Promosi Gratis Dengan Sosial Media? Ini Caranya

Beragam purwarupa sosial media tidak menutup kemungkinan beberapa dekade kedepan masih akan terus bertambah jumlahnya. Sangat disayangkan apabila kita tidak dapat menggali peluang dari media sosial ini. Seperti namanya yaitu sosial media, maka tempat itu berarti sebuah area yang berisi hingar-bingar orang-orang yang ingin menjalin hubungan sosial.

Media Sosial

Dalam konteks sebenarnya tempat itu sama saja halnya dengan dunia kedua milik seseorang. Jika anda kesulitan memasarkan suatu produk di dunia pertama (dunia nyata), maka dunia kedua tersebut merupakan solusi yang paling tepat untuk anda coba. Berikut adalah beberapa trik cara berpromosi lewat media sosial dengan tepat.

1. Memanfaatkan Facebook

Facebook merupakan sosial media dengan pengguna aktif paling besar di dunia. Tidak diragukan lagi jika performa facebook cukup baik apabila digunakan sebagai tempat memasarkan produk atau jasa mengingat jumlah penggunanya yang sangat fantastis. Lalu, apa saja hal-hal yang dapat dilakukan untuk memulai berpromosi secara gratis di facebook ini?

Pertama, upload foto barang atau jasa yang ingin anda promosikan kemudian tag teman-teman yang ada di jaringan anda. Kedua, bergabunglah dengan grup-grup jual beli yang memiliki pengguna atau anggota besar lalu berpromosilah di tempat tersebut secara sopan. Ketiga, pasarkan produk anda dengan mengirim pesan pribadi ke pengguna facebook lainnya.

2. Memanfaatkan Twitter

Twitter lebih tepat disebut sebagai microblog dengan jangkauan pengguna tak terbatas. Tidak seperti facebook, di twitter follower anda tidak dibatasi berapa pun jumlahnya. Hal itulah yang menjadi salah satu kelebihan twitter jika dibandingkan dengan facebook. Yang lebih mengesankan, semua posting anda akan masuk ke beranda seluruh follower secara realtime tanpa ada filter apa pun.

Untuk memanfaatkan twitter sebagai sarana promosi, berikut tips jitu untuk anda. Kunci sukses dari berpromosi di twitter ditentukan oleh seberapa banyak follower yang anda punya. Semakin banyak follower yang anda miliki, maka semakin tinggi pula kesempatan untuk close a deal yang akan anda dapatkan.

Seorang sahabat yang memiliki follower twitter lebih dari 100.000 pernah berkata, jika ingin mendapatkan follower banyak dengan cepat maka harus menggunakan trik khusus. Trik-trik tersebut antara lain adalah tweet lah hal-hal lucu sesering mungkin, gunakan kata-kata yang menarik seperti kata motivasi atau mutiara, dan jangan lupa bahwa setiap tweet yang anda share haruslah bermanfaat untuk orang lain. Setelah melakukan hal itu, maka dengan sendirinya follower anda lama-kelamaan akan bertambah banyak dengan sendirinya bahkan tanpa anda tahu darimana asal mereka datang.

3. Memanfaatkan Instagram

Ada yang berbeda dari instagram, beberapa pemilik usaha berpendapat bahwa, jika dibandingkan dengan twitter atau facebook, berpromosi di instagram berpotensi lebih besar untuk terjadi closing. Instagram merupakan pasar potensial bagi pebisnis online maupun offline. Jika anda tertarik berpromosi di jejaring sosial yang satu ini, berikut tips yang bisa anda lakukan.

Berpromosilah menggunakan sistem SFS. Tidak tahu SFS? Berikut gambarannya, seorang admin akan mengumpulkan beberapa pengguna instagram yang memiliki jumlah follower hampir sama, peran anda disini adalah bergabung dengan mereka. Sebagai contoh, admin mengumpulkan 25 pengguna instagram yang masing-masing memiliki follower rata-rata 3000 orang untuk bergabung dalam SFS tersebut.

Jadi, jumlah follower yang dimiliki jaringan SFS ini secara keseluruhan adalah 75.000 orang. Tugas masing-masing anggota yaitu saling mempromosikan iklan di jaringan SFS mereka. Intinya, iklan anda akan ditampilkan di akun instagram mereka, sementara anda juga harus menampilkan iklan milik mereka.

Dalam jaringan tersebut, admin berperan sebagai pengatur jadwal dan rotasi iklan serta memastikan semua anggota mematuhi tata tertib yang berlaku. Bagaimana menurut anda? Cukup menguntungkan bukan? Sekali anda memasang iklan, maka iklan tersebut akan tersebar di jaringan pengguna SFS yang memiliki follower 75.000 orang.

Itulah beberapa cara memanfaatkan sosial media sebagai sarana untuk berpromosi. Jika kita bisa mempromosikan sesuatu di sosial media secara gratis, kenapa harus memilih yang berbayar?