5 Trik Ampuh Menolak Teman Meminjam Uang

Terkadang kenyamanan hidup kita akan terganggu manakala salah satu atau beberapa teman kita memiliki kebiasaan meminjam uang. Beberapa orang memiliki kebiasaan meminjam uang dengan cara seolah-olah ia akan segera mengembalikan uang yang dipinjamnya tersebut, tetapi nyatanya hal itu hanyalah trik yang dilakukan agar bisa mendapatkan pinjaman dari kita dengan mudah. Giliran waktunya mengembalikan, ia tidak sportif dan memiliki seribu alasan untuk mengelak.

Teman Pinjam Uang

Selanjutnya justru kita yang harus berjuang keras untuk bisa kembali mendapatkan uang kita sendiri yang telah dipinjamnya itu. Kalau sudah begini, menyebalkan bukan? Sebelum rangkaian kejadian diatas menimpa kita maka lebih baik apabila kita sama sekali tidak meminjamkan uang kepadanya. Untuk itu, berikut adalah beberapa cara paling jitu yang dapat dimanfaatkan untuk menolak teman yang ingin meminjam uang dari kita.

1. Kenali karakternya dalam meminjam uang

Menolong teman yang sedang membutuhkan dengan cara meminjamkan uang kepadanya sebenarnya merupakan hal yang baik. Jika kamu memilih untuk tidak menolak permintaan tolongnya, maka satu hal yang perlu kamu lakukan, yaitu ketahui bagaimana karakternya dalam meminjam uang. Apakah ia tergolong orang yang tepat waktu atau justru sulit dalam membayar? Jika ia memiliki kebiasaan yang sportif dalam mengembalikan pinjamannya, maka tidak ada salahnya kamu mencoba memberi sedikit bantuan kepadanya. Namun, jika ia tergolong orang yang rumit maka dengan tegas katakanlah bahwa kamu saat ini sedang tidak memilikinya.

2. Katakan bahwa kamu tidak punya uang

Jangan terlalu terbuka kepada siapapun mengenai berapa banyak jumlah uang yang kamu miliki. Hal ini bertujuan agar ketika ada teman yang berusaha meminjam uang darimu maka kamu bisa menggunakan alasan bahwa kamu saat ini sedang tidak memiliki uang sedikitpun. Berbeda halnya jika temanmu sudah mengetahui bahwa kamu sebenarnya memilikinya, maka dengan demikian kamu tidak akan bisa lagi menggunakan alasan ini untuk menolak ia meminjam uang darimu. Apabila ia tidak mempercayai jika kamu tidak memiliki uang, maka carilah alasan lagi tentang kemana saja uangmu itu pergi. Misalnya, habis untuk membayar kreditan, digunakan untuk mentransfer saudara, dll.

3. Ciptakan kondisi dimana kamu terlihat selalu bokek

Buatlah suatu keadaan dimana seolah-olah kamu selalu terlihat seperti orang yang tidak pernah punya uang. Misalnya sering-seringlah mengeluhkan keadaanmu yang harus bayar ini atau itu sementara uang yang harus digunakan sama sekali tidak ada. Maaf, ini hanyalah salah satu sandiwara agar orang-orang berjiwa ruwet tidak mendekati kamu. Nyatanya biasanya usaha ini cukup berhasil untuk menjauhkan diri dari masalah hutang piutang dengan teman sehingga hubungan kamu dengan mereka tetap baik, disisi lain kamu juga tidak akan kehilangan uangmu.

4. Bilang jika kamu juga sedang membutuhkan uang pinjaman

Berpura-pura sedang berada dalam kondisi terdesak merupakan salah satu cara ampuh untuk menghadapi orang yang suka ngutang. Sebelum teman kamu datang melakukan aksi ngutangnya, maka kamu harus sudah menyiapkan karangan cerita tentang keadaan keuanganmu yang lagi memburuk. Jadi, ketika ia datang menemui kamu maka langsung saja suguhkanlah sebuah curhatan tentang keadaanmu yang penuh kebingungan karena saat ini tidak memiliki uang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bila perlu tanyakan balik kepada teman kamu, apakah ia memiliki sedikit uang yang dapat dipinjamkan kepadamu.

5. Menghindari berteman dengannya

Mempunyai teman yang memiliki kebiasaan meminjam uang memang membuat kita merasa jengkel. Namun entah bagaimana ceritanya, terkadang kita masih saja terus merasa sulit untuk menolak permintaannya. Jika kamu termasuk orang yang tidak bisa tegas dalam menghadapi teman dengan karakter seperti ini, maka jalan keluarnya adalah lebih baik tidak pernah berteman dengannya. Menjauhlah! Hindari berteman dengan orang-orang seperti itu karena kamu tidak akan mendapatkan keuntungan apapun selain hanya rugi dan terus merugi. Ingat! Teman itu saling berbagi, kalau dia hanya memanfaatkan kamu disaat ada perlunya saja, itu artinya ia bukanlah seorang teman.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menolak teman yang mengganggu kenyamanan hidupmu karena kebiasaannya yang terus-menerus meminjam uang. Lebih baik memiliki sedikit teman tetapi mampu bersikap seperti layaknya sahabat baik, daripada memiliki banyak teman tetapi mereka justru membuat hidup kamu semakin berantakan.