Inilah Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Rambut rontok menjadi hal yang paling menakutkan bagi kita orang yang menginginkan memiliki penampilan mempesona, karena dengan rontoknya rambut yang kita miliki, tentu saja hal itu akan membuat penampilan menjadi kurang menarik. Sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasi permasalahan ini, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa saja hal yang dapat mengakibatkan rambut kita menjadi rontok.

Rambut Rontok

1. Faktor Penyakit

Ada beberapa penyakit yang dapat memicu terjadinya rambut rontok seperti lupus dan diabetes sebagai salah satu contohnya. Lupus adalah suatu penyakit yang tergolong baru dan memiliki bahaya setingkat dengan kanker, pada penyakit ini, sistem kekebalan tubuh justru akan menganggap organ tubuh kita adalah benda asing dan kemudian menyerangnya. Diabetes adalah penyakit lama dengan adanya tanda kemampuan tubuh memproduksi insulin berkurang atau tidak bisa sama sekali, sedangkan insulin sendiri merupakan hal penting yang bermanfaat menjaga kestabilan gula darah.

2. Faktor Stres

Stres dalam kategori berat, baik itu mental maupun fisik dapat mengakibatkan pertumbuhan rambut terhenti dan masuk dalam kategori istirahat. Jika hal tersebut terjadi maka dapat membuat rambut rontok dengan keadaan yang kronis.

Efek dari stres berat lainnya adalah folikel rambut diserang darah putih, setelah itu, rambut akan menjadi sulit untuk tumbuh kembali.

3. Faktor Hormon

Baik pria maupun wanita di dalam tubuhnya memproduksi hormon yang bernama androgen. Bila hormon ini diproduksi secara berlebih oleh tubuh maka akan mengakibatkan kerontokan pada rambut. Selain itu, ketidakseimbangan hormon seperti yang terjadi pada ibu hamil juga dapat mengakibatkan rambut rontok dari ringan hingga parah.

4. Faktor Genetik

Banyak sekali penyakit dan hal-hal lain di dalam tubuh kita yang terjadi akibat dari faktor keturunan atau genetik. Termasuk rambut rontok, seseorang dengan bakat memiliki kerontokan rambut dapat menurunkan genetiknya terhadap anak-anaknya.

5. Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan racun yang sangat merugikan tubuh kita. Radikal bebas masuk ke dalam tubuh melalui paparan langsung terhadap asap beracun maupun polusi. Racun ini dapat mengakibatkan penuaan dini, wajah mengalami bintik hitam, serta kerontokan rambut.

6. Bahan Kimia

Bahan kimia yang biasa digunakan untuk mempercantik rambut terkadang justru akan memberikan efek lebih buruk terhadap rambut itu sendiri jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Beberapa hal seperti mewarnai rambut, pengeritingan rambut serta pelurusan rambut bisa membuat rambut anda rusak dan rontok.

Itulah beberapa hal yang dapat mengakibatkan rambut anda menjadi rontok. Alangkah baiknya untuk segera berusaha mengatasinya jika salah satu faktor diatas menyambangi anda. Atasi permasalahan rambut rontok tersebut dengan cara:

1. Gunakan Alpukat

Kandungan protein nabati yang tinggi ada dalam buah alpukat. Sementara kita ketahui bahwa rambut memerlukan protein untuk pertumbuhannya. Jadi, buah alpukat merupakan sumber daya alami yang baik untuk rambut. Gunakan alpukat untuk melakukan creambath, caranya, ambil daging alpukat kemudian dilumat pada sebuah mangkuk.

Setelah lumatan daging alpukat halus, langkah berikutnya adalah mengoleskannya ke rambut kepala kita, dimulai dari akar hingga ke ujungnya. Diamkan kurang lebih selama kurun waktu 20 menit, kemudian bilas hingga bersih menggunakan shampo.

2. Gunakan Minyak Kemiri

Khasiat minyak kemiri dalam menumbuhkan rambut memang sudah dikenal sejak zaman nenek moyang kita. Meski saat ini minyak kemiri tidak sepopuler dulu karena banyaknya produk baru hasil olahan pabrik, namun tetap tak ada yang bisa menandingi khasiat alami minyak kemiri ini. Untuk mendapatkan minyak kemiri tidak terlalu sulit karena telah banyak dijual dalam bentuk botol kemasan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pastikan anda membeli produk minyak kemiri yang asli.

3. Gunakan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang telah melegenda sejak lama dan dipercaya mampu mengatasi 1001 satu permasalahan rambut. Tidak hanya untuk rambut, lidah buaya juga mampu mengatasi berbagai persoalan tubuh.

Beberapa manfaat lidah buaya antara lain, mengatasi peradangan, menyeimbangkan keasaman, menambah imun tubuh, untuk kesehatan jantung dan masih banyak lagi. Orang-orang mesir bahkan menganggap lidah buaya adalah tanaman keabadian.

Para peneliti dari University of Hawaii mengungkapkan jika tanaman yang memiliki nama latin aloe vera ini mempunyai enzim yang bermanfaat untuk menumbuhkan rambut. Enzim yang bernama proteolitik pada aloe vera bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati di kepala, kemudian memberikan ruang bagi folikel untuk memperoleh nutrisi dan menumbuhkan rambut baru.

4. Gunakan Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini cukup populer di kalangan ibu-ibu karena hampir setiap jenis masakan membutuhkannya. Bawang putih selain berfungsi untuk menyedapkan citarasa suatu makanan ternyata ia memiliki manfaat lain yang tak kalah penting, yaitu untuk mengatasi rambut yang rontok.

Bahkan beberapa orang berpendapat jika bawang putih merupakan obat tradisional terbaik untuk mengatasi permasalahan rambut rontok tersebut. Bagaimana cara menggunakan bawang putih untuk terapi rambut? Berikut langkah-langkahnya, tumbuk atau blender bawang putih hingga benar-benar menjadi halus.

Sebelum tidur, oleskan pada tempat dimana rambut anda rontok. Setelah bangun tidur pada keesokan harinya, segera bilas dengan air bersih atau shampo.