Tata Cara Naik Eskalator Yang Baik dan Benar

Eskalator adalah tangga berjalan yang digunakan sebagai alat transportasi dalam ruangan untuk menaiki atau menuruni lantai. Sebelum anda memutuskan untuk menggunakan alat transportasi ini, ada aturan-aturan penting yang harus dipatuhi agar kenyamanan dan keamanan selalu menyertai anda.

Tangga Eskalator

Tata Tertib Menggunakan Eskalator:

1. Anda tidak diijinkan menaiki eskalator dengan menggunakan kursi roda, kereta bayi atau keranjang belanja.

2. Jangan naik eskalator dengan tali sepatu yang belum tersimpul dengan baik atau bahkan tanpa menggunakan alas kaki sama sekali.

3. Pegang handrail eskalator dengan tangan secara kuat dan jika anda membawa anak atau barang bawaan lainnya, maka peganglah dengan tangan yang satunya.

4. Hindari pakaian longgar menyangkut anak tangga atau sisi eskalator.

5. Dilarang duduk pada anak tangga eskalator.

6. Tidak boleh menggantungkan tas jinjing atau barang bawaan di handrail.

7. Jika sendirian, berdirilah tepat di tengah anak tangga dengan posisi menghadap ke depan.

8. Jangan bersandar pada tepi handrail yang berjalan.

9. Selalu berhati-hati dan awasi anak dibawah umur dengan baik.

10. Tetap konsentrasi, jangan bercanda atau melamun.

Itulah peraturan-peraturan yang sangat penting untuk diperhatikan saat anda menggunakan eskalator, selanjutnya kami akan menjelaskan langkah-langkah menaiki eskalator yang baik dan benar.

Tata Cara Menaiki Eskalator:

Pertama, ketika anda telah berada di depan tangga eskalator, jangan ragu, segera genggam handrail dengan sigap diikuti kaki menginjak anak tangga.

Kedua, setelah anda berada diatas eskalator, usahakan untuk bersantai dan menikmatinya dengan tetap selalu waspada.

Ketiga, sesaat sebelum sampai di lantai tujuan, siapkanlah diri dengan baik, jangan sekali-kali berhenti di ujung tangga eskalator karena bisa jadi ada pengguna lain di belakang anda.

Tips Aman Menggunakan Eskalator:

1. Usahakan anda tidak memakai pakaian yang memiliki panjang melebihi ukuran tubuh, misalnya, rok yang panjang, celana terlalu panjang, selendang atau syal yang menjuntai ke bawah.

2. Jauhkan kaki dari garis kuning. Setiap sisi dari anak tangga eskalator biasanya terdapat garis kuning yang merupakan tanda batas kaki anda tidak boleh dipijakkan. Saat anda berada di tengah-tengah anak tangga, garis tersebut melingkar di depan, belakang, kanan dan kiri kaki anda. Usahakan untuk selalu menjauhkan diri dari garis kuning tersebut agar terhindar dari hal-hal tidak diinginkan. Posisi berdiri yang paling baik adalah tepat di tengah anak tangga.

3. Jika anda tidak yakin merasa aman menggunakan eskalator, maka lebih baik gunakanlah tangga biasa atau naiklah lift sebagai penggantinya.

Cara Menghentikan Eskalator:

Hal tak terduga mungkin saja bisa terjadi, misalnya anggota keluarga atau orang lain disekitar kita mengalami musibah terjepit eskalator. Untuk itu, sangat perlu bagi kita semua untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi kondisi darurat semacam itu. Jalan paling tepat adalah dengan cara menghentikan laju dari eskalator itu sendiri. Setiap eskalator dilengkapi dengan tombol STOP berwarna MERAH yang terletak pada sisi bagian bawah, tombol tersebut biasanya ada dua, satu di ujung bawah dan satunya lagi di ujung atas eskalator.

Itulah artikel informasi tentang tata cara menggunakan eskalator yang kami sajikan untuk anda. Eskalator bagaikan pisau bermata dua, jika kita menggunakannya dengan benar maka akan memberikan manfaat yang baik, namun jika kita tidak berhati-hati, bukan tidak mungkin justru hal-hal buruk siap mengintai kita. Namun, semua yang tidak kita harapkan dapat dicegah bila kita bersedia untuk selalu waspada, karena satu langkah anda menentukan apa yang akan terjadi kemudian.