Inilah Jumlah Kata Agar Artikel Lebih SEO

SEO adalah hal yang selalu dan akan tetap terus menjadi misteri karena memang sengaja dibuat untuk dirahasiakan. Tak ada orang yang benar-benar tahu cara kerja mesin pencari secara pasti, bahkan mereka itu pakar SEO yang telah ahli sekalipun. Apa yang mereka lakukan sama seperti kita, mempelajari ilmu SEO sesuai dengan pandangan masing-masing dan biasanya akan mendapatkan hasil yang tidak sama antara pakar satu dengan yang lainnya.

Menulis Artikel Blog

Siapa sajakah orang-orang yang memiliki kepentingan dengan SEO? Jawabannya sangat luas, karena saat ini banyak sekali pelaku internet marketing memerlukannya, mulai dari administrator blog kecil, sedang, hingga mereka pemilik situs berita bertaraf nasional dan juga internasional. Untuk memperoleh trafik maksimal dari mesin pencari, tentu saja mereka tidak akan segan membayar mahal para pakar SEO.

Dibalik pandangan orang mengenai betapa rumitnya ilmu tentang SEO, sebenarnya apa yang kita sebut Search Engine Optimization ini adalah hal yang sangat sederhana. Mengapa sederhana? Untuk memperoleh nilai baik di mata search engine sebenarnya kita hanya perlu membuat artikel yang bermanfaat dan informatif, artinya pengunjung datang membawa permasalahan mereka dan harus selesai setelah membaca artikel kita.

Tidak jauh berbeda dengan permasalahan anda yang saat ini sedang mencari tahu tentang berapa sebenarnya jumlah kata pada artikel agar lebih SEO di era alogaritma search engine yang terus diperbarui ini. Jika kita melakukan pengamatan dengan cara mengetik beberapa kata kunci yang berlainan pada mesin pencari google, maka ‘result’ yang dihasilkan pada urutan teratas biasanya ditempati oleh artikel yang informatif namun juga memiliki suku kata yang banyak atau artikel panjang.

Hal ini berbeda dengan beberapa tahun lalu yang memungkinkan artikel pendek menempati urutan teratas. Jadi, berapa jumlah kata yang tepat pada artikel itu? Jawabannya adalah relatif, hal ini tergantung pada rival atau pesaing dari kata kunci yang dibidik. Misal, kata kunci A memiliki rival 10 result teratas rata-rata menulis artikel dengan jumlah kata 500, namun jika anda mampu menulis artikel baru dengan berisikan 700 kata, maka ada kemungkinan posisi anda mendapat pertimbangan untuk menggeser mereka.

Namun perlu diperhatikan bahwa saat ini banyak sekali blogger rajin yang tidak malas jika mereka harus menulis artikel panjang, jadi, untuk mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari, kita memerlukan sedikit kerja keras untuk mengalahkan rival-rival sesama blogger. Dengan sengitnya pertarungan posisi di SERP sebenarnya hal itu bukanlah sesuatu yang buruk, karena dengan demikian, para visitor atau user lah yang paling diuntungkan hingga pada akhirnya mereka akan memperoleh informasi dari artikel terbaik dan paling bermanfaat yang telah dipilih oleh serach engine untuk ditampilkan pada halaman terdepan.

Melihat fenomena ini kita pun dapat menyimpulkan jika ukuran jumlah kata dalam sebuah artikel itu adalah penting. Semakin panjang semakin baik, namun tidak selalu panjang itu menjadi hal yang paling penting. Ada hal-hal lain yang turut andil mempengaruhi tingkat SEO sebuah artikel, terutama kualitas isi artikel tersebut. Jika anda dapat membuat artikel singkat namun penuh manfaat maka hal itu bagus, akan tetapi akan sangat bagus jika anda bisa menciptakan artikel yang panjang, berbobot serta memiliki kualitas informatif yang tinggi.

Tentu saja hal ini bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan, memerlukan penguasaan serta pemahaman tinggi terhadap apa yang kita tulis, jika tidak, maka kita tak akan pernah mampu melakukan hal itu. Kuncinya adalah kita menulis sesuatu yang benar-benar kita pahami serta kuasai. Jangan terlalu memaksakan diri menulis topik dengan cara membidik kata kunci yang tidak anda kuasai karena hasilnya biasanya kurang baik dan artinya, mendapat posisi teratas mesin pencari pun akan sulit anda raih.

Jangan sampai sesuatu yang anda tulis dengan susah payah tak pernah dibaca oleh orang lain gara-gara tidak memiliki kualitas yang baik di mata search engine. Kunci untuk mendapatkan kesuksesan sebagai seorang blogger, anda hanya perlu menulis sesuai passion anda.