Cara Terbaik Menjaga Rambut Panjang Tetap Indah

Akan semakin sempurna kecantikanmu sebagai seorang wanita manakala kamu memiliki rambut panjang dan indah. Namun tak jarang, dengan memiliki rambut panjang, seorang wanita justru mendapatkan permasalahan baru seperti rambut rontok atau bercabang.

Rambut Panjang Indah

Permasalahan tersebut sebenarnya tidak perlu terjadi jika kamu paham bagaimana memperlakukan rambut panjangmu dengan benar. Tidak perlu mengeluarkan biaya besar, untuk membuat rambutmu tetap menawan, yang perlu kamu lakukan adalah memberi perhatian khusus kepadanya.

Meski membutuhkan tenaga ekstra, namun tentunya hal itu tetap layak untuk dilakukan mengingat demi mendapatkan keindahan rambut agar terlihat selalu memukau dan mempesona. Apa sajakah hal-hal yang perlu dilakukan untuk menjaga keindahan rambut panjang, berikut ulasannya:

1. Jangan Mengikat Terlampau Kuat

Ini yang tidak banyak diketahui para wanita. Mengikat rambut dengan kencang ternyata dapat mengakibatkan kerusakan pada folikel. Jika hal ini terjadi, maka secara perlahan rambut akan mengalami kerontokkan di area yang mendapatkan regangan terlalu kuat. Jika kamu ingin mengikat rambut, usahakan lakukan dengan ikatan sedang.

2. Memberikan Vitamin Sebagai Nutrisi

Rambut tak ubahnya seperti bagian tubuh yang lain, yaitu membutuhkan sebuah nutrisi atau makanan untuk tumbuh. Setidaknya setiap dua minggu sekali berikan vitamin pada rambut sesudah melakukan keramas dan tidak perlu dibilas lagi. Tidak sulit untuk mendapatkannya, saat ini vitamin rambut banyak dijual di hampir setiap toko yang ada di dekat kita.

3. Gunakan Hairdryer Panas Rendah

Apa tipe hairdryer kamu? Apakah memiliki switch pengatur level tingkat panas? Jika iya, maka sebisa mungkin kamu selalu menggunakan level terendah agar rambut kamu justru tidak mengalami kerusakan. Belum lagi jika kamu juga memiliki kebiasaan menggunakan catok rambut. Bisa dibayangkan bukan betapa rambut kamu mengalami penderitaan ketika harus bertahan menghadapi panasnya hairdryer dan catok rambut.

4. Menyisir Rambut Saat Kering

Jangan asal ketika menyisir jika rambut kamu cukup panjang. Tidak dianjurkan menyisir rambut dalam keadaan basah karena hal tersebut berpotensi membuat rambut rontok. Tunggulah kondisi rambut menjadi kering atau setidaknya setengah kering terlebih dahulu. Jika rambut terlalu kusut cobalah untuk menyisirnya secara perlahan dimulai dari bagian ujungnya.

5. Terapi Pijat Kulit Kepala

Pijatan di kulit kepala secara perlahan mendorong sirkulasi darah pada akar rambut menjadi lebih baik. Hal ini sangat bermanfaat untuk melancarkan pasokan nutrisi dan oksigen yang dibawa melalui darah menuju akar rambut. Selain itu, manfaat lainnya adalah untuk mengurangi keadaan rambut stres dengan membuatnya rileks.

6. Minum Banyak Air Putih

Bukan rahasia lagi jika air putih memiliki sejuta manfaat bagi tubuh, begitu pun pula hal itu berlaku untuk kesehatan rambut. Dengan rutin mengkonsumsi air putih, maka rambut tak akan mengalami dehidrasi sehingga akan lebih cepat tumbuh serta tidak mudah patah.

Itulah beberapa tips untuk menjaga keindahan rambut agar senantiasa sehat dan terlihat selalu menarik. Semoga apa yang telah kami tulis dapat menjadi hal yang memberikan manfaat untuk semua pembaca yang ingin mendapatkan informasi seputar merawat rambut panjang.