Inilah Penyebab Jerawat Sering Muncul di Pipi

Memiliki jerawat terutama di area pipi memang sangat mengganggu penampilan kita. Meskipun jerawat bukanlah suatu kondisi medis yang perlu dikhawatirkan, namun kehadirannya yang tak pernah diundang ini mampu membuat kita kehilangan rasa percaya diri. Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan jerawat tumbuh dengan subur pada tempat yang berhubungan langsung dengan banyak orang ini. berikut adalah beberapa penjelasannya:

Jerawat Pipi

1. Bakteri

Propionibacterium acne biasanya menjadi bakteri yang paling bertanggung jawab atas kemunculan sebuah jerawat. Bakteri ini berkembang biak pada kelenjar di dalam kulit. Keberadaan mereka membuat kelenjar membengkak kemudian mengiritasi daerah disekitarnya. Jerawat yang disebabkan oleh bakteri p.acne biasanya meninggalkan bekas luka yang sulit menghilang.

2. Handphone

Penelitian yang dilakukan di Inggris menyimpulkan jika sebuah handphone ternyata lebih kotor daripada toilet duduk dan memiliki jumlah kuman yang sangat banyak. Bahkan hanya dengan menyentuhkan layar perangkat ini ke pipi dapat mengakibatkan munculnya jerawat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sebaiknya anda tidak menempelkan handphone ke pipi saat melakukan panggilan. Untuk cara lain yang lebih efektif, bersihkan layar handphone secara teratur dengan larutan alkohol untuk membunuh bakteri-bakteri yang berada disana.

3. Bantal

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan bantal yang anda gunakan untuk tidur karena bantal yang tidak terjaga kebersihannya menjadi sarang bagi para kuman dan bakteri. Bersentuhan langsung dengan bantal yang telah terkontaminasi oleh bakteri dan kuman tersebut akan mengakibatkan jerawat batu yang cukup sulit diatasi ketimbang jerawat biasa. Rutinlah menjemur bantal atau mencuci sprei agar kuman dan bakteri yang ada dapat dihilangkan.

4. Kosmetik

Mengapa kosmetik dapat mengakibatkan terjadinya jerawat? Pada pipi terdapat sejumlah pori-pori kecil yang akan tersumbat oleh penggunaan kosmetik tertentu seperti bedak bersama foundation serta beberapa kosmetik yang mengandung minyak berlebih. Bahan-bahan tersebut memicu pembentukan komedo yang selanjutnya akan mengakibatkan penyumbatan pori. Jika anda adalah tipe orang yang tidak bisa melepaskan diri dari penggunaan kosmetik, maka sebaiknya pilihlah kosmetik yang berbahan dasar air karena kosmetik berbasis minyak lebih berpotensi membuat jerawat di pipi semakin meriah.

5. Pubertas

Masa pubertas merupakan salah satu penyebab umum terjadinya jerawat pada remaja. Persoalan tersebut tampaknya sulit untuk dihindari karena jerawat yang muncul terjadi secara alamiah. Untungnya, biasanya para remaja cenderung telah menyadari akan hal ini. Jerawat pubertas terjadi akibat tubuh mereka sedang melakukan penyesuaian terhadap perubahan hormon-hormon yang ada, salah satunya dengan mengeluarkan rangsangan kelenjar minyak terlalu berlebih pada area tertentu termasuk pipi.

6. Stres

Tidak semua jerawat muncul dikarenakan oleh bakteri atau penyumbatan minyak. Penyebab lain yang terkadang dikesampingkan adalah stres. Banyak orang tidak menyadari bahwa jerawat yang diakibatkan keadaan tubuh stres ternyata lebih agresif. Jerawat jenis ini lebih mudah menyebar, sensitif terhadap sentuhan, tidak mudah diobati dengan pengobatan luar serta cenderung dapat datang dengan cepat, semisal jerawat bisa timbul begitu saja saat anda bangun tidur.

Itulah tadi beberapa hal yang biasa menjadi penyebab timbulnya jerawat pada pipi. Semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan lebih untuk anda yang saat ini sedang menghadapi persoalan jerawat.