Ini Alasan Suami Selingkuh Meski Memiliki Istri Sempurna

Menurut pakar dan psikolog pendamping permasalahan rumah tangga, Bernard Adelrich, seperti dilansir dari sebuah jurnal yang diterbitkan pada AMP di Berlin, ia mengatakan bahwa pola pikir pria tidak sama dengan wanita karena pria cenderung haus akan keingintahuan dan selalu merasa harus mencoba hal-hal baru. Itulah yang menjadi penyebab utama kenapa suami masih tetap selingkuh meski ia telah memiliki istri yang cantik, baik dan bahkan sempurna.

Perselingkuhan Suami

Masih menurut Bernard, dari pengalamannya sebagai konsultan rumah tangga, selain hal diatas masih ada beberapa penyebab lain yang dapat berpotensi memicu suami untuk melakukan tindakan perselingkuhan, diantaranya yaitu:

1. Iman Yang Lemah

Takut terhadap dosa merupakan hal yang dapat mendorong suami untuk menjauhkan diri dari tindakan tidak terpuji. Percaya bahwa Yang Maha Kuasa selalu mengawasi perilaku seseorang akan membuatnya takut untuk berbuat selingkuh. Namun cerita akan menjadi berbeda apabila suami memiliki iman yang lemah. Tanpa berpegang teguh terhadap norma agama, maka seseorang dapat melakukan hal apa pun dengan tidak terkontrol.

2. Tidak Bisa Mengendalikan Diri

Kendali terhadap diri merupakan kunci penting bagaimana seorang pria dapat terhindar dari jerat tali perselingkuhan. Faktor ini hanya bisa muncul apabila pria bersangkutan memiliki niat baik untuk bisa menjadi manusia yang mau berjalan secara lurus di jalan yang benar. Iktikad semacam ini hanya bisa dilakukan oleh para pria yang memang dengan sadar dan tanpa pengaruh apa pun ingin membuat pasangannya jauh dari perasaan tersakiti dan selalu merasa bahagia setiap waktu.

3. Pengaruh Dari Lingkungan

Lingkungan membentuk pola pikir, kebiasaan dan juga cara pandang seseorang. Saat seorang suami berada di lingkungan orang-orang yang beranggapan bahwa perselingkuhan adalah hal yang wajar terjadi, maka lama kelamaan dirinya juga akan meyakini hal yang sama. Begitu pula dengan cara mengatasi permasalahan rumah tangga dengan jalan berselingkuh, maka tidak menutup kemungkinan ia pun juga akan menggunakan cara yang sama seperti apa yang ia lihat di lingkungannya ketika mendapatkan masalah di rumah tangganya.

4. Hubungan Tidak Harmonis

Hubungan yang kurang harmonis dapat membuat suami memilih jalan menjalin asmara dengan wanita lain sebagai bentuk pelarian dari rasa tidak nyaman berhubungan bersama pasangannya. Akan tetapi, hal ini bukan berarti bahwa selalu akan ada tindakan perselingkuhan yang dilakukan oleh suami ketika rumah tangganya tidak bahagia. Selingkuh itu pilihan dan tidak semua pria memilih cara tersebut untuk mencari jalan pintas dari kebuntuan persoalan rumah tangga yang dihadapinya.

5. Persahabatan Yang Berkembang

Sahabat berarti teman dekat dan persahabatan antara pria dan wanita biasanya akan berakhir dengan cinta. Hal tersebut tidak akan menjadi masalah apabila masing-masing pihak memiliki status single. Namun masalah akan muncul manakala salah satu atau bahkan keduanya telah memiliki pasangan masing-masing. Ketika ada persoalan rumah tangga, umumnya pria lebih memilih menceritakan masalah yang dihadapinya kepada sahabat terdekatnya. Perselingkuhan menjadi rawan terjadi saat sahabatnya adalah lawan jenis yang mau mendengarkan keluh kesahnya dan dapat lebih memahami serta mengerti isi hatinya dibandingkan dengan pasangannya sendiri.

6. Terlalu Mendapatkan Kebebasan

Sikap terlalu mengekang di dalam sebuah hubungan akan memberikan dampak seolah pasangan tidak mendapatkan kepercayaan. Namun demikian, sikap protektif tidak selalu akan memberikan dampak negatif karena faktanya pasangan yang terlalu mendapatkan kebebasan justru berpotensi lebih besar untuk melakukan tindak perselingkuhan. Seorang suami boleh mendapatkan kebebasan namun harus disertai dengan batasan-batasan tertentu.

7. Kurangnya Komunikasi Intens

Kehangatan dalam bercengkrama terkadang menjadi sesuatu yang perlu ada pada sebuah hubungan karena hal itu dapat membuat kedua pasangan merasa saling dekat. Begitupun sebaliknya, kurangnya komunikasi yang intens akan membuat hubungan seseorang kian terasa jauh dan dapat membuka lebar peluang selingkuh hati yang kemudian lama-kelamaan berlanjut kepada selingkuh fisik.

Itulah beberapa alasan yang menjadi penyebab utama suami selingkuh. Perselingkuhan yang dilakukan pasangan dapat dicegah apabila kita bisa mengidentifikasinya sedini mungkin. Jadi, mulai saat ini cobalah untuk lebih peduli dengan aktivitas yang dilakukan oleh suami.

loading...