Perbedaan iPhone 5 dan 5s

iPhone 5 dan iPhone 5s, meskipun namanya hanya dibedakan oleh satu huruf saja tetapi perbedaan iPhone 5 dan 5s tidak hanya satu saja. Ada beberapa perbedaan di antara kedua ponsel besutan Apple tersebut. Bagi Anda yang ingin mengetahuinya, silakan simak artikel tentang perbedaan iPhone 5 dan 5s di bawah ini.

RAM, Procesessor dan Chipset

Perbedaan iPhone 5 dan iPhone 5s yang akan dibahas pertama adalah dari segi hardware utama mereka yaitu RAM, processor dan chipset.

Baik iPhone 5 maupun iPhone 5s sama-sama memiliki RAM sebesar 1 GB saja. Bukan hanya kapasitas RAM-nya saja yang sama, kecepat processornya pun sama yaitu 1.3 Ghz, tetapi keduanya menggunakan tipe processor yang berbeda. Untuk iPhone 5 menggunakan Dual-core 1.3 Ghz Swift sedangkan saudaranya menggunakan Dual-core 1.3 Ghz Cyclone.

Sedangkan soal chipset, iPhone 5s sudah menggunakan chipset yang lebih unggul yaitu Apple 7 sedangkan iPhone 5 menggunakan Apple 6.

Sistem Operasi dan GPU

Seperti halnya dengan chipset yang ditanam pada kedua ponsel besutan Apple ini, sistem operasi yang diinstall di dalam iPhone 5s juga lebih tinggi dibandingkan dengan iPhone 5. iPhone 5s menggunakan iOS 7 yang bisa diupgrade sampai iOS 11.4.1 sedangkan iPhone 5 menggunakan iOS 6 yang dapat diupgrade hingga iOS 10.3.3

Beralih ke GPU aliash VGA yang digunakan pada keduanya. iPhone 5 menggunakan PowerVR SGX 543MP3 yang merupakan triple-core graphic sedangka iPhone 5s menggunakan
PowerVR G6430 yang merupakan quad-core graphic. Lebih baik mana? Tentu saja lebih baik yang quad-core.

 

Ukuran layar

Kedua iPhone ini memiliki layar dengan ukuran yang sama yaitu 4.0 inchi, resolusi layar 640×1136 pixel dengan rasio 16:9

Kamera

Perbedaan iPhone 5 dan iPhone 5s berikutnya adalah dari segi kamera. Sekilas, jika Anda tidak mengoprek kameranya secara mendalam maka Anda akan mengira bahwa kedua iPhone ini memiliki kamera dengan spesifikasi yang sama yaitu 8 MP untuk kamera belakang dan 1.2 MP untuk kamera depan.

Meskipun memiliki ukuran yang sama tetapi spesifikasi kamera iPhone 5 dan iPhone 5s berbeda. Kamera belakang iPhone 5 memiliki aperture atau lebarnya bukaan diafragma sebesar f/2.4  sedangkan iPhone 5s f/2.2. Bagus mana? Tentu saja kamera dengan “angka” aperture makin kecil lah yang bagus.

Bukan hanya pada masalah aperturenya saja, kualitas video yang dihasilkan oleh kamera kedua iPhone ini juga berbeda. iPhone 5 dapat merekam video berkualitas 1080p dengan 30fps., lumayan memang, tetapi jika Anda adalah pecinta videografi maka kualitas video yang dihasilkan oleh iPhone 5s akan lebih menarik untuk Anda, sebab iPhone 5s dapat merekam video dengan kualitas 1080p dengan 30 fps dan 720 pixel dengan 120 fps.

Kamera depan kedua ponsel ini memiliki aperture yang sama yaitu f/2.4 dan kualitas perekaman video yang sama yaitu [email protected]

Perbedaan iPhone 5 dan 5s yang terakhir adalah kapasitas daya baterai dan harganya. iPhone 5 memiliki kapasitas daya baterai 1440 mAh sementara iPhone 5s memiliki kapasitas daya baterai 1560 mAh. Selisihnya mencapai 100 mAh lebih.

Soal harga kedua iPhone seri 5 ini kini sama-sama memiliki harga 2,5 jutaan dengan pilihan warna yang sama yaitu silver, black dan gold.

Itulah beberapa perbedaan iPhone 5 dan 5s. Untuk spesifikasi lainnya, kedua iPhone tersebut memiliki spesifikasi yang sama seperti kelengkapan sensor fingerprint, kompas, akselerometer, gyro dan proximity.

Pilihan memori internalnya pun sama-sama terdiri dari 16 GB, 32 GB dan 64 GB.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan