Saat Emosi, Anda Jangan Membuat Keputusan Ini

Ketika sedang emosi sebaiknya anda tidak membuat keputusan yang memiliki resiko apa pun sebelum amarah yang tersimpan di dalam dada mereda. Jika anda tetap berniat melakukannya, maka besar kemungkinan bahwa anda justru akan mendapatkan penyesalan di kemudian hari. Jangan sekali-kali membuat keputusan dibawah ini ketika anda berada dalam pengaruh emosi:

Emosi

1. Mengakhiri Sebuah Hubungan

Jernihkanlah hati sebelum akhirnya anda terlanjur mengucapkan kata-kata yang mungkin akan menyakiti hatinya. Mengucapkan kata ‘putus’ secara spontan bukanlah hal yang tidak mungkin terjadi ketika seseorang dalam keadaan marah. Hati-hati, banyak orang tidak menyadari bahwa satu kata tersebut berarti sebuah perpisahan terhadap orang yang paling disayangi untuk selamanya.

2. Berhadapan Dengan Orang Lain

Ketahuilah bahwa pada saat kita marah, kita tidak akan dapat menggunakan akal sehat secara sempurna karena rasionalisme di dalam pikiran kita dikendalikan oleh perasaan emosi yang lebih mendominasi. Jangan sampai anda menghadapi seseorang dalam kondisi demikian karena hasilnya pasti akan lebih memungkinkan terjadi hal buruk dari pada hal yang baik.

3. Berhenti Dari Pekerjaan

Keputusan untuk mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan harus dilakukan manakala hati dan pikiran dalam keadaan tenang serta memiliki alasan kuat dan pertimbangan matang. Berhenti dari pekerjaan yang disebabkan oleh emosi yang dikarenakan permasalahan di tempat kerja pada akhirnya akan berujung dengan penyesalan jangka panjang.

4. Update Media Sosial

Hampir semua orang sependapat bahwa sosial media merupakan tempat paling tepat untuk mengutarakan isi hati. Namun sebaiknya kita lebih selektif ketika mengucapkan kata-kata didalamnya. Ungkapan kemarahan yang ditebar pada media sosial akan berakibat kita mendapatkan citra buruk dihadapan banyak orang, bahkan hal itu tetap terjadi meski kita sudah menghapusnya sekalipun.

5. Memutuskan Tali Kekeluargaan

Dalam pengaruh emosi apa pun bisa terjadi diluar kendali, namun satu hal yang tidak boleh terjadi, yaitu memutuskan ikatan persaudaraan dalam keluarga. Perlu diingat bahwa kita sangat pantang untuk melakukan hal semacam itu, sebab jika terlanjur terjadi, maka hubungan anda bersama keluarga kedepannya akan menjadi cacat.

6. Membawa Sebuah Kendaraan

Setiap orang yang berkendara harus selalu fokus terhadap situasi disekitarnya, sementara dalam keadaan emosi, kualitas fokus seseorang akan menurun drastis, hal ini sangat membahayakan untuk diri sendiri maupun orang lain.

Itulah beberapa hal yang tidak boleh anda putuskan secara gegabah ketika emosi karena saat merasa tenang nanti hanya rasa penyesalan yang akan tertinggal. Percayalah..