Inilah Tips Agar Motor Tidak Dicuri Maling

Untuk menanggulangi pencurian, para produsen sepeda motor selalu melakukan inovasi dengan cara mempercanggih sistem pengamannya. Namun sayangnya, para maling pun tak tinggal diam, mereka juga ikut mengupdate kemampuannya dengan cara mencari celah kelemahan sebuah pengaman sepeda motor yang paling baru sekalipun.

Kunci T

Jadi, bagaimana caranya agar sepeda motor kita tidak dapat dicuri oleh maling yang tidak bertanggung jawab ini? Ungkapan lebih tepatnya bukan ‘tidak dapat’ akan tetapi ‘menghambat’ sebuah aksi pencurian yang akan mereka lakukan.

Dalam melakukan aksinya, seorang maling akan memilih sasaran paling mudah, dimana mereka akan melakukan tindakan tak bermoralnya itu dengan cara cepat dan tepat. Agar sepeda motor kita tidak jadi sasaran mereka, maka buatlah para maling ini kesulitan ketika akan mencuri kendaraan kita sehingga mereka mengurungkan niatnya memilih motor kita sebagai sasaran karena terlalu repot dan beresiko bagi mereka jika harus berlama-lama membobol kendaraan milik kita.

Lalu, hal apa sajakah yang harus kita lakukan untuk membuatnya menjadi demikian? Berikut tips-tips yang tidak ada salahnya untuk anda coba.

1. Kunci Stang Menghadap ke Kanan

Beberapa merek sepeda motor tertentu bisa dikunci stang menghadap ke sebelah kanan. Hal ini cukup menarik, karena dengan mengunci stang ke arah kanan maka akan membuat maling motor sedikit repot ketika mereka harus memasukkan kunci T di lubang kunci motor kendaraan. Seandainya ada dua buah sepeda motor yang masing-masing di kunci stang ke arah kanan dan yang satunya ke arah kiri, maka besar kemungkinan seorang maling akan memilih sepeda motor yang dikunci stang ke arah kiri karena baginya lebih mudah untuk di eksekusi.

2. Memberi Pengaman Tambahan

Ada dua jenis tipe pencuri motor. Pertama, mereka mencari sasaran dengan cara berkeliling, saat menemukan target yang tepat, dengan cepat mereka akan mengeksekusinya. Kedua, mereka beraksi dengan cara menunggu dan mengawasi. Sangat penting bagi pemilik sepeda motor untuk selalu mengawasi kendaraannya yang sedang diparkir , karena bisa jadi , ada orang lain yang juga sedang mengawasinya.

Dengan menambahkan pengaman tambahan, kemungkinan besar kedua jenis pencuri ini lebih memilih target lain untuk dijadikan korban. Pengaman tambahan klasik namun tetap ampuh hingga saat ini adalah dengan mengaitkan gembok di lubang cakram depan dan rantai belakang jika motor anda bukan matik. Namun jangan sampai lupa, ketika akan menjalankan motor anda kembali, pastikan bahwa anda telah melepas kedua gembok pengait tersebut.

3. Kaitkan Helm dan Jaket di Jok

Tips ini sederhana, namun biasanya cukup berhasil membuat seorang pencuri motor garuk-garuk kepala karena kebingungan. Dengan adanya helm dan jaket yang terkait di jok maka hal itu akan membuat seorang pencuri motor terpaksa harus mengurungkan niatnya berbuat jahat, bagaimana tidak, untuk mengambil satu motor ia harus bekerja 3 kali, yaitu membobol kunci, memotong tali helm di jok dan melepas jaket yang juga nyangkut di jok.

Bila tidak melakukan hal itu, bisa dibayangkan bukan betapa repotnya seorang maling membawa kabur motor yang masih ada helmnya atau jaket yang masih nyangkut tepat dibawah joknya.

4. Melihat Kembali Motor Yang Ditinggalkan

Seorang pencuri akan melakukan pengawasan dan pengamatan terhadap kendaraan bermotor sekaligus pengendaranya. Begitu sepeda motor diparkir dan mengetahui pemiliknya tidak terlihat lagi, dengan cepat aksi tak terpuji itu akan mereka lakukan. Untuk itu, dianjurkan setidaknya setiap 5 menit sekali anda untuk kembali mengamati sepeda motor yang ditinggalkan. Anda tidak perlu bolak-balik untuk melakukannya, cukup dengan mengamatinya dari jarak jauh.

5. Pasang Stiker Identitas

Tempelkan stiker tepat di spakbor bagian belakang motor anda. Hal ini bertujuan agar ketika motor hilang kita dapat dengan mudah mengenalinya. Stiker yang menempel kuat pada bagian tersebut akan tetap meninggalkan bekas ketika ada seseorang berusaha melepasnya.

Itulah beberapa cara agar anda terhindar dari aksi kejahatan berupa pencurian motor. Tetaplah siaga dan mewaspadai gerak-gerik mencurigakan orang yang berada di dekat kendaraan roda dua milik anda yang sedang diparkir.

loading...