Inilah Cara Mudah Menghilangkan Ketombe Yang Membandel

Pada umumnya orang-orang menganggap ketombe sebagai serpihan atau sisik kulit kepala yang terkelupas, namun menurut ahli dermatologi ketombe tidak sesederhana itu. Para ahli mengemukakan jika ketombe berawal dari sebum atau minyak pada kulit kepala yang dimakan oleh organisme kecil yang disebut Malassezia Globosa dan akhirnya tubuh kita meresponnya dengan mempercepat siklus pelepasan sel-sel kulit lalu jadilah ketombe yang meriah di kepala.

Ketombe Membandel

Selain keberadaan ketombe mengganggu penampilan, pada kebanyakan orang yang sensitif terhadap mikro organisme Malassezia Globosa tersebut, maka mereka juga akan merasakan gejala lainnya seperti kulit kepala terasa gatal, kencang ataupun kering. Jangan mudah percaya iklan shampo atau pendapat orang tentang ketombe karena faktanya ketombe muncul dari hal-hal yang telah disebutkan tadi, bukan dari jamur, kutu rambut, kepanasan, dsb.

Setelah kita tahu penyebab dari kemunculan ketombe, maka akan lebih mudah bagi kita untuk menuntaskan permasalahan langsung dari akarnya, yaitu dengan membasmi mikro organisme Malassezia Globosa itu sendiri. Lalu bagaimana caranya? Menghilangkan ketombe sebenarnya bukanlah perkara yang sulit, yaitu dengan menggunakan secara rutin produk shampo yang memiliki zat anti Malassezia Globosa yang disebut ZPT atau Zinc Pyrithione.

Carilah shampo yang memiliki komposisi zat ZPT dengan melihat label yang tertulis di kemasannya. Shampo yang menggunakan bahan tersebut saat ini bahkan telah banyak beredar di pasaran dan kita pun bisa mendapatkannya dengan mudah. Dengan menggunakan shampo berbahan Zinc Pyrithione secara teratur maka mikro organisme Malassezia Globosa dengan sendirinya akan lenyap dan itu artinya ketombe di kepala pun juga akan menghilang.

Tips Menjaga Ketombe Tidak Kembali Lagi:

1. Hindari Stres

Saat stres tubuh kita akan mengeluarkan minyak. Selain minyak tersebut dapat mengakibatkan jerawat namun itu juga bisa membuat kulit kepala berketombe. Hal ini terjadi karena mata rantai organisme Malassezia Globosa membutuhkan minyak sebagai makanan untuk bisa bertahan hidup.

2. Menjaga Kebersihan Rambut

Dengan mengkondisikan kulit kepala dan rambut selalu dalam keadaan bersih, maka dapat membuat organisme jahat merasa tidak nyaman meninggali daerah tersebut.

3. Gunakan Shampo Khusus

Jalan terbaik untuk memerangi ketombe agar tidak kembali lagi selamanya adalah dengan menggunakan shampo yang didalamnya mengandung Zinc Pyrithione pada setiap kali keramas.

Itulah tips cara menghilangkan ketombe dengan mudah yang telah kami rangkum sedemikian rupa agar mudah dipahami oleh semua pembaca. Ketombe merupakan permasalahan klasik yang sangat mengganggu, namun sebenarnya jika kita sigap dalam mengatasinya maka hal itu bukanlah hal yang sulit untuk dihilangkan.