Cinta Monyet: Pengertian, Ciri-Ciri & Siapa Saja Yang Mengalaminya

Apa itu cinta monyet? Mengapa istilah cinta monyet bisa muncul? Lalu, apa yang membedakan cinta monyet dengan cinta lainnya? Sederet pertanyaan tersebut pastinya sempat terpikirkan oleh beberapa orang dan mungkin kamu adalah salah satunya. Jangan khawatir, rasa penasaran kamu akan terjawab karena semua hal tentang cinta monyet akan kami kupas hingga tuntas disini.

Cinta Monyet

Pengertian Cinta Monyet

Cinta monyet merupakan suatu hubungan cinta kasih yang terjadi pada masa kanak-kanak. Anak-anak yang mengalami cinta semacam ini umumnya adalah anak usia sekolah dasar dan menengah. Istilah cinta monyet secara analogi tidak ada hubungannya dengan nama binatang tersebut, sama seperti halnya istilah buaya darat bagi laki-laki yang suka mempermainkan seorang wanita.

Ciri-Ciri Cinta Monyet

Seseorang yang sedang mengalami cinta monyet memiliki beberapa ciri khas tertentu, serperti apakah ciri-cirinya? Untuk mengetahui apakah cinta yang sedang kamu alami termasuk dalam cinta jenis ini atau tidak maka berikut beberapa ciri cinta monyet yang perlu kamu ketahui.

1. Jantung berdebar-debar ketika namanya disebut

Cinta monyet dialami oleh anak-anak yang masih baru dalam mengenal dunia cinta. Tidak heran jika semua tahapan belajar memadu kasih ada di masa cinta monyet ini. Anak-anak yang mengalami cinta monyet biasanya belum mampu mengendalikan perasaan cintanya dengan baik. Alhasil, justru perasaan cinta mereka sendirilah yang menguasai diri mereka. Salah satu contoh paling umum bahwa kamu termasuk anak-anak yang masih berada dalam masa cinta monyet adalah adanya perasaan nervous yang berlebihan, bahkan hanya dengan mendengar nama orang yang kamu sukai disebut saja maka jantung bisa berdebar kencang tak menentu.

2. Hanya luapan emosi cinta sesaat dan belum memikirkan apa itu masa depan bersama

Ada berbagai tahapan cinta yang dialami oleh seseorang dan cinta monyet merupakan salah satu tahapan paling awal dari semua tahapan tersebut. Setiap tahapan cinta jelas memiliki aneka ragam perbedaan yang mendasar. Perbedaan cinta monyet dengan cinta lainnya adalah cinta monyet cenderung mengedepankan sisi ketertarikan secara emosional seperti cinta atas dasar suka sama suka. Untuk itu, ketika mendapatkan pertanyaan ‘mengapa kamu suka padanya?’ maka seseorang yang sedang menjalani cinta monyet jelas tidak akan dapat menjawabnya karena yang ada di pikirannya hanyalah ‘aku suka padanya’ itu saja.

3. Merasa malu dan wajah memerah saat bertemu

Ketika tubuh seseorang belum benar-benar siap untuk menerima kehadiran sebuah cinta maka yang terjadi biasanya ia akan bersikap aneh saat berada di depan orang yang disukainya. Contoh perilaku aneh tersebut misalnya tiba-tiba wajah menjadi merah karena perasaan malu ketika berhadapan dengan orang yang disukai. Hal ini sebenarnya sesuatu yang wajar karena memang setiap orang mengalami hal seperti itu ketika pertama kali mengenal cinta. Jadi, cobalah untuk tidak menyesali kesalahan-kesalahan yang kamu perbuat dengan cara tetap memaafkan diri karena pada akhirnya cinta tetap akan indah.

4. Lidah kelu, mulut tak bisa bicara & seketika kehilangan bahan obrolan

Jangan menampik suatu kebenaran bahwa cinta itu faktanya memiliki efek yang sangat kuat. Bahkan kehadirannya dapat membuat seseorang kehilangan akal sehatnya. Cinta dapat membuat orang menjadi bahagia luar biasa atau justru sebaliknya yaitu sakit tak terkira. Mengendalikan cinta itu butuh latihan dan juga harus dapat memahami kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan sebelumnya agar selanjutnya semua hal dapat berjalan sesuai kendali. Jika tidak, ketika berhadapan dengan orang yang dicintai bisa saja seseorang menjadi tidak dapat berbicara sama sekali karena lidah terasa kelu atau seketika itu tiba-tiba kehilangan ide untuk membuka obrolan bersama.

5. Saat putus, dunia serasa kiamat

Mengalami putus bisa menjadi pengalaman pahit yang tidak terlupakan bagi seseorang yang sedang menjalani cinta monyet. Hati sedih tak terkira seakan langit runtuh menimpa dan lautan meluap menjadi linangan air mata yang tidak dapat dibendung merupakan hal yang dirasakan olehnya. Hanya hati yang sakit namun hal itu membuat seluruh tubuh juga merasakan hal yang sama. Tidak ada ungkapan lain yang sesuai dengan suasana hati cinta monyet yang sedang mengalami putus cinta selain kata dunia sedang kiamat.

Itulah beberapa hal seputar cinta monyet yang perlu kamu ketahui sebagai referensi untuk memahami apakah diri kamu termasuk seseorang yang tergolong dalam masa cinta ini atau tidak? Cinta monyet sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cinta lainnya, hanya saja cinta monyet cenderung lebih sering dialami oleh anak-anak yang masih baru dalam mengenal arti sebuah cinta.

loading...