Inilah Cara Menghilangkan Cegukan Paling Efektif

Cegukan terjadi karena adanya kontraksi pada otot diafragma sehingga mengakibatkan pita suara mengejang dan akhirnya keluarlah bunyi ‘hiccups’. Otot diafragma merupakan membran otot yang berfungsi untuk memisahkan rongga dada dengan rongga perut. Ada berbagai macam hal yang dapat menyebabkan organ diafragma mengalami kontraksi, diantaranya adalah makan tergesa-gesa, gangguan metabolisme, reaksi emosional, mengkonsumsi obat-obatan tertentu dan masih banyak lagi penyebab lainnya.

Proses Terjadinya Cegukan

Dalam istilah medis cegukan disebut dengan singultus. Jika saat ini anda sedang mengalami permasalahan tersebut, berikut adalah beberapa cara paling efektif untuk mengatasinya:

1. Menggunakan Teknik Menahan Nafas

Ini adalah trik favorit banyak orang ketika mereka merasa kesal karena cegukan tak kunjung berhenti mengganggu aktivitas. Dengan menggunakan trik ini, banyak orang telah berhasil menyingkirkan cegukan dalam waktu yang relatif singkat. Penasaran bagaimana teknik ini bekerja? Simak penjelasan berikut;

Awali dengan menahan cegukan agar tidak muncul kemudian lakukan beberapa hal ini. Pertama, ambil nafas yang panjang dan dalam sehingga paru-paru anda benar-benar terisi penuh oleh udara. Kedua, tahan nafas kurang lebih selama 10 detik. Ketiga, hembuskanlah nafas sampai seluruh isi udara di dalam paru-paru habis. Keempat, ulangi teknik pernafasan tersebut sebanyak tiga kali berturut-turut.

2. Minum Air Sambil Menutup Hidung atau Telinga

Dikutip dari halaman situs medicaldaily, seorang dokter bernama Ronald Goldstein mengungkapkan bahwa saraf vagus manusia bercabang hingga hidung dan telinga, sehingga meminum air disertai melakukan rangsangan pada area tersebut dapat membuat seseorang berhenti dari cegukan. Vagus sendiri merupakan organ tubuh yang paling bertanggung jawab dalam proses menelan dan berbicara.

Untuk menghilangkan cegukan menggunakan cara ini, berikut beberapa hal yang harus anda lakukan; minumlah satu gelas penuh air putih ‘sampai habis’ dan dalam waktu yang bersamaan tutuplah hidung atau telinga anda dengan tangan. Teknik ini akan berfungsi lebih baik apabila anda menggunakan air yang dingin.

3. Meniup Balon Sambil Tidur Berbaring

Meniup balon sambil berbaring merupakan salah satu usaha untuk membuat otot diafragma kembali normal dari gangguan kontraksi. Diafragma merupakan organ tubuh berupa kubah otot yang memiliki fungsi utama untuk menarik dan mengeluarkan udara dari dalam paru-paru. Fungsi lain dari diafragma adalah untuk mengendalikan tekanan di kerongkongan atau vagus agar tetap stabil.

Gangguan pada otot diafragma juga akan mengakibatkan kerongkongan ikut terganggu dan akhirnya timbulah keluhan cegukan. Upaya meniup balon dengan cara berbaring merupakan bagian dari teknik pengendalian pernafasan diafragma karena saat berdiri manusia bernafas menggunakan rongga dadanya sementara saat tidur manusia bernafas dengan diafragmanya.

Itulah beberapa cara paling efektif untuk mengatasi cegukan dalam kapasitas ringan hingga yang membandel terjadi secara terus-menerus selama berhari-hari. Rekomendasi untuk anda yang mengalami cegukan dengan tingkat sedang sampai berat maka tips pada poin pertama diatas merupakan cara terbaik yang harus anda coba.

Cegukan jarang berlanjut menjadi persoalan medis serius. Sebagian besar orang yang mengalami cegukan, akhirnya mereka dapat sembuh dengan sendirinya meski tanpa melakukan tindakan apa pun. Namun, beberapa orang juga dapat mengalami cegukan dalam waktu yang relatif lama.

Guinness World Records mencatat bahwa cegukan terlama dialami oleh Charles Osborne selama 68 tahun yaitu pada tahun 1922 – 1990. Selama waktu tersebut, pria berkebangsaan USA itu setiap 10 detik sekali mengeluarkan bunyi ‘hiks’.