Nutrisi Ini Membuat Anak Semakin Cerdas

Anak dianggap cerdas jika ia memiliki mental yang sehat. Mental sehat berarti ia adalah anak yang kreatif, sanggup mengontrol diri, memiliki empati, berkomunikasi dan berpikir secara logis, serta mempunyai rasa kasih sayang. Beberapa hal yang mempengaruhi perkembangan mental anak, antara lain:

Nutrisi Anak

1. Genetik. Turunan orang tua merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi mental anak.
2. Internal. Kepribadian bawaan anak adalah hal yang tidak bisa dihindarkan dalam membentuk mental.
3. Eksternal. Anak adalah peniru yang paling hebat, jangan sampai mereka menirukan hal-hal negatif dari lingkungan yang ada.
4. Nutrisi. Asupan gizi sangat penting pada masa pertumbuhan otak anak.

Keempat faktor tersebut adalah hal paling mendasar yang akan mempengaruhi perkembangan pertumbuhan anak. Namun ada satu peran faktor yang dapat merubah 4 faktor itu melalui kemampuan yang dimilikinya. Apakah itu? Yaitu peran seorang ibu. Ibu dapat memberikan stimulasi terhadap anak untuk membuat kesehatan mentalnya menjadi lebih baik.

Cara termudah adalah dengan membiarkan anak merasa bahagia karena dapat mengeluarkan seluruh ekspresinya, contoh: Memberi kesempatan bagi anak untuk bermain di lantai dengan mobil-mobilan, boneka, kertas bergambar dan tentunya masih banyak lagi hal-hal yang dapat dikerjakan si kecil. Akan tetapi stimulasi saja belum cukup, ibu sebaiknya juga memberikan nutrisi yang tepat untuk mendukung perkembangan otaknya yang saat ini berada dalam masa keemasan tersebut.

Nutrisi apakah yang baik dan dapat membuat anak tumbuh semakin cerdas? Nutrisi-nutrisi itu adalah serat, omega-3, vitamin D, folat, asam lemak, protein, dsb. Lalu makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi oleh si kecil karena memiliki berbagai jenis nutrisi seperti yang telah disebutkan tadi? Berikut makanan-makanan tersebut:

1. Telur

Telur memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein bermanfaat membantu anak untuk fokus dalam berkonsentrasi ketika berpikir. Sajikan telur dalam berbagai bentuk penyajian kreatif agar si kecil tertarik menikmatinya.

2. Yogurt Greek

Yogurt greek menjadi istimewa karena memiliki tingkat protein lebih tinggi dibanding yogurt pada umumnya. Selain itu, lemak pada yogurt greek juga sangat baik untuk perkembangan otak anak. Mengkonsumsi yogurt yang satu ini dapat membantu sel-sel otak buah hati anda selalu pada kondisi prima.

3. Bayam

Tidak diragukan lagi jika bayam memang memiliki berbagai nutrisi super. Selain mengandung folat, bayam juga kaya akan vitamin dan juga mengandung antioksidan. Tentu saja bayam merupakan salah satu nutrisi penunjang kecerdasan anak.

4. Ikan

Di dalam ikan terdapat omega-3 dan vitamin D. Peran omega-3 sendiri yaitu untuk menjaga kinerja memori otak si kecil agar dapat digunakan untuk menyimpan sesuatu dengan optimal. Ikan-ikan yang terkenal kaya akan omega-3 adalah sarden, tuna dan salmon.

5. Biji / Kacang-Kacangan

Mineral, vitamin, asam lemak dan protein yang terkandung dalam biji dan kacang-kacangan bermanfaat untuk membuat mood anak meningkat karena nutrisi tersebut mampu menjaga sistem saraf dalam kondisi yang baik.

6. Oatmeal

Oatmeal tidak hanya baik dikonsumsi oleh orang tua, anak-anak pun juga bisa mengkonsumsinya. Oatmeal sangat baik untuk jantung dan otak karena mampu membersihkan arteri dari sumbatan yang mengganggu. Dengan pembuluh darah ke otak yang lancar, maka kemampuan aktivitas anak dalam mengingat berbagai hal akan semakin baik.

7. Apel

Selain rasanya enak, buah apel juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan otak. Antioksidan yang terkandung di dalam buah ini mampu melawan beberapa faktor pemicu turunnya kemampuan otak.

Itulah beberapa nutrisi yang terkandung di dalam makanan yang dapat berfungsi membuat anak tumbuh semakin cerdas. Peran ibu sangat penting dalam memilih makanan sehat yang baik untuk anak pada masa pertumbuhannya.