungan detik. Menimbang kemampuan etanol yang begitu cepat membasmi mikroorganisme tersebut, maka dalam hal ini etanol juga memiliki fungsi lain yang sama yaitu membunuh bakteri penyebab bau di dalam sepatu. Caranya, cari alkohol cair dengan kadar 70% di apotik terdekat kemudian masukkan ke dalam botol spray. Semprotkanlah cairan etanol atau alkohol tersebut kedalam sepatu.

3. Menggunakan Tawas

Tawas adalah kristal putih berwarna keruh yang bersifat isomorf dan tersusun dari sekelompok garam rangkap berhidrat (Al2OH). Sebagian besar orang lebih mengenal tawas sebagai bahan dasar yang biasa digunakan untuk menjernihkan air, membuat deodorant dan penghilang bau badan. Disisi lain tawas memiliki manfaat yang belum begitu banyak diketahui oleh orang yaitu sebagai antiseptik.

Melalui zat yang bersifat antiseptik tersebut, maka tawas juga masih memiliki kegunaan lainnya lagi yaitu sebagai penghilang bau busuk pada sepatu. Cara menggunakannya, tumbuk halus kristal tawas kemudian taburkan ke dalam sepatu yang berbau menyengat. Untuk mendapatkan tawas, anda dapat mencarinya di toko-toko kimia disekitar tempat tinggal anda.

4. Menggunakan Baking Soda

Baking soda merupakan bahan yang biasa digunakan untuk membuat kue agar dapat mengembang ketika dipanaskan. Komposisi baking soda terdiri dari sodium bicarbonate yang dapat digunakan untuk menetralkan bau dalam sepatu karena sifatnya yang akan bereaksi terhadap segala bentuk asam. Cara menggunakannya, taburkan secara merata baking soda bubuk ke dalam sepatu dan diamkan kurang lebih selama satu hari. Selanjutnya, sebelum sepatu siap digunakan, bersihkan baking soda yang ada didalamnya terlebih dahulu dengan cara seperti mengeluarkan pasir dari dalam sepatu.

5. Menggunakan Silika Gel

Ketika anda membeli kapsul dalam botol, tas, sandal dan sepatu, maka didalamnya biasanya anda akan menemukan bungkusan kecil. Bungkusan tersebut berisi silika gel yang berperan sebagai bahan pengawet. Silika gel merupakan suatu bahan pengawet yang biasa digunakan pada produk tertentu agar tidak mudah rusak karena meningkatnya kadar kelembapan. Silika gel umumnya berbentuk butiran-butiran halus yang terbungkus dalam kertas kain ukuran kotak kecil.

Butiran-butiran tersebut memiliki pori-pori berjumlah jutaan dan tahan serta mampu menyerap air secara otomatis untuk mengurangi kelembapan. Anda dapat memanfaatkan silika gel untuk mengurangi bau dan kelembapan di dalam sepatu yang biasa digunakan sehari-hari. Caranya, selepas anda menggunakan sepatu, selanjutnya letakkan dua bungkus silika gel ke masing-masing sepatu milik anda.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan bau sepatu yang kerap membuat kita merasa tidak percaya diri ketika melepaskan sepatu dari kedua kaki kita. Dengan adanya referensi artikel ini, semoga dapat membuat semua orang terbebas dari permasalahan bau sepatu untuk selamanya.