Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat 100% Ampuh

Menghilangkan flek hitam atau bopeng bekas jerawat lebih susah daripada menghilangkan jerawat itu sendiri. Akan tetapi, bukan berarti bekas jerawat tidak dapat dihilangkan sama sekali. Beberapa cara yang mengedepankan penggunaan bahan alami lebih kami rekomendasikan mengingat bahan alami cenderung sedikit memiliki efek samping atau bahkan tidak ada sama sekali. Beberapa bahan alami juga mempunyai khasiat yang lebih unggul daripada produk kecantikan ataupun medis dalam menghilangkan bekas jerawat yang mengganggu penampilan tersebut. Bahan-bahan alami dibawah ini memiliki manfaat yang ampuh digunakan untuk mengatasi persoalan bekas jerawat yang sulit hilang.

Bekas Jerawat Hilang

1. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya sudah ada sejak ribuan tahun silam, ditemukan pertama kali pada tahun 1500 SM di daratan Benua Afrika. Pada zaman mesir purba lidah buaya dijadikan sebagai simbol kecantikan karena kerap digunakan oleh Ratu Cleopatra untuk merawat kulitnya. Para ahli dermatologi melakukan penelitian dan menyimpulkan bahwa lidah buaya termasuk tanaman ajaib yang memiliki berbagai khasiat luar biasa bagi kulit. Kandungan lignin serta asam amino pada lidah buaya memiliki manfaat untuk mempercepat proses regenerasi kulit sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan bopeng ataupun flek hitam bekas jerawat yang mengering secara cepat.

Cara menggunakan tanaman lidah buaya untuk perawatan bekas jerawat, pilih lidah buaya yang sehat dan berkualitas baik, potong pangkalnya kemudian letakkan pada posisi berdiri selama 10 menit agar getah lidah buaya mengalir kebawah karena kontak langsung dengan getah lidah buaya akan mengakibatkan gatal-gatal pada kulit. Setelah semua getah keluar, ambil gel atau dagingnya kemudian oleskan ke bekas jerawat lalu diamkan selama 20 menit. Setelah selesai, bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini setiap hari agar bekas jerawat dapat hilang dengan cepat.

2. Jeruk Nipis

Terdapat kurang lebih 1300 jenis jeruk di dunia. Dari semua jenis yang ada, jeruk nipis merupakan satu-satunya jeruk yang memiliki manfaat paling banyak jika dibandingkan dengan yang lainnya. Hampir semua produk kecantikan kulit memiliki bahan dasar jeruk nipis didalamnya. Buah dengan nama latin citrus aurantium ini pertama kali ditemukan di daerah Asia Timur. Di dalam buah jeruk nipis terdapat senyawa AHA (Alpha Hidroxy Acids) yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat karena senyawa tersebut memiliki kemampuan untuk mengangkat sel-sel kulit yang telah mati.

Cara menggunakannya, cuci wajah atau bagian manapun yang terdapat bekas jerawat dengan air bersih. Pilih jeruk nipis yang masih segar karena jeruk yang memiliki kondisi baik mempunyai tingkat keasaman maksimal. Potong dan peras jeruk nipis untuk memperoleh sari air buah tersebut. Usapkan perasan air jeruk nipis ke bekas jerawat sehari sekali. Melakukan perawatan ini secara rutin akan membuat kulit mati terangkat dan bekas jerawat pun akhirnya menghilang.

3. Teh Hijau

Bekas jerawat yang ringan akan hilang dengan sendirinya, namun, bekas jerawat yang lebih parah memerlukan penanganan khusus agar dapat hilang dengan sempurna. Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk menangani permasalahan tersebut adalah teh hijau. Sama seperti teh-teh lainnya, teh hijau juga berasal dari Negeri Tirai Bambu atau China. Teh hijau pertama kali ditemukan tahun 2737 SM atau sekitar 5000 tahun yang lalu, tepatnya pada masa Dinasti Shennong. Teh hijau mulai populer ketika Myoan Eisai yaitu seorang biksu yang membawa teh tersebut ke Negeri Sakura. Sejak saat itulah teh hijau lebih identik atau dikenal masyarakat dunia sebagai teh Jepang.

Teh hijau diketahui memiliki kemampuan untuk menghilangkan bekas jerawat secara cepat karena mengandung EGCG (Epigallocatechin Gallate) yang mana senyawa tersebut diyakini 200 kali lebih baik daripada vitamin E. Cara memanfaatkan teh hijau untuk bekas jerawat, buatlah teh hijau kental dengan cara menyeduh teh menggunakan air panas sebanyak seperempat gelas. Setelah dingin, usapkan air teh ke bekas jerawat menggunakan kapas steril. Lakukan perawatan secara berkala untuk mendapatkan hasil berupa kulit bekas jerawat kembali bersih dan halus tanpa bekas seperti sedia kala.

4. Mentimun

Buah mentimun berasal dari daerah India bagian utara. Tidak banyak orang mengetahui manfaat tersembunyi dari buah yang masuk dalam golongan labu-labuan ini. Ahli kulit dari Nebraska, Joel Schlesinger mengatakan bahwa zat silika pada buah mentimun memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi kolagen sehingga dapat digunakan sebagai penghilang bekas jerawat. Selain itu, mentimun juga kaya akan potasium serta vitamin A dan C sehingga apabila dikonsumsi secara langsung dapat menambah daya tahan tubuh.

Untuk memanfaatkan mentimun sebagai penghilang bopeng atau flek hitam, berikut hal-hal yang dapat dilakukan. Pertama, pilih mentimun segar dan berkualitas prima. Kedua, cuci lalu kupas kulitnya menggunakan pisau yang bersih. Terakhir, haluskan dengan bantuan blender kemudian tempelkan pada bekas jerawat selama 20 menit.

5. Minyak Zaitun

Keberadaan pohon zaitun diperkirakan sudah ada sejak tahun 6000 SM. Awalnya pohon zaitun hanyalah tanaman liar yang tumbuh di hutan dan belum dibudidayakan masyarakat hingga akhirnya diketahui bahwa buah zaitun kaya akan minyak yang sangat bermanfaat. Buah zaitun yang masih muda dapat dimakan, sementara buah tua diperas dan diambil minyaknya. Minyak buah zaitun merupakan satu-satunya minyak nabati di dunia yang dapat langsung dikonsumsi setelah diperas dari buahnya.

Tidak hanya dapat digunakan untuk mengobati bekas jerawat, minyak zaitun juga memiliki manfaat luar biasa lainnya seperti mencegah penuaan dini, meredakan nyeri, mengurangi resiko kanker kulit, dll. Cara memanfaatkan minyak zaitun sebagai penghilang bekas jerawat adalah dengan cara mengusap dan memijatkannya tepat di bekas jerawat secara merata selama 5 – 10 Menit. Minyak zaitun dapat ditemukan di toko-toko kosmetik ataupun apotik terdekat.

6. Kulit Mangga

Sama seperti jeruk nipis dan strawberry, kulit mangga juga mengandung AAH atau Asam Alfa Hidroksi. AAH merupakan asam yang biasa terbentuk secara alami pada buah-buahan tertentu dan juga dapat dibuat secara sintesis oleh para ahli melalui laboratorium. AAH dalam dunia kosmetik merupakan hal yang sangat penting karena fungsinya yang unik yaitu memiliki struktur molekul kecil sehingga dapat menembus kulit. Dari dalam kulit AAH akan mengangkat sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan yang baru.

Melalui fungsi tersebut, maka dari itu kulit mangga yang kaya akan senyawa AAH sangat baik digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Cara menggunakannya, pilih buah mangga yang masih muda kemudian kupas kulitnya dengan pisau. Manfaatkan kulit mangga tersebut sebagai masker pada area bekas jerawat dengan cara menempelkannya selama 20 menit setiap hari sekali.

Itulah beberapa cara ampuh yang dapat digunakan untuk menghilangkan bopeng dan flek hitam yang diakibatkan oleh jerawat yang membekas. Cara-cara diatas akan memberikan hasil yang maksimal apabila dilakukan secara rutin karena semua hal membutuhkan waktu dan proses yang baik.

loading...