Macam-Macam Usaha Sampingan Bagi Ibu Rumah Tangga

Halo ibu.. Sebagai ibu rumah tangga tentunya anda punya waktu luang yang melimpah bukan? Waktu yang tidak terpakai sepertinya mubazir jika terlewati begitu saja tanpa anda mengisinya dengan sesuatu yang menghasilkan. Mengerjakan usaha sampingan adalah pilihan yang tepat, namun biasanya banyak ibu rumah tangga, salah satunya mungkin anda, merasa bingung harus melakukan usaha sampingan seperti apa dan bagaimana. Tidak salah jika anda membaca artikel ini, karena disini kami akan mengulas beberapa usaha sampingan yang cocok dilakukan oleh para ibu rumah tangga.

Warung Sampingan

1. Membuat Makanan Ringan

Membuat makanan merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi para ibu. Mulai saat ini, ubahlah hal menyenangkan tersebut menjadi sebuah bisnis. Buatlah makanan ringan yang sehat kemudian titipkan ke warung atau toko-toko terdekat. Persentase pembagian hasil umumnya adalah 80% untuk anda dan 20% untuk warung. Misalkan anda membuat makanan dengan harga jual Rp. 1000 untuk konsumen langsung, maka anda menitipkan makanan tersebut kepada pemilik warung atau toko dengan harga Rp. 800. Meskipun hanya memperoleh keuntungan 20%, biasanya pemilik toko atau warung akan merasa senang karena mereka tidak perlu mengeluarkan modal sepeserpun. Disisi lain, anda sebagai pemodal akan mendapatkan keuntungan yang berlipat jika memiliki banyak toko atau warung yang menerima titipan makanan ringan buatan anda.

2. Jualan Jus Buah

Jualan jus buah pasti laris, asalkan tidak seperti penjual jus pada umumnya. Cobalah sedikit kreatif dengan membuat stand jus yang cantik kemudian letakkan di depan rumah. Hal ini mungkin memang sedikit membutuhkan modal, akan tetapi, sebanding dengan hasil yang akan didapatkan kemudian. Yang terpenting adalah menjaga kebersihan dan kehigienisan tempat dan jus yang anda buat karena pelanggan sangat memperhatikan hal ini. Saat banyak orang telah membuktikan kenikmatan serta kesegaran jus buatan anda, maka dari hari ke hari mereka akan terus berdatangan, karena jus adalah minuman sehat yang bisa membuat orang ketagihan.

3. Membuka Warung Sembako

Berbisnis warungan, terutama kelontong atau kebutuhan sehari-hari terbukti merupakan usaha jangka panjang yang paling eksis. Bagaimana tidak, meskipun hasilnya mungkin tidak terlalu banyak, namun hampir setiap orang yang menjalankan bisnis ini, tidak ada seorang pun dari mereka yang gulung tikar. Selain itu, usaha warungan bisa digunakan sebagai pemasukkan sampingan yang cukup menjanjikan.

4. Menjual Pulsa Seluler

Semua orang butuh pulsa. Pada setiap lapisan masyarakat, saat ini kebutuhan akan pulsa telepon tak ubahnya dengan kebutuhan pokok yang tidak dapat dikesampingkan lagi. Bukankah ini artinya sebuah peluang besar ada dihadapan mata? Belilah etalase alumunium kecil dan letakkan di halaman rumah, kemudian sulaplah halaman anda menjadi counter pulsa. Beberapa pekan kedepan, dapat dipastikan bahwa uang akan mengalir ke kantong anda dengan sendirinya.

5. Buka Salon / Potong Rambut

Mengkaryakan suatu keahlian yang kita miliki dalam bentuk jasa merupakan ide cemerlang dalam meraih kesempatan untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Contoh, jika anda memiliki talenta yang baik dalam memegang gunting, mungkin kini saatnya bagi anda untuk merubah ruang tamu menjadi sebuah salon potong rambut. Kebutuhan akan memangkas rambut dari hari ke hari semakin meningkat seiring kesibukan individual setiap orang yang tak mungkin akan terus-menerus meminta bantuan seorang teman untuk memotong rambutnya.

6. Jasa Menjahit Pakaian

Untuk yang satu ini, anda harus memiliki skill atau keahlian yang sangat baik dalam bidang jahit-menjahit sebelum memutuskan menerima orderan dari orang lain. Namun jika anda telah memiliki kemampuan tersebut, maka tunggu apalagi, siapkan banner dan letakkan di depan rumah sebagai promosi bahwa anda telah membuka jasa ini. Satu hal yang pasti, agar pelanggan tidak kecewa dan selalu merasa puas, maka anda harus konsekuen dengan janji dan tepat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan.

Itulah beberapa jenis usaha rumahan yang dapat dilakukan oleh anda sebagai alternatif mendapatkan penghasilan. Untuk menjadi besar, segala sesuatu diawali dari melakukan hal-hal yang sepertinya terlihat kecil, namun jika sudah waktunya, apa pun bisa terjadi diluar dugaan.