Penyebab & Cara Mengatasi Susah Tidur Malam (Insomnia)

Apakah anda saat ini sedang memiliki masalah berupa susah tidur terutama pada waktu malam hari? Istilah permasalahan anda ini disebut dengan insomnia. Insomnia dapat terjadi pada siapa pun dan banyak sekali orang-orang yang merasa terganggu terhadapnya. Setiap orang harus mendapatkan waktu tidur yang cukup, jika tidak, kesehatan kita pun akan terganggu. Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi insomnia, ada baiknya jika kita tahu apa yang menjadi penyebabnya.

Susah Tidur

Beberapa penyebab susah tidur adalah:

1. Meningkatnya perasaan tegang, cemas dan stress yang terjadi pada seseorang.
2. Kondisi lingkungan yang tidak nyaman, misalnya terlalu bising atau sebaliknya yaitu terlalu sepi yang mengakibatkan orang-orang tertentu merasa ketakutan.
3. Penyakit yang mengganggu kualitas tidur seperti asma, sering kencing, dll.
4. Perubahan gaya hidup, termasuk dalam hal ini adalah penggunaan gadget yang berlebihan.
5. Pola hidup tidak tepat, semisal kebiasaan mengkonsumsi minuman kopi disaat menjelang tidur.
6. Rasa lapar yang terjadi pada malam hari karena pola makan tidak teratur.
7. Badan terlalu capek.

Setelah mengetahui beberapa penyebab umum insomnia, kini saatnya bagi anda untuk mengetahui cara mengatasinya. Berikut penjelasan lengkap yang telah kami rangkum:

1. Insomnia Karena Stress Atau Tegang

Lakukanlah kegiatan yang menurut anda menyenangkan untuk mengurangi perasaan stress yang saat ini melanda. Perlu diperhatikan bahwa kegiatan yang anda lakukan sebaiknya adalah sebuah aktivitas yang sehat, misalnya jalan-jalan atau rekreasi pada saat liburan. Kegiatan lain yang juga tidak kalah seru adalah menyalurkan hobi, berolahraga dan bernyanyi.

2. Insomnia Karena Kebisingan Lingkungan

Agar bisa tidur, sebagian orang merasa harus berada pada situasi yang nyaman terlebih dahulu, namun keadaan terkadang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Untuk mensiasati persoalan ini, anda dapat menimpalinya dengan memutar alunan lagu sebelum tidur.

3. Insomnia Karena Penyakit

Temukan solusinya dengan memeriksakan diri ke dokter. Ikuti saran yang dianjurkan oleh dokter dan minumlah obat secara teratur. Apabila penyakit yang menjadi penyebab anda merasa susah tidur telah teratasi maka dengan sendirinya malam-malam berikutnya anda pun akan dapat beristirahat dengan baik.

4. Insomnia Karena Gadget

Gaya hidup masyarakat kita saat ini telah bergeser sepenuhnya kepada kebiasaan mobilitas tinggi terhadap penggunaan gadget. Seperti sebuah candu, siang dan malam orang-orang tidak dapat melepaskan diri darinya. Kegilaan terhadap perangkat nirkabel ini tak khayal menjadi salah satu pemicu seseorang mengalami susah tidur. Untuk mengatasinya, pada jam malam, mau tidak mau anda harus memasukkan perangkat tersebut ke dalam laci atau dibawah bantal.

5. Insomnia Karena Pola Hidup

Mulai saat ini anda harus merubah dan membuang kebiasaan yang akan memperparah kondisi insomnia dengan cara tidak minum kopi sebelum tidur, memastikan bahwa makan malam anda tepat waktu dan tidak menggunakan tempat tidur untuk aktivitas lainnya kecuali sebagai tempat beristirahat.

Tips lain yang mungkin akan membantu anda mengurangi susah tidur:

1. Minumlah segelas susu hangat.
2. Relaksasi tubuh dan pikiran dengan cara meditasi.
3. Saat mengantuk, jangan menunda tidur.
4. Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan bersih dan nyaman.
5. Jangan mengkhawatirkan waktu, sembunyikan jam dari pandangan.

Itulah beberapa penyebab sekaligus cara mengatasi susah tidur yang anda alami, semoga apa yang kami tulis dapat menjadi solusi untuk permasalahan anda.