Cara Mengatasi Sariawan Pada Lidah, Bibir & Rongga Mulut

Stomatitis atau sariawan biasanya terjadi secara tunggal dan berkelompok. Meski tidak berbahaya, sariawan merupakan radang mukosa yang mengganggu dan sangat menyakitkan. Tak mengenal usia, setiap orang pasti pernah mengalami sariawan, namun, biasanya sariawan cenderung lebih sering menyerang perempuan dibanding laki-laki. Sebenarnya apa saja yang menjadi pemicu terjadinya sariawan ini? penyebabnya ada bermacam-macam, berikut ulasannya:

Sakit Sariawan

1. Luka Berulang

Luka paling umum yang akhirnya memicu terjadinya sariawan adalah tergigit oleh gigi kita sendiri ketika mengunyah makanan atau luka saat menggosok gigi. Saat tubuh kita dalam keadaan fit, luka tersebut tak selalu dapat mengakibatkan sariawan, namun luka berulang kali di tempat yang sama apalagi di dukung dengan keadaan tubuh yang kurang sehat, sangat mungkin mengakibatkan terjadinya sariawan.

2. Panas Dalam

Panas dalam adalah istilah populer di kalangan masyarakat namun tak pernah ada dalam dunia medis. Panas dalam di dunia medis diartikan gangguan pada pencernaan. Panas dalam umum disebabkan karena kekurangan serat, kekurangan vitamin C, dehidrasi serta mengkonsumsi makanan bersifat panas. Contoh makanan bersifat panas: jahe, cabe, daging, lemak dan gorengan. Contoh makanan bersifat dingin: buah dan sayuran. Panas dalam kerap mengakibatkan sariawan dan gangguan mulut lainnya.

3. Infeksi

Infeksi yang menjadi penyebab sariawan terdiri dari tiga hal, yaitu infeksi virus, bakteri dan jamur. Virus herpes terkadang bertanggung jawab akan terjadinya sebuah sariawan dengan jenis berkelompok, meskipun hal ini masuk dalam kategori jarang terjadi. Kurang menjaga kebersihan mulut seperti jarang berkumur dan menggosok gigi berpotensi membuat berkembang suburnya bakteri jahat penyebab sariawan. Sementara penyebab lainnya adalah jamur kandida. Jamur ini muncul saat daya tahan tubuh menurun seperti mereka yang sedang menjalani kemoterapi, pasien diabetes atau penggunaan obat kortikosteroid dalam jangka panjang.

Itulah beberapa penyebab umum sariawan yang sebaiknya anda ketahui. Namun jika saat ini anda telah terlanjur menderita sariawan dan merasa terganggu dengan keberadaan penyakit ini, berikut adalah beberapa ulasan untuk mengatasi sariawan yang menyerang lidah, bibir, maupun rongga mulut anda.

Ketika seseorang mendapati radang sariawan berupa luka bercak putih kekuningan yang terasa nyeri seperti terbakar, biasanya mereka cenderung langsung berusaha memberikan obat terhadap luka radang itu. Obat ini tidak akan bisa menyembuhkan sariawan tersebut, ia hanya akan berperan sebagai efek untuk mengurangi rasa tidak enak dan efek lebih buruk dari radang akibat sariawan.

Untuk mengobati dan menyembuhkan sariawan secara total, anda harus menemukan terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab munculnya sariawan itu sendiri. Jika anda telah menemukannya, segera atasi langsung pada sumbernya. Melalui penanganan yang tepat, sariawan dapat disembuhkan secara cepat. Berikut adalah langkah-langkah pengobatan sesuai dengan faktor penyebab masing-masing sariawan:

1. Menyembuhkan Sariawan Akibat Panas Dalam

Konsumsi sayur dan buah-buahan terutama yang mengandung banyak vitamin C dalam jumlah cukup. Kurangi mengkonsumsi makanan berlemak. Perbanyak minum air putih atau dianjurkan meminum air kelapa asli.

2. Menyembuhkan Sariawan Akibat Virus Herpes Simpleks

Sariawan yang disebabkan oleh virus ini biasanya banyak dan berkelompok. Tanpa pengobatan, dalam waktu 7 – 10 hari ia dapat sembuh dengan sendirinya. Anda harus senantiasa menjaga kebersihan mulut seperti rutin menggosok gigi. Antibiotik tidak akan mampu mengatasinya, daya tahan tubuh yang baik akan mengusir virus ini. Sayangnya, terutama anak-anak, ketika menderita sariawan mereka cenderung tidak mau makan, hal ini justru akan membuat mereka lemah dan daya tahan tubuh pun menurun.

3. Menyembuhkan Sariawan Akibat Bakteri

Diawali dengan adanya infeksi bakteri yang mengakibatkan sakit tenggorokan. Penanganan dapat dilakukan secara herbal maupun kimiawi. Cara termudah, anda dapat menggunakan obat kumur antimikroba untuk mengatasi sariawan yang diakibatkan oleh bakteri ini.

4. Menyembuhkan Sariawan Akibat Jamur Candida Albicans

Jamur dengan jenis candida albicans bertanggung jawab akan serangan sariawan pada mulut selain beberapa penyebab yang telah disebutkan sebelumnya. Jamur ini semakin leluasa menyerang ketika daya tahan tubuh seseorang melemah. Berbentuk semacam ragi atau fungi, candida albicans juga sering ditemukan pada saluran genital, usus, kerongkongan dan mulut. Untuk mengobatinya, diperlukan antibiotik melalui dosis yang benar.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi sariawan pada bibir, lidah dan rongga mulut. Mohon untuk diperhatikan, tanpa pengobatan apapun sebenarnya sariawan dapat sembuh dengan sendirinya, namun jika dalam tiga minggu atau lebih, sariawan di tempat yang sama tidak kunjung sembuh, maka segeralah periksakan diri ke dokter karena dikhawatirkan adanya penyakit serius seperti kanker mulut yang tergolong berbahaya.