Mengatasi ‘Memori Penuh’ Pada Android Padahal Aplikasi Sedikit

Banyak pemilik smartphone atau tablet android yang mendapatkan permasalahan berupa memori penuh padahal aplikasi yang terinstal didalamnya masih sedikit atau bahkan kosong. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai persoalan, mulai dari infeksi virus, penumpukan chace pada aplikasi, banyaknya thumbnail dari galeri gambar dan masih banyak lagi penyebab lainnya.

Android

Untuk mengatasi hal tersebut, apa yang harus kita lakukan? Hal pertama adalah ‘Jangan panik’. Sebenarnya ini adalah masalah sepele dan memang kerap terjadi pada perangkat lunak apa pun tak terkecuali android milik anda.

Beberapa waktu yang lalu, seorang teman mengalami hal serupa. Tablet miliknya tidak dapat berjalan dengan baik karena memori internalnya penuh. Sempat bingung karena menurutnya, semua aplikasi telah dihapus namun ruang kosong tetap tidak bertambah, justru lama-kelamaan semakin berkurang.

Karena putus asa, ia pun menanyakan permasalahan tersebut kepada ahli servis. Menurut ahli servis, tablet miliknya harus di software ulang karena banyak terdapat virus didalamnya. Ketika ia pulang ke rumah dengan tujuan mengambil tablet untuk dibawa ke tempat servis tadi, ada hal menarik yang terjadi.

Sebelum berangkat, teman tersebut iseng-iseng memformat tabletnya ke setelan awal pabrik (reset factory). Namun apa yang terjadi? Beberapa saat setelah melakukan itu, memori internal tablet miliknya malah kembali normal seperti semula. Jadi kesimpulannya, cara paling mudah untuk mengatasi memori android yang penuh tanpa sebab jelas tersebut adalah dengan melakukan reset factory.

Ada 3 cara yang dapat dilakukan untuk mereset ulang android anda ke pengaturan awal, yaitu melalui menu setting, menggunakan kode tertentu atau dengan melakukan recovery. Untuk lebih jelasnya, akan kami uraikan secara detail cara-cara diatas satu-persatu.

1. Menggunakan Menu Setting / Pengaturan

Carilah menu ‘Pengaturan atau Setting’ di android anda. Setelah menu tersebut anda buka, segera temukan tap ‘Backup & Reset’. Selanjutnya, klik tap ‘Factory data reset’ untuk memerintahkan sistem android melakukan reset ke data pabrik. Tunggulah beberapa saat hingga sistem android menyelesaikan pekerjaannya. Sedikit tambahan, cara melakukan reset data pabrik antara merek smartphone / tablet satu dengan yang lainnya mungkin akan berbeda. Namun intinya tetap sama, tap reset tersebut ada di menu setting / pengaturan utama sebuah tablet atau smartphone.

2. Reset Menggunakan Kode

Jika papan ketik android anda tidak mengalami gangguan serta masih bisa diakses dengan baik, maka ketiklah kode ajaib yang akan mereset gadget anda dengan cepat berikut ini *2767*3855#

3. Dengan Recovery Mode

Recovery mode adalah cara reset factory yang biasa dilakukan apabila software android yang bermasalah tersebut sudah rusak parah sehingga gadget tidak bisa dihidupkan kembali. Recovery mode hanya bisa dilakukan ketika android dalam keadaan mati / off. Recovery dilakukan dengan memanfaatkan tombol-tombol manual disekitar gadget dan tidak membutuhkan peranan touchscreen.

Untuk masuk ke menu recovery, tekan dan tahan tombol (Power + Home + Volume Up) secara bersamaan. Selanjutnya, temukan menu ‘Wipe data / Factory reset’ lalu klik menu tersebut dengan menggunakan tombol home atau tengah. Tambahan, tombol-tombol yang digunakan untuk recovery mode terkadang tidak sama antara gadget satu dengan yang lainnya.

Itulah uraian lengkap tentang cara mengatasi memori penuh pada android yang dikarenakan oleh berbagai persoalan. Semoga tulisan ini dapat memberi pencerahan bagi anda yang sedang menghadapi persoalan tersebut.