Cara Mengkilapkan Ban Kusam Dengan Mudah

Sepertinya hal ini adalah sebuah dilema bagi para pemilik kendaraan. Bagaimana tidak, ketika sedang asyik-asyiknya memandang keindahan kendaraan kesayangan, tiba-tiba merasa ada yang janggal. Body kendaraan sudah kinclong, giliran pandangan diarahkan kebawah, ternyata ada sesuatu yang mengganggu penglihatan, bukan karena ada masalah dengan mata tapi memang ban kendaraannya yang kusam. Meski sudah dicuci bersih, saat kering nanti, ban biasanya tetap akan kembali terlihat kusam. Kalau sudah begini, bagaimana mau bergaya?

Ban Kendaraan

Ban merupakan komponen penting sekaligus bagian dari sebuah kendaraan. Keberadaannya yang besar membuat penampilannya begitu mencolok. Jika ban kendaraan anda terlihat kusam, maka akan mempengaruhi estetika penampilan kendaraan secara keseluruhan. Untuk mengatasi hal itu, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Tanpa menunggu lama, inilah tips mengkilapkan ban dengan mudah yang sudah kami rangkum khusus untuk anda.

A). Menggunakan Minuman Bersoda

1. Pertama, cuci ban kendaraan anda seperti biasanya. Untuk menghilangkan bekas noda seperti minyak, percikan oli atau kotoran sejenis, anda dapat menggunakan bantuan sabun yang biasa digunakan untuk mencuci body kendaraan.

2. Kedua, keringkan ban setelah dicuci. Agar mendapatkan hasil lebih maksimal, sebelum masuk ke tahap tiga, ada baiknya anda memastikan bahwa ban yang telah dicuci tadi berada dalam keadaan kering.Untuk mempercepat proses pengeringan, anda diijinkan mengelap ban tersebut.

3. Ketiga, usap ban dengan minuman bersoda. Carilah minuman bersoda di warung atau toko-toko terdekat. Ya benar, anda tidak salah dengar karena yang kita butuhkan memang itu. Berikutnya, setelah anda mendapatkan minuman tersebut, segera tuangkan ke dalam wadah. Dengan bantuan lap yang bersih, usapkanlah air soda tersebut secara merata ke seluruh bagian ban kendaraan anda. Tunggu hingga kering dan lihat hasilnya.

B). Menggunakan Silikon Cair

Silikon cair merupakan salah satu bahan dasar yang digunakan untuk membuat semir ban. Pada umumnya di pasaran, semir ban paling banyak berbentuk cair. Karena harga silikon cair yang mahal, biasanya ada campuran lain yang digunakan bersamanya. Tanpa campuran bahan lain, penggunaan 100% silikon cair murni akan menciptakan semir ban dengan kualitas ‘super’, akan tetapi tentu saja berat di ongkos.

Untuk membuat semir ban cair sendiri yang lebih terjangkau, maka kita perlu menambahkan bahan lain yaitu turpentine cair. Harga turpentine kurang lebih 1/6 dari harga silikon. Berikut adalah perbandingan pencampuran larutannya: turpentine (70%) dan silikon (30%). Cara kerja larutan ini pada dasarnya adalah melapisi ban secara tipis, kuat dan tahan air sehingga akan membuat ban tampak mengkilap dan terlihat seperti baru. Menyemir ban menggunakan larutan ini membutuhkan bantuan sebuah kuas cat yang bersih.

Sebagai alternatif untuk membuat semir ban dengan modal sangat ekonomis, bahkan anda dapat hanya menggunakan turpentine saja, akan tetapi, tentu kualitas yang anda dapatkan tak sebaik bila dicampur dengan silikon cair.

C). Menggunakan Semir Pabrikan

Beberapa orang mungkin tidak tertarik untuk berkreasi sendiri dan lebih memilih menggunakan barang atau produk pabrikan. Jika anda adalah salah satunya, mungkin membeli semir ban di supermarket atau bengkel-bengkel terdekat merupakan hal yang paling baik. Jangan khawatir, produk tersebut saat ini dapat dengan mudah ditemukan di pasaran.

Itulah beberapa tips mudah mengembalikan ban kusam menjadi hitam mengkilap seperti baru. Ketiga cara diatas telah kami praktekkan sendiri dan hasilnya cukup memuaskan. Selamat mencoba..