Cara Naik Lift Yang Baik dan Benar (Disertai Gambar)

Lift adalah alat angkut yang berjalan secara vertikal yaitu naik dan turun atau sebaliknya. Di dalam lift terdapat beberapa tombol panel yang bisa digunakan untuk menentukan di lantai berapa kita akan berhenti. Nanti kami akan menjelaskan satu per satu fungsi dari tombol tersebut. Namun sebelumnya, simak terlebih dahulu bagaimana aturan atau etika pada saat kita akan atau sedang menggunakan lift.

1. Dahulukan Yang Akan Keluar

Pada saat lift berhenti dan pintu terbuka, lihatlah apa ada orang yang akan keluar, jika ada biarkanlah mereka keluar terlebih dahulu, setelah itu barulah anda masuk. Bisa dibayangkan bukan, jika mereka yang akan keluar dan masuk saling berebut jalan. Ketahuan deh kalau kita orang yang belum pernah naik lift sebelumya.

2. Jangan Menyalakan Rokok

Jangan sekali-kali anda menyalakan api rokok di dalam sebuah lift karena hal ini sangat mengganggu pengguna yang lain, belum lagi jika asap tersebut tercium alat pendeteksi kebakaran dan akhirnya membuat alarm berbunyi, bisa bikin heboh orang satu gedung tentunya.

3. Dilarang Membuat Kegaduhan

Pada saat berada di lift, usahakan anda tidak membelakangi pintu dan tidak membuat kegaduhan. Tetaplah tenang, meskipun boleh jadi anda sedang merasa kagum melihat pemandangan diluar lift ataupun sebaliknya anda merasa takut berada di ruangan tersebut. Intinya jangan membuat kegaduhan apa pun dengan menenangkan diri karena semua akan baik-baik saja.

4. Keluar Jika Terjadi Overload

Sebuah lift memiliki pengaturan otomatis yang mana ia tidak akan berjalan jika terjadi overload atau kelebihan beban. Overload biasanya ditandai dengan pintu lift tidak mau menutup. Jika terjadi hal semacam ini, maka orang yang terakhir masuk wajib keluar untuk mengurangi beban. Setiap lift memiliki kapasitas beban yang berbeda, namun rata-rata ia hanya mampu menampung beban 13 orang.

Itulah tadi beberapa etika yang sebaiknya anda ketahui sebelum memutuskan untuk mencoba menggunakan sebuah lift dimanapun itu. Langkah selanjutnya, kami akan berbagi bagaimana cara naik atau menggunakan lift dengan benar.

Sebagai gambaran, mari kita berangan dengan memposisikan diri sedang berada di lantai 5 sebuah gedung berlantai sepuluh dan saat ini kita memiliki tujuan untuk turun ke lantai 1 karena ingin pulang ke rumah.

1. Ketahui Posisi Lift Berada

Ketahui Posisi Lift Berada

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengetahui posisi dimana lift tersebut berada dengan cara melihat nomorator menyala yang berada diatas pintu luar sebuah lift. Jika angka 9 menyala, berarti lift tersebut sedang berada di lantai 9.

2. Tekan Tombol Panah Turun

Tekan Tombol Panah Turun

Setelah anda mengetahui posisi lift tersebut berada, selanjutnya anda harus menekan tombol panah turun yang berada diluar pintu lift hingga tombol tersebut menyala. Tombol panah tadi ada dua jenis, satu mengarah ke atas dan satunya lagi mengarah ke bawah.

Mengapa anda harus menekan tombol panah yang mengarah ke bawah? Jawabannya adalah jika anda tidak menekannya, maka lift yang tadi berada di lantai 9 tersebut akan turun terus dan tidak akan berhenti di lantai 5 tempat anda saat ini berdiri. Jadi anda wajib menekan tombol tadi.

Lalu, jika lift tersebut telah berhenti di lantai 5, maka secara otomatis pintu akan terbuka, saatnya bagi anda untuk masuk. Setelah anda berada di dalam, jangan lupa untuk menekan tombol ‘Close’ sebagai cara menutup pintu. Namun jika anda tidak menekannya, maka pintu tetap akan menutup sendiri secara otomatis.

Sedikit pengetahuan tambahan, jika tubuh anda masuk sebagian namun pintu sudah menutup sehingga mengenai tubuh anda, maka sensor akan memberikan perintah untuk membuka pintu lift kembali, jadi anda tidak perlu kaget atau takut terjepit. Lift tidak akan mau berjalan bila mengetahui pintu belum menutup secara sempurna.

3. Pilih Lantai Yang Dituju

Pilih Lantai Yang Dituju

Saat anda berada di dalam lift, maka anda akan melihat deretan angka 1 – 10 di sebelah kanan pintu lift bagian dalam jika gedung tersebut berjumlah 10 lantai. Segera pencet tombol angka 1 hingga tombol tersebut menyala. Seusai melakukannya anda boleh bersantai sejenak hingga lift mendarat di lantai satu. Tepat setelah lift berada di lantai yang kita tuju, pintu akan segera terbuka sendiri secara otomatis, silahkan anda boleh keluar.

Untuk naik lift dari lantai 1 (dasar) menuju ke atas caranya tidak jauh berbeda, berikut penjelasan singkatnya:

1. Ketahui keberadaan lift.
2. Tekan tombol panah naik. Pada lantai paling bawah hanya terdapat satu tombol saja, yaitu tombol arah panah ke atas.
3. Pilih lantai yang ingin anda tuju.

Itulah tutorial cara menggunakan lift yang kami tulis khusus untuk anda, semoga bisa membantu dan memberi manfaat.

loading...