Inilah Bahasa Tubuh Orang Sedang Berbohong

Bohong artinya tidak mengatakan yang sebenarnya dengan jujur. Ada berbagai alasan yang membuat orang berbohong, bisa jadi karena takut atau justru bohong sudah menjadi kebiasaannya. Apapun alasannya, setiap orang pastinya tidak suka dibohongi karena rasanya menyebalkan.

Orang Berbohong

Agar tidak terus-menerus menjadi korban para pembohong, yuk kita cari tahu melalui bahasa tubuh mereka orang yang sedang membohongi kita.

1. Bicara Berlebihan

Ketika seseorang sedang berbohong, hal pertama yang paling ia takutkan adalah kebohongan tersebut diketahui atau terungkap. Untuk itu, ia akan berusaha menutupi kebohongannya dengan mengatakan sesuatu yang berlebihan serta tidak fokus terhadap topik yang sedang dibicarakan. Alhasil, hal-hal ganjil dan informasi tidak penting kerap keluar dari mulutnya.

2. Menyentuh Bibir, Telinga, atau Hidung

Ketika berbohong, hati kecil seseorang akan merasa bersalah sehingga tanpa disadari ia berusaha menutupi kesalahannya itu dengan cara menyentuh bagian tubuh seperti bibir, hidung serta telinganya. Perhatikan lawan bicara kamu ketika ia mengungkapkan sesuatu, apakah kerap menyentuh bagian tubuh tadi? Jika iya, kemungkinan ia sedang berbohong dengan apa yang sedang diucapkannya.

3. Menatap tajam

Jangan salah, tatapan tajam orang yang sedang berbicara dengan kamu bukan berarti ia sedang mengatakan sesuatu yang serius. Bisa jadi tanpa sengaja ia sedang mengintervensi dan memaksa supaya kamu percaya dengan kebohongan yang diucapkannya. Tatapan wajah pembicaraan serius dengan wajah tegang dari orang yang sedang berbohong tidak terlalu sulit untuk dibedakan.

4. Menggoyangkan Kaki

Dalam hal berbohong, seorang laki-laki lebih ‘payah’ ketimbang perempuan. Mimik wajah grogi kerap lebih mudah ditemui pada sebagian kaum adam ini ketika mereka berkata tidak jujur. Namun hal yang biasanya terjadi baik pada laki-laki maupun perempuan yang sedang berbohong adalah menggoyang-goyangkan kakinya karena hatinya merasa resah dan panik.

5. Menyibukkan Diri

Secara cepat dan tiba-tiba lawan bicara bertingkah aneh seperti minum air secara berulang-ulang atau merasa canggung kemudian mengambil handphonenya itu merupakan pertanda ia sedang cemas setelah mengucapkan kata bohong. Gerakan-gerakan tidak wajar tersebut untuk mengalihkan perasaan grogi yang ada di hatinya.

Itulah beberapa bahasa tubuh yang umumnya keluar dari orang yang sedang membohongi kita. Selalu perhatikan tubuh lawan bicara ketika ia mengatakan sesuatu, karena dengan begitu, kita bisa menilai apa yang ia ucapkan jujur atau tidak.