Olahraga Terbaik Bagi Ibu Hamil Usia 5, 6, 7 & 8 Bulan

Hamil sebaiknya tidak anda gunakan sebagai alasan untuk tidak menggerakkan tubuh. Dalam kondisi apa pun, olahraga tetap dibutuhkan untuk memperlancar metabolisme di dalam tubuh, tak terkecuali anda yang saat ini tengah mengandung janin pada usia 5, 6, 7 dan 8 bulan.

Wanita Hamil

Tentu saja, olahraga bagi ibu hamil tidak sama kapasitasnya dengan wanita pada umumnya yang tidak sedang menjalani masa tersebut. Olahraga menjadi penting dilakukan karena bermanfaat untuk melatih otot di seputaran panggul pra persalinan. Jenis olahraga seperti apakah yang sesuai dengan kebutuhan para ibu hamil? Berikut penjelasannya:

1. Wajah Menyentuh Lantai

Sejak usia kehamilan 5 bulan, anda dapat melakukan olahraga mencium lantai. Gerakan ini bertujuan untuk memperbaiki kondisi bayi yang sungsang supaya posisi kepala bayi menjadi ke arah panggul. Cara melakukannya tidak sulit, langkah awal, anda cukup mengambil posisi jongkok diteruskan dengan badan secara perlahan membungkuk hingga wajah menyentuh lantai. Setelah berhasil melakukannya, tahan posisi hingga hitungan ke 10, selanjutnya, kembali ke posisi semula. Lakukan olahraga ini secara rutin sampai kepala bayi benar-benar sempurna hingga persalinan yang anda nantikan tiba.

2. Hip

Olahraga ini berguna untuk melatih anda dalam melakukan persalinan. Hip adalah sebuah teknik perpaduan antara pengaturan pernafasan dan otot yang dikhususkan untuk wanita hamil. Cara melakukannya sedikit mirip seorang wanita yang akan melahirkan. Pertama, ambil posisi tidur terlentang dengan tubuh menghadap ke atas disertai kaki ditekuk pada bagian lutut. Ambil nafas dalam kemudian tahan dibawah perut lalu kencangkan pantat seolah anda akan mengejan. Tahan periode ini selama 5 kali hitungan, sesaat kemudian, hembuskan nafas secara perlahan. Lakukanlah olahraga ini lebih rutin mengikuti usia kandungan yang semakin menua.

3. Hand Up Train

Mirip sebuah senam sebagai aktivitas olahraga yang lebih dulu populer yaitu yoga, hanya saja hand up train tidak memainkan interaksi pada pernafasan. Cara melakukannya tidak memerlukan banyak tenaga dan sangat baik bagi wanita yang sedang hamil tua. Langkah awal, angkat kedua tangan lurus ke atas kepala, masing-masing lengan menyentuh telinga kanan dan kiri sementara posisi telapak tangan saling berhadapan. Pertahankan posisi tersebut selama 20 kali hitungan. Setelah selesai, kemudian dilanjutkan dengan meregangkan tangan masing-masing ke kanan dan ke kiri. Untuk mendapatkan kelenturan otot yang baik, ulangi aktivitas ini sebanyak 5 kali.

4. Jalan Santai

Ini adalah olahraga yang tidak menguras energi terlalu besar namun memiliki banyak sekali manfaat pada berbagai organ tubuh anda, antara lain untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Tidak hanya itu saja, dengan berjalan kaki, jantung akan bekerja lebih aktif dalam menyalurkan suplai darah ke seluruh tubuh termasuk janin yang ada di dalam kandungan. Diluar manfaat dari sisi metabolisme tubuh, olahraga ini ternyata juga memberi efek penghilang rasa stres dan jenuh yang biasa dialami wanita hamil.

5. Angkat Beban

Jangan membayangkan bahwa kami akan merekomendasikan anda untuk berolahraga angkat beban dengan menggunakan barbel yang berat. Olahraga angkat beban untuk anda yang saat ini sedang hamil, maksimal bahkan hanya setengah dari berat latihan angkat beban yang biasa anda gunakan sebelumnya, tidak lebih dari itu. Selain untuk menjaga stamina menjelang persalinan, angkat beban juga bermanfaat membuat otot sendi lebih kuat. Tidak perlu memaksakan diri, sediakan air putih, jika lelah anda pun dapat minum dan berhenti kapan saja.

Itulah beberapa olahraga yang baik dilakukan saat anda menjalani masa kehamilan 5, 6, 7, dan 8 bulan. Namun dianjurkan bagi anda untuk menghentikan segala bentuk aktivitas jika salah satu atau beberapa olahraga diatas tidak cocok dengan anda karena setiap wanita hamil memiliki kondisi tubuh dan janin yang tidak sama antara satu dengan yang lainnya.